PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN PRICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WIKSTEA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

  • Haryaji Catur Putera Hasman Universitas Medan Area, Medan
  • Sri Megawati Lubis Universitas Medan Area, Medan
  • Siti Alhamra Salqaura Universitas Medan Area, Medan
  • Alfifto Alfifto Universitas Medan Area, Medan
  • Wan Rizca Amelia Universitas Medan Area, Medan

Abstract

Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mengetahui pengaruh green product terhadap keputusan pembelian produk Wikstea pada mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara.; (2) Untuk mengetahui pengaruh green price terhadap keputusan pembelian produk Wikstea pada mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara. Metode penelitian ini Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan bersifat asosiatif. Hasil penelitian ini; (1) Green product berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk minuman Wikstea pada mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara,(2) Green price berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk minuman Wikstea pada mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara.

 

References

Andita, A. R., & Dewi, C.K. (2016) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran Green Marketing Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk The Body Shop’, Proceedings of Management, 3(1), pp. 45–50.
Bethani, A., Z. (2015) ‘Synthesis Of A Conductive Copolymer And Phase Diagram Of Its Suspension With Single-Walled Carbon Nanotubes By Microfluidic Technology.’, Macromolecules, 448 (20), pp. 7473-7480.
Byrne, M. (2001) Understanding Consumer Preferences Across Environmental Marketing Mix Variations. New York: Ottman.
Delafrooz, N. (2014) Effect of Green Marketing on Consumer Purchase Behavior. New York: Q Science Connect.
Fatimah, S., & Chrismardani, Y. (2022) ‘Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sephora’, ). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2 (1), pp. 12–17.
Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D.L. (2010) Building Marketing Strategy Consumer Behavior. New York: McGraw Hill.
Johannes (2017) ‘Pengaruh Green Produk Terhadap Brand Image Produk air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua’, Digest Marketing, 1 (1), pp. 41–48.
Kirgiz, A.C. (2016) Green Marketing: A Case Study of The Sub-Industry in Turkey. London: Palgrave Pivot.
Kotler, K. (2012) Marketing Management, 15e Global Edition. New Jersey: New Jersey:Pearson Education.
Kumar, P., & Ghodeswar, B.M. (2015) ‘Factors Affecting Consumers’ Green Product Purchase Decisions’, Marketing Intelligence & Planning, 33 (3), pp. 330–347.
Kurniawan, F. (2015) ‘Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei kepada para siswa SMAN 15 Surabaya kelas XII yang menggunakan Laptop ber Merek ASUS)’, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 56 (1), pp. 75–81.
Kusuma, E. I., Surya, J. (2017) ‘Pengaruh Strategi Green Marketing Dan Pengetahuan Lingkungan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1 (1), pp. 33–49.
Maichum, K., Parichatnon, S., & Peng, K.C. (2016) ‘Application of the Extended Theory of Planned Behavior Model to Investigate Purchase Intention of Green Products Among Thai Consumers’, Sustainability, 8 (10).
Makatumpias, D. (2018) ‘Pengaruh Green Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Dimanado’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6 (4), pp. 23–45.
Mawardi, A. (2020) ‘Pengaruh Green Marketing dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Purwakarta’, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7 (1), pp. 63–67.
Miftah Nur Fitrah (2023) ‘Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Efektivitas Kinerja Umkm Di Kota Malang’, JIMEA, 7 No 2, pp. 91–101.
Muliza, M. (2020) ‘Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk Dan Produk Domestik Regional Bruto (GRDP) Terhadap Kemiskinan Di Kabupaten Nagan Raya. At-Tasyri’’, Jurnal Ilmiah Prodi Muamalah, 12(1), p. 63.
Priansa (2017) Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.
Purnama, H. (2019) ‘The Effect of Green Packaging and Green Advertising On Brand Image and Purchase Decision of Teh Kotak Product’, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 308, pp. 132–135.
Rahayu, L.M.P. (2017) Pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop di Indonesia dan di Malaysia). Brawijaya University: Doctoral dissertation.
Rahman, F., Siburian, P.S. (2017) ‘Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware di Samarinda’, Forum Ekonomi, 19 (1), pp. 119–130.
Risyamuka, I.K. (2015) ‘Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijau Di Restoran Sari Organik Ubud’, Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4 (2), pp. 524-543.
Sharma, P. (2011) ‘Eco Friendly Pharmaceutical Packaging Material’, World Applied Sciences Journa, 11, pp. 1703–1716.
Sugiyono (2015) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarwan, U. (2012) Riset Pemasaran dan Konsumen. Bogor: IPB Press.
Syafrina, I. (2016) ‘Pengaruh Green Product ( Tissue Tessa ) Terhadap Keputusan Pembelian’, Jurusan D3 Manajemen Pemasaran, Universitas Telkom, 2 (2), p. 430.
Syahbandi. (2012) ‘Implementasi Green Marketing Melalui Pendekatan Marketing Mix , Demografi dan Pengetahuan Terhadap Pilihan Konsumen’, Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3 (1), pp. 23–30.
Tiwari, S., Tripathi, D. M., Srivastava, U. (2021) ‘Green Marketing - Emerging Dimensions’, Journal of Business Excellence, 2 (1), pp. 20–28.
Waskito, J. (2015) ‘Upaya Meningkatkan Niat Pembelian Produk Ramah Lingkungan Melalui Nilai, Risiko, Dan Kepercayaan Terhadap Produk Hijau’, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 14 (1), pp. 1–16.
Published
2024-01-16
How to Cite
Hasman, H., Lubis, S., Salqaura, S., Alfifto, A., & Amelia, W. (2024). PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN PRICE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WIKSTEA PADA MAHASISWA FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 439-455. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3698