THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY AND PRICES ON CONSUMER LOYALTY MEDIATED BY CONSUMER SATISFACTION

  • M Haidar Ali Alamsyah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nur Asnawi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Studi ini dilatarbelakngi oleh ketertarikan peneliti dalam melihat bisnis kuliner Warung Bang Gentong Kota Malang yang terus  memiliki dinamika  cukup menggembirakan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan konsumen secara terus menerus sehingga tetap bisa bersaing dengan kuliner lain bahkan yang lebih besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi Consumer Loyality dan Consumer Satifaction untuk produk warung bang gentong. penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan warung bang gentong. Metode non probability sampling yang dikombinasikan dengan teknik sampling purposive akan digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan 140 responden. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk quality tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer loyality. Prices dan consumer satisfaction memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap consumer loyality. Produk quality dan prices memiliki pengaruh signifikan terhadap consumer satisfaction. dalam penelitian ini consumer satisfaction sebagai variabel mediasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap consumer loyality.

References

Abdulllah, Rul’fah., Sohari, Sahrani. 2011. Fikih Mulamalah. Celtakan Pelrtama (Ghalia Indonelsia: Bogor)
Airlangga, Faradhin Warid. 2018. Pelngarulh Harga Dan Kulalitas Layanan Telrhadap Loyalitas Pellanggan Go-jelk Di Jelmbelr Delngan Kelpulasan Konsulmeln Selbagai Variabell Intelrvelning. Skripsi. Ulnivelrsitas Jelmbelr.
Avita, Relsty Haryanto. 2013. Stratelgi Promosi, Kulalitas Produlk, Kulalitas Layanan Telrhadap Kelpulasan Pellanggan Pada Relstoran Mcdonald’s Manado. Julrnal ElMBA. 1(4) 1465-1473.
Badan Pulsat Statistik Jawa Timulr, 2022. Statisik Pelndataan Elkonomi 2021. Jawa Timulr: Badan Pulsat Statistik
Badan Pulsat Statistik Kota Malang, 2022. Statisik Pelndataan Rulmah Makan 2018 – 2020. Malang: Badan Pulsat Statistik
Choiriah, Elka Ni'matull., Liel Liana. 2019. Pelngarulh Kulalitas Produlk, Citra Melrelk, Dan Kulalitas Layanan Telrhadap Loyalitas Pellanggan Dimeldiasi Kelpulasan Pellanggan (Stuldi Pada Pellanggan Selpelda Motor Honda di Kota Selmarang). Julrnal Madic. 2443-2601.
Hartanto, Anthony., Fransisca Andrelani. 2019. Pelngarulh Kulalitas Produlk, Kulalitas Layanan, Dan Lingkulngan Fisik Telrhadap Loyalitas Pellanggan Mellaluli Kelpulasan Pellanggan Selbagai Variabell Meldiasi Di Del Mandailing Café Sulrabaya. Agora. 7(1).
Hidayastri, Multia. 2022. Pelngarulh Kulalitas Pellayanan, Kulalitas Produlk, Dan Harga Telrhadap Kelpulasan Dan Loyalitas Konsulmeln Relstoran Wullan Sari Belkasi. Skripsi. Ulnivelrsitas Islam Nelgelri Syarif Hidayatulllah Jakarta.
Kotlelr, Philip., Armstrong, Garry. 1999. Markelting. Jakarta: Elrlangga
Rosyihulddin, Mulhammad. 2020. Kulalitas Produlk, Harga Telrhadap Loyalitas Kelpulasan Konsulmeln Selbagai Variabell Intelrvelning Pelnggulna Tokopeldia Di Kabulpateln Grelsik. Julrnal Manajelrial. 7(1) 2354 – 8592.
Sulgiyono. (2008). Meltodel Pelnellitian Kulnatitatif Kulalitatif dan R&D. Bandulng: Alfabelta.
Sulgiyono. 2014. Meltodel Pelnellitian Pelndidikan Pelndelkatan Kulantitatif,. Kulalitatif, Dan R&D. Bandulng: Alfabelta
Rangkulti, Frelddy. 2013. Stratelgi Promosi Yang Krelatif Dan Analisis Kasuls. Celtakan Pelrtama (Jakarta:Grameldia Pulstaka Ultama)
Stanton, William J. 1994. Prinsip Pelmasaran Jilid 1. Eldisi Keltuljulh, telrjelmahan Yohanels Lamarto. (Elrlangga: Jakarta)
Suldjana. (2005). Meltodel Statistika. Bandulng: Tarsito
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128
Published
2024-01-13
How to Cite
Alamsyah, M., & Asnawi, N. (2024). THE INFLUENCE OF PRODUCT QUALITY AND PRICES ON CONSUMER LOYALTY MEDIATED BY CONSUMER SATISFACTION. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 305-319. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3669
Section
Articles