Evaluasi Kinerja Distribusi Logistik KPU Jawa Barat Sebagai Parameter Sukses Pilkada Serentak 2018

  • Iis Dewi Fitriani STIE Muhammadiyah Bandung
  • Wandy Zulkarnaen STIE Muhammadiyah Bandung https://orcid.org/0000-0002-3555-3639
  • Budi Sadarman STIE Muhammadiyah Bandung
  • Nina Yuningsih STAI Tasikmalaya

Abstract

Komisi Pemilihan Umum sebagai salah satu lembaga pemerintah yang di dalamnya terdapat aktivitas distibusi logistik keperluan Pemilu tentunya harus dikelola dengan pengelolaan logistik secara tepat dan efektif sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku. Pengadaan logistik dan distribusi ini memiliki peran sentral dan strategis sebagai salah satu aspek yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan Pemilu, dimana proses-proses yang tercakup adalah proses perencanaan, pengadaan, pengawasan dan pendistribusian yang merupakan kesatuan menajemen logistik Pemilu yang tersistematis pelaksanaannya. Saat ini, semua proses-proses tersebut sebagian besar masih dilakukan secara manual dengan jumlah sumber daya manusia yang terbatas, sehingga sangat dimungkinkan terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan terkait pengadaan dan pendistribusian logistik yang diakibatkan oleh kesalahan manusia (human error).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kinerja distribusi logistik KPU Jawa Barat dan tingkat kesuksesan pelaksanaan pilkada serentak 2018 di Jawa Barat diukur dari distribusi logistik KPU Jawa Barat Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berlandaskan jenis penelitian deskriptif analitis dengan cara mengumpulkan dan merekap data yang bukan dicatat dalam bentuk angka namun penjelasan sejelas-jelas dan sedalam-dalamnya. 

Evaluasi kinerja  logistik  sangat  dibutuhkan  dalam  sebuah organisasi  karena  dapat  membantu  dalam  proses perkembangannya.   Sistem   logistik   meliputi   stuktur   lokasi   fasilitas,   pengadaan   persediaan,   transportasi, komunikasi,  penanganan  dan  penyimpanan. Sehingga bisa dipastikan juga bahwa kualitas kinerja distribusi logistik menjadi kunci sukses Pilkada serentak 2018.

References

Dunn, William N. 2003. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ndraha, Taliziduhu,1989.Konsep Administrasi dan Administrasi, Bina Aksara,Jakarta.
Commonwealth of Australia, Department of Finance and AdministrationFinancial Management Group.Introduction to Cost-Benefit Analysis and Alternative Evaluation Methodologies.Januari 2006.
Danim,Sudarwan. 2000.Menjadi Peneliti Kualitatif.Bandung: Pustaka Setia.
A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Rosda
Simanjuntak. 2005. Manajemen Dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Wirawan, 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian.Jakarta. Penerbit: Salemba Empat.
Ivancevich. J.M. 2005.Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: PT. GloraAksara Pratama.
Dharma, Surya. 2009. Manajemen Kinerja Falsafah Teori danPenerapannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran . Jakarta: Rajawali Press.
Soekartawi, 2001.Pengantar Agroindustri. Raja Grapindo Persada.Jakarta.
Basu Swastha.2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Liberty.
Veithzal Rivai, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik, Edisi 1, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Ashar Sunyoto Munandar (2008). Psikologi Industri dan Organisasi. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Mathis Robert, Jackson John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba empat..
Zulkarnaen, W., & Herlina, R.2018. Pengaruh Kompensasi Langsung dan Kompensasi Tidak Langsung terhadap Kinerja Karyawan Bagian Staff Operasional PT Pranata Jaya Abadi Banjaran. Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, 2(2), 90-114. DOI: https://doi.org/10.31955/jimea.vol2.iss2.pp90-114
Published
2020-06-05
How to Cite
Fitriani, I., Zulkarnaen, W., Sadarman, B., & Yuningsih, N. (2020). Evaluasi Kinerja Distribusi Logistik KPU Jawa Barat Sebagai Parameter Sukses Pilkada Serentak 2018. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 244-264. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp244-264

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>