PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN ADVERTISING DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PT. UNILEVER INDONESIA,TBK

  • Afifah Dwi Septia Rahmawati Universitas Stikubank, Semarang
  • Euis Soliha Universitas Stikubank, Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh green product, green advertising, dan corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian produk PT. Unilever Indonesia,Tbk di Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling karena menentukan kriteria tertentu dalam menarik sampel. Terdapat 100 responden yang berpartisipasi pada penelitian ini yaitu konsumen produk PT. Unilever Indonesia,Tbk di Semarang serta memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang disebar secara online menggunakan sosial media. Dalam pengukuran variabel penelitian menggunakan Skala Likert lima poin dan akan diisi responden sesuai dengan indikator variabel. Untuk mengolah data sebagai upaya mendapat jawaban dari permasalahan menggunakan teknik analisa data regresi linier berganda menggunakan alat IBM SPSS Statistik 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green product, green advertising, dan corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian serta berdasarkan uji koefisien determinasi ( Adjusted R Square) keputusan pembelian adalah 0,614, yang berarti green product, green advertising, dan corporate social responsibility secara simultan mampu mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 61,4% dan sisanya sebesar 38,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

References

Abdillah, M. F., & Utama, A. (2018). “Pengaruh Green Product dan Corporate Social Responsibility terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli (Studi pada Konsumen Lampu Philips LED di Yogyakarta).” Jurnal Ilmu Manajemen, 15(2), 81–90.
Adhimusandi, D. Sudirman, H. A., & Militina, T. (2020). The Impact of Green Marketing and Corporate Social Responsibility on Brand Image, Purchase Intention, and Purchase Decision (Study on The Body Shop In samarinda. IJEBAR. Vol. 4, Issue 4
Agus Suryono, I., Alfan, A., & Sudaryatie, S. (2023). The Influence of Green Product, Green Marketing, and Brand Image on Consumer Purchasing Decisions of Bottled Water. Journal of Economics and Business UBS, 12(3), 1405–1415. https://doi.org/10.52644/joeb.v12i3.223
Ahmad, F., Lapian, J., & Soegoto, A. S. (2016). Analisis Green Prod & Green Market Strategy thd Keputusan Pembelian Body Shop. Jurnal EMBA, 4(1), 33–44.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Azmi, M. S. (2016). Pengaruh Green Product, Green Advertising, Dan Green Brand Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Led Philips. Eprints.Uny.Ac.Id, 1–119.
Chaniago, C. C., & Nupus, H. N. (2021). Effect of Green Advertising, Green Product on Purchase Decisions with Brand Image as Intervening Variable Variabel. Indonesian Journal Of Business And Economics, 4(1). https://doi.org/10.25134/ijbe.v4i1.4258
Hasanah, A., Hindrayani, A., & Noviani, L. (2023). Pengaruh Kesadaran Lingkungan Dan Iklan Hijau Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau. Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.59827/jie.v2i1.40
Havidz, H. B. H., & Mahaputra, M. R. (2020). The Impact of Green Marketing and Corporate Social Responsibility on Brand Image, Purchase Intention, and Purchase Decision (Study on the Body Shop in Samarinda). International Journal of Economics, Business and Accounting Research, 4(4), 987–999. http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Ibrohim, M. R. (2019). Green Marketing dan Corporate Social Responsibility terhadap Customer Value Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen KFC di Surakarta. Skripsi
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran(13th ed.). Erlangga
Masturoh, L. M. (2017). Pengaruh Green Product, Green Advertising, dan Green Brand terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Green Bag di Carrefour Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, Vol 5(1), 1–14.
Mauliza, P., Fauzi, P. D. A., & Rini, D. E. S. (2019). The Influence of Green Product, Green Advertising and Green Brand on Decision to Buy Through Consumers’ Trust in Tupperware Products at SMPN Beureunerun. International Journal of Research & Review, 6(5), 149–166. www.ijrrjournal.com
Pembelian, K., & Ibrohim, M. R. (2019). Muhammadroisibrohim - 16.52.11.037 - Skripsi.
Widelia, K., Yusiana, R., & Widodo, A. (2016). Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian Produk Unilever (Studi Kasus Masyarakat Kota Bandung). Ecodemica, 3(2), 539–550. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/52
Published
2024-01-20
How to Cite
Septia Rahmawati, A., & Soliha, E. (2024). PENGARUH GREEN PRODUCT, GREEN ADVERTISING DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PT. UNILEVER INDONESIA,TBK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 493-505. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3702
Section
Articles