PENGARUH CUSTOMER VALUE DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP PURCHASE INTENTION DAN TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION
Abstract
Seiring dengan perkembangan dunia yang semakin pesat memiliki banyak pengaruh dari berbagai aspek bagi penggunanya. Perkembangan dirasakan salah satuya dalam bidang bisnis dimana para pelaku bisnis memanfaatkan digitalisasi dengan penjualan secara online untuk sarana dan prasarana berbisnis. Penggunaan digitalisasi saat ini salah satunya dengan menggunakan teknologi yaitu e-commerce. Banyak e-commerce yang bisa ditemui di Indonesia salah satunya adalah shopee. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer value dan customer experience terhadap purchase intention dan terhadap customer satisfaction pada pelanggan produk fashion di shopee. Dengan harapnnya dari penelitian yang dilakukan ini dapat memberikan masukan untuk e- commerce shopee penelitian yang dilakukan menggunakan populasi pelanggan yang membeli produk fashion di e-commerce shopee. Dengan metodologi analisis yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan 100 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner yang disebar secara offline maupun dengan google form. Data yang dianalisis menggunakan program SPSS versi 25. Dengan hasil analisis mendapatkan bahwa customer value dan customer experience berpengaruh terhadap purchase intention dan purchase intention berpengaruh terhadap customer satisfaction.
References
Amalia, Bella. 2017. “NILAI PELANGGAN SEBAGAI HASIL DARI KUALITAS PELAYANAN Survey Terhadap Pelanggan Restoran Nobu Sushi Dan Ramen.” : 992–1003.
Aminuddin Hamdat, Arfah, Aryanti Muhtar Kusuma et al. 2021. Buku Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen.
Andriasan.S. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. deepublish.
ARIF, MUHAMMAD. 2018. “PENGARUH NILAI DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS (PELANGGAN PADA PT.SINAR GALESONG MANDIRI MAKASSAR).” : 176. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=sph&AN=119374333&site=ehost-live&scope=site%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.07.032%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.tics.2017.03.010%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.neuron.2018.08.006.
Bellezza, Melisa. 2020. “Tesis Pengaruh Nilai Pelanggan, E-Service Quality Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Shopee the Effect of Customer Value and E-Service Quality on Repurchase Intention and Customer Satisfaction A.”
Desmi, Ristia Nevita, and R.A Marlien. 2022. “Pengaruh Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Albania Coffee Boja).” Volume 5 Issue 1 (2022) Pages 1 - 16 5(1): 16 pages. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/1751/1160.
Dhanti, Ingrid Rahma. 2022. “Pengaruh Customer Value,Customer Experience Dan Utilitarian Value Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Mahasiswa FEB Pengguna Produk Scarlet Whitening).”
Durianto, D., Sugiarto, Anton dan S, Hendrawan. 2003. Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta : Gramedia Pustaka Indonesia.
Esti, Win, Nawazirul Lubis, and Andi Wijayanto. 2013. “MELALUI KEPUASAN ( Studi Pada Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro Angkatan 2009 – 2012 Pengguna Layanan Data Smartfren ) Serba Moderen , Ditandai Dengan Terus Berkembangnya Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi , Tak Membuat Indonesia Sa.” : 1–10.
Evalina, and Yoeliastuti dan Eko Sugianto. 2022. “Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Merk Terhadap Minat Beli Pada Layanan Pesan Antar Online Go Food.” Jurnal Ilmiah Publika 10(1): 73.
Fakhrudin, Arif, Maria Valeria, and Awan. 2022. “Bauran Pemasaran.” Bauran Pemasaran 3: 2013–15.
HAMIDUN, MOHAMAD ALVIN. 2022. “Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-Wom) Dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Sebagai ….” Volatilitas. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/view/8258/6449%0Ahttp://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/volatilitas/article/download/8258/6449.
Handayani, Naniek Utami, and Zelika Aprilia. 2015. “PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA KFC SEMARANG.” (1999): 557–63.
Indra Budaya, Fitri Ayu Lestari. 2016. “Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli Di Toko Cermin Simpang Tiga Pasar Bedeng Viii Kayu Aro Kecamatan Kayu Aro Barat.” Jurnal Benefita 1(1): 1–6.
Juliana, Juliana, Themmy Noval, Ira Brunchilda Hubner, and Innocentius Bernarto. 2020. “Ease Of Use Dan Trust Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Situs Web Tokopedia.” Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis 4(2): 217–29.
Juliarto, Aryo. 2020. “Analisis Kepuasan Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Pt. Samudera Raya Jaya.” Skripsi STIA DAN MANAJEMEN KEPELABUHAN (STIAMAK) BARUNAWATI SURABAYA.
Koesoma, Zonna Yanuar. 2011. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli.” Repository UNDIP: 1–30.
Kurniawan, Hendy, Harry Soesanto, and Ahyar Yuniawan. 2016. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP NILAI PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI (Studi Pada Konsumen Produk Batu Potong Besi 4 Inch Merek Wd Di Jawa Tengah).” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia XV(1): 46–61.
Livia. 2014. “ANALISA PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI SUSHI TEI RESTAURANT SURABAYA.” (1999): 58–75.
Mayasari, Hesti. 2021. “Pengaruh Perceived Risk Dan Customer Experience Terhadap Purchase Intention.” 3(September): 1–13.
Nurdin, Sahidillah and Astri Sulastri. 2018. “LIFESTYLE, PERCEIVED VALUE DAN CUSTOMER VALUE TERHADAP MINAT BELI.” 10(2): 16.
Oktaviansyah, Roy Andhika, and Mulyo Budi Setiawan. 2022. “The Effect Of Celebrity Endorssement, Online Customer Review And Customer Experience On Purchase Intention Marketplace Shopee (Study on Students at Stikubank University (Unisbank) Semarang).” Jurnal Ekonomi 11(03): 1222–27.
Permana, Panji. 2015. “Analisis Pengaruh Efektivitas Iklan Dan Word of Mouthterhadap Brand Awareness, Dan Nilai Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Hand and Body Lotionmarina (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang).” Diponegoro Journal of Management 4(3): 1–7.
Prastyaningsih, Ayu Sari, Imam Suyadi, and Edy Yulianto. 2014. “Pengaruh Customer Experience Terhadap Repurchase Intention (Niat Membeli Ulang) (Survei Pada Konsumen Kfc Di Lingkungan Warga Rw 3 Desa Kandangrejo, Kedungpring, Lamongan).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol 16(1): 1–8.
PURNAMASARI, Anisa and SUGIARTO, Yohanes (2012). 2012. “‘ Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Customer Value ’ ( Studi Kasus Pada Pasar Semawis Semarang ).” ". http://eprints.undip.ac.id/36931/.
Rafiedhia, Reyhan Muhammad, and Krishna Kusumahadi. 2021. “PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN PURCHASE INTENTION (STUDI KASUS: WEBSITE SHOPEE.CO.ID TAHUN 2021).” Pendidikan Kimia PPs UNM 1(1): 91–99.
Rindy, Praditha. 2022. “Pengaruh Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Butik Plus Gallery Medan Skripsi Oleh : Rindy Pradhita Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan Sat.”
Sabar, Napitupulu, Tapiomas Nirwana, and Tobink Riduan. 2021. 2 Pendekatan Praktis dengan Teori-Teori Para Ahli Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis Dengan Teori-Teori Para Ahli.
Saidani, Basrah, and Samsul Arifin. 2012. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Pada Ranch Market.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia 3(1): 1–22.
Schmitt, Brend H. 1999. “Experiental Marketing:How to Get Customer to Sense,Feel,Think,Act, Adn Relate to Your Company and Brands.” New York: The Free Press.
Sellvi Alvionita, Bambang Sutedjo. 2021. “Pengaruh Celebrity Endoraement,Brand Image Dan Customer Review Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Produk Kecantikan Scarlett Whitening Kabupaten Brebes).” 4(1): 374–85.
Steven. 2023. “Pengaruh Daya Tarik Produk, Word of Mouth, Nilai Pelanggan Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era Pandemi Covid-19 Pada Supermarket Citra Niaga (Survey Pada Konsumen Supermarket Citra Niaga Di Kota Pontianak).” Jurnal Ekonomi Integra 13: 182–93. htt://journal.stieip.ac.id/index.php/iga.
Sunarko, Muh Fadel Akbar. 2022. “PENGARUH INFLUENCER, CONTENT MARKETING DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA BRAND ROUGHNECK 1991 (Studi Pada Mahasiswa FEB UNISMA Angkatan 18).” 1991(8.5.2017): 18.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta.
Tunggal, Amin Widjaja. 2013. “Pokok-Pokok Auditing Dan Jasa Asurans.” Jakarta Harvindo.
Yulia, farida, Lamsah, and Periyadi. 2019. “BUKU MANAJEMEN PEMASARAN_compressed.Pdf.” (April): 79.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.