PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP MINAT BELI ULANG MIXUE KOTA SEMARANG

  • Yogi Sofiyan Chaesa Aditama Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Amron Amron Universitas Dian Nuswantoro, Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh produk, harga, promosi dan tempat terhadap minat beli ulang di Mixue Kota Semarang. Mempergunakan medote kuantitatif dengan tujuan guna melihat pengaruh produk, harga, promosi serta tempat terhadap minat beli ulang. Data primer penelitian ini berasal dari penyebaran survei Google Form. Konsumen yang pernah membeli Mixue di Kota Semarang dijadikan sebagai populasi. Purposive sampling yang digunakan untuk pengambilan sampel non-probably sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 200 orang, merupakan konsumen Mixue di Kota Semarang, berusia sedikitnya 17 tahun dan telah melakukan sekitar tiga kali pembelian Mixue. Data yang di olah mempergunakan aplikasi SPSS 25 dengan metode analisis berganda. Temuan penelitian menjelaskan bahwasanya minat beli ulang Mixue dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh  produk, harga, promosi serta tempat.

References

Adinda, et al. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Pisang Sunpride (Studi Kasus:Supermarket Superindo Tropodo). 23(21), 1–9. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.3439
Adiyanto, Y. (2021). The Effect of Store Atmosphere ( Store Mobile ) and Location on Consumer Buying Interest In Building Store Sumber Intan In – Pulo Ampel District. International Journal of Economics, Management, Bussiness and Social Science (IJEMBIS), 1(2), 233–245. https://cvodis.com/ijembis/index.php/ijembis
Ahdiat, A. (2023). Penjualan Es Krim Naik selama Pandemi. DataBoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/30/penjualan-es-krim-naik-selama-pandemi-tembus-rp6-triliun-pada-2021
Akbar Maulana Raja Sanjani, A., Riyanto, K., Ekonomi dan Bisnis, F., Pelita Bangsa, U., & Barat, J. (2023). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Mixue Ice Cream pada Gerai Mixue Pasar Bersih Jababeka. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1).
Alfian, A., Yentisna, & Ezizwita. (2023). The Effect of Trust Quality of Service And Promotion on Interest to Repurchase on Shopee E-commerce Sites (Case Study of Dharma Andalas University FEB Students). MENARA Ilmu, XVII(02), 145–162.
Alfian, L. V., & Kurniawan Adhie, M. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Yakult di Bandar Lampung. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Yakult Di Bandar Lampung, 1, 20–28.
Amron, S. (2023). Jurnal Mirai Management Pengaruh Social Media Marketing, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Simcard Tri. Jurnal Mirai Management, 8(1), 224–233.
Ananda. (2023). Pengaruh Harga, Brand Image Dan Product Quality Terhadap Pembelian Ulang Ice Cream Mixue (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(1), 2301–7061.
Dimas Kurniawan Putra, & Atik Lusia. (2023). Pengaruh Promosi, Lokasi, Ulasan Produk, Dan Kemudahan Penggunan Aplikasi Terhadap Minat Beli Ulang Di Shopeefood. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 375–385. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.143
Fikri, M., & Lisdayanti, A. (2020). Influence of Promotion Mix and Perceived Usefulness in Improving the Repurchase Intention of Linkaja Applications. International Journal of Finance & Banking Studies (2147-4486), 9(1), 76–84. https://doi.org/10.20525/ijfbs.v9i1.665
Gasperz, F., & Lalopua, V. (2023). Edukasi Pembuatan es Krim rumput laut Eucheuma Cottonii Di Jemaat GKMI Ambon. 2(November), 67–73. https://doi.org/10.30598/balobe.2.2.2023
Guan, et al. (2020). Factors Influencing Customer Purchase Intention Towards Insurance Products. International Journal of Business and Management, 4(5), 70–79. https://doi.org/10.26666/rmp.ijbm.2020.5.9
Hilmi, R. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada 212 Mart Banjarmasin. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 550–565. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i4.363
Humairoh et al., 2023. (2023). Determinasi Minat Beli Ulang Konsumen Pada Aplikasi TikTok. Dynamic Management Journal, 7(1), 71–88.
Ilham, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Dan Promosi Penjualan Terhadap Minat Beli Ulang Ulang Mazaya Dekoratif Dan Skincare Pada Toko Tangga Mas Tambun. IKRAITH-EKONOMIKA, 6(2), 284–291.
Ivana. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Rocket Chicken Cabang Kabupaten Kendal). Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.66
Kanter, G. E., Lapian, J. S. L. H., Soepeno, S., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Ratulangi, U. S. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Coffee Latte Era Pandemi Covid-19 Di Rangow Coffee Kecamatan Langowan Barat the Effect of Marketing Mix on Consumer Buying Decision Coffee Latte in the Era Covid-19 Pandemic At Rangow Coffee L. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 1555–1565.
Kesumahati, E., & Jecki. (2022). Purchase Intention of Batam People Against Foreign Sellers in the Marketplace. Business and Entrepreneurial Review, 22(2), 251–272. https://doi.org/10.25105/ber.v22i2.14544
Manajemen Bisnis, J., Riana Dewi, I., Laily Purnamasari, D., Viora, S., & Julianti, F. (2023). Customer Relationship Marketing sebagai Mediasi Penetapan Harga, Kemasan Unik, dan Desain Tata Letak Terhadap Minat Berkunjung Ulang Konsumen Mixue Indonesia.
Milansari, H., Silmi, M. A., Vhegi, S., & Supriadi, I. (2021). a. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Sweetin. Inovasi Manajemen Dan Kebijakan Publik, 4(1), 1. https://doi.org/10.54980/imkp.v4i1.114
Muthmainnah, M., & Madiawati, N. (2019). Pengaruh Bauran pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Pada Transmart Carrefour Buah Batu Bandung. http://groeduacademy.com
Novitasari, E. C., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). Pengaruh Bauran Pemasran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Pembelian di Koperasi Mahasiswa Universitas Bhineka PGRI Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Akademik 2022/2023. JURNAL ECONOMINA, 2(8), 2076–2090. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.719
Nurfadilah, H., Rudiman, S., & Yusuf, R. (2022). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli kembali pada Sorai Steamboat and Grill Bandung. MBR (Management and Business Review), 6(1), 11–21. https://doi.org/10.21067/mbr.v6i1.6651
Pratama, ferina nadya. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Keberagaman Produk, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Ulang Es Krim Aice (Studi Pada Konsumen Kalangan Mahasiswa di Kabupaten Jember). Journal of Business Research.
Pratama, R., Sofiati (Efi), N. A., & Sudaryo, Y. (2021). Analisis Produk, Harga, Promosi, Dan Tempat Terhadap Minat Beli Pada Factory Outlet Pt Blossom Mandiri Sejati Cabang Dago. Jurnal Indonesia Membangun, 20(03), 208–228. https://doi.org/10.56956/jim.v20i03.64
Rakib, M. R. H. K., Pramanik, S. A. K., Amran, M. Al, Islam, M. N., & Sarker, M. O. F. (2022). Factors affecting young customers’ smartphone purchase intention during Covid-19 pandemic. Heliyon, 8(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10599
Restiani Widjaja, Y. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor. In Jurnal Sains Manajemen (Vol. 5, Issue 1). https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index
Rizqiawan, H., & Novianto, I. (2023). Persepsi Pelanggan Pada Aspek Atmosfer Bisnis Kafe Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 628–652. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2613
Samuel, S., & Anita, T. L. (2023). The relationship between trends in technology use and repurchase intention. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 449–456. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.9.001
Saputra, A. B., Ningrum, N. R., & Basri, A. I. (2021). Equilibrium: Jurnal Ilmu Manajemen Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Desain dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Produk Sepatu. https://journal.actual-insight.com/index.php/equilibrium/article/view/55
Suicy, harjanti 2021. (2021). Pengaruh Marketing Mix Dan Store Atmosphere Terhadap Repurchase Intention Pada Ritel Pakaian Toko Tristar Di Kabupaten Talaud. Agora, 9, 1.
Syafi’i, A., Shobichah, S., & Mulyani, M. (2023). Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Pertumbuhan Dan Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Pada Industri Makanan Dan Minuman. Jurnal Impresi Indonesia, 2(6), 592–599. https://doi.org/10.58344/jii.v2i6.3140
Tampi, B. C., Murni, S., & Saerang, I. S. (2021). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Ulang Produk Geprek Bensu Manado the Influrnce of Marketing Mix Strategy on Buyback Intention of Geprek Bensu Manado Products. Jurnal EMBA, 9(3), 1808–1818.
Tiurma, D. R., & Rubiyanti, R. N. (2021). pengaruh Produk, harga, promosi ,dan tempat Terhadap Proses Keputusan Pembelian Aice Es the Effect of Products , Prices , Promotions , and Place To. 8(1), 420–430.
Unisma, F. E., Jiwandono, A., Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Warung Bakso Tiara Kediri (Studi Kasus Pada Konsumen Bakso Tiara Kediri di Tulunagung). www.fe.unisma.ac.id
Yanti, K., & Ferayani, M. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan LokasiTerhadap Minat Beli Ulang Pada UD Santia II. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma Singaraja, 11.
Yanti, S. D., Astuti, S., & Safitri, C. (2023). Pengaruh Pengalaman Belanja Online Dan Kepercyaan Terhadap Minat Beli Ulang Di Tiktok Shop (Studi Kasus Mahasiswa Fkip Uhamka 2018). Jurnal EMT KITA, 7(1), 47–61. https://doi.org/10.35870/emt.v7i1.728
Published
2024-01-21
How to Cite
Aditama, Y. S., & Amron, A. (2024). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP MINAT BELI ULANG MIXUE KOTA SEMARANG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 571-584. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3676
Section
Articles