PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM ISI ULANG DEPOT MALAKA JAYA PLAST, KEC. CABANGBUNGIN, KAB. BEKASI

  • Diyah Ayu Pitaloka Universitas Islam 45 Bekasi
  • Luthpiyah Juliandara Universitas Islam 45 Bekasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh lokasi, kualitas
pelayanan terhadap keputusan pembelian air minum isi ulang Depot Malaka Jaya Plast, Kec.
Cabangbungin, Kab. Bekasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Depot Malaka Jaya Plast.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Datayang digunakan
adalah data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pelanggan Malaka Jaya Plast. Adapun
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan Teknik
purposive sampling dan dilakukan sebanyak satu kali sampling, yaitu diambil dari berapa kali
konsumen membeli air minum isi ulang di Depot Malaka Jaya Plast. Pengolahan data menggunakan
program Statistic Product and Service Solution (SPSS) 24. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa
Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Hal ini dibuktikan dengan
nilai β1 = 0,432 yang signifikan padat-hitung 5,883 dan sig 0,000. Begitu juga dengan variabel kualitas
pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan
dengan nilaiβ1 = 0,502 yang signifikan pada t-hitung 5,671 dan sig 0,000, dan dengan hasil uji hipotesis
melalui analisis regresi berganda diperoleh hasil lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan melalui nilai uji F = 168,606 dengan nilai
signifikan 0,000 dan dari nilai koefisien determinasi Adjusted R square = 0,772. Maka dapat diketahui
bahwa lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikanterhadap keputusan pembelian
Depot Air Minum Isi Ulang Malaka Jaya Plast, Kec. Cabangbungin, Kab. Bekasi sebesar 0,772 atau
77%, sisanya 23% dipengaruhi faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Admarita, P. (2020). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Tempat terhadap Penjualan Air Minum Isi Ulang (Studi di Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu)”. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 2(3), 48-53.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Arianto, D. P. H., & Satrio, B. (2020). “Pengaruh Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Kopisae”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(6). 2-3
Azhari, M. T., Al Fajri Bahri, M. P., Asrul, M. S., & Rafida, T. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Tanpa Kota. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Budiono, A. (2021). “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Lokasi, Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen di Rumah Makan Bebek Kaleo Tebet Jakarta Selatan di Masa Pandemi Covid-19”. Segmen Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2).
Nofrivul, N., Melini, F., & Sari, C. I. (2022). “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Depot Air Minum Isi Ulang di Desa Mandiangin Kabupaten Pasaman Barat”. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4).
Kelvinia, K., Putra, M. U. M., & Efendi, N. (2021). “Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian”. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 11(2)
Khafidin, K. (2020). “Konsep Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya terhadap Keputusan Pembelian. Konsep Perilaku Konsumen serta Implikasinya terhadap Keputusan Pembelian”.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 13. Jilid1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Indeks,2005), 183
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran)”. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2).
Ningtiyas, T. S. (2020). “Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Jasa Pengiriman Barang”.Iqtishad equity jurnal Manajemen, 2(1).
Rumondor, P. P., Porotu’o, J., & Waworuntu, O. (2014). “Identifikasi Bakteri pada Depot Air Minum Isi Ulang di Kota Manado”. eBiomedik, 2(2).
Saragi, N. R., & Sembiring, A. (2022). “Sistem Pakar Mendiagnosa Kelayakan Air Minum untuk Dikonsumsi Menggunakan Metode Certainty Factor pada PDAM Tirta Sari Kota Binjai”. Citra Sains Teknologi, 2(1).
Suharto, (2016). “Pengaruh Budaya terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Variabel Sosial dan Pribadi Sebagai Mediasi Produk Air Minum Kemasan”. Jurnal Derivatif . Vol.10 No.1.
Sibarani, C. G. G. T., Armayanti, N., Irwansyah, & Suharianto, J. (2019). Dasar-Dasar Kewirausahaan (J. Simarmata (ed.); 1st ed.). Tanpa Kota: Yayasan kita menulis.
Published
2024-02-06
How to Cite
Pitaloka, D., & Juliandara, L. (2024). PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM ISI ULANG DEPOT MALAKA JAYA PLAST, KEC. CABANGBUNGIN, KAB. BEKASI. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 8(1), 873-891. https://doi.org/10.31955/mea.v8i1.3659
Section
Articles