PENGARUH SOCIAL EXPERIENCE DAN CUSTOMER CO-CREATION VALUE TERHADAP REVISIT INTENTION PADA DESA WISATA SEDARI KECAMATAN CIBUAYA KABUPATEN KARAWANG
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis mengenai pengaruh social experience dan customer co-creation value terhadap revisit intention pada Desa Wisata Sedari Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian in adalah para pengunjung Desa Wisata Sedari dengan menggunakan rumus isaac dan michael untuk menentukan jumlah sampelnya dan didapati hasil sebanyak 151 responden. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis rentang skala dan analisis jalur dengan alat bantu oleh data sofware SPSS 21 dan Microsoft Excel 2016. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh parsial social experience terhadap revisit intention memiliki nilai 57,1% sedangkan pengaruh parsial customer co-creation value terhadap revisit intention 28,6%. Pengaruh simultan social experience dan customer co-creation value terhadap revisit intention memperoleh nilai sebesar 63% dan sisanya sebesar 37% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
References
Assiouras, I., Skourtis, G., Giannopoulos, A., Buhalis, D., & Koniordos, M. (2019). Value Co-Creation And Customer Citizenship Behavior. Annals Of Tourism Research, 78(May), 102742.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (Edition, F). SAGE Publications, Inc.
Hidayanti, I., Herman, L. E., & Farida, N. (2018). Engaging Customers Through Social Media To Improve Industrial Product Development: The Role Of Customer Co-Creation Value. Journal Of Relationship Marketing, 17(1), 17–28.
Hidayati, V. A., Handayani, B., & Saufi, A. (2022). Pengaruh Value Co Creation Dan Destination Image Terhadap Kepuasan Wisatawan Muda Dengan Memorable Tourist Experience Sebagai Variabel Intervering Pada Destinasi Halal Di Pulau Lombok The Influence Of Value Co Creation And Destination Image On Young Touri. Empiricism Journal, 3(2), 371–385.
Itsnaini, F. M. (2022). Desa Wisata Jadi Tren Pandemi, Kunjungan Naik Hingga 50 Persen Pada 2022.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Kemenparekraf. (2021). Tren Pariwisata Di Tengah Pandemi.
Lensa, H. (2022). Apa Kabar Pariwisata Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Pertamina.
Marlien, R. A., & Setiawan, M. (2017). Salesperson Capability On Co-Creation Value. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(2), 143–151.
Meng, B., & Cui, M. (2020). The Role Of Co-Creation Experience In Forming Tourists ’ Revisit Intention To Home-Based Accommodation : Extending The Theory Of Planned Behavior. Tourism Management Perspectives, 33(July 2019), 100581.
Omar, Y. A. A. A., Amri, A., & Hasani, M. C. (2021). Pengaruh Social Media , Customer Experience Dan Servicescape Terhadap Revisit Intention Pada Objek Wisata Bahari ( Studi Kasus Pada Pantai Akkarena , Makassar ) The Impact Of Social Media , Customer Experience And Servicescape On The Revisit Intention In. Journal Of Fisheries Socio-Ecomonic, 26(April 2016), 70–77.
Paramita, R. W. D., Rizal, N., & Sulistyan, R. B. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd Ed.). Widya Gama Press.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas Dan Reliabilitas (A. Saifudin (Ed.); 1st Ed., Issue April). Staiapress.
Putri, F. A. B. (2022). Desa Wisata : Sebuah Wadah Pengembangan Wilayah Dan Pemberdayaan Masyarakat.
Ramukumba, T. (2018). Tourists Revisit Intentions Based On Purpose Of Visit And Preference Of The Destination . A Case Study Of Tsitsikamma National Park. 7(1), 1–10.
Rather, R. A., Hollebeek, L. D., & Rasoolimanesh, S. M. (2022). First-Time Versus Repeat Tourism Customer Engagement, Experience, And Value Cocreation: An Empirical Investigation. Journal Of Travel Research, 61(3), 549–564.
Riyanti, A., & Lesmana, A. C. (2021). Co-Creation Pada Tingkat Kunjungan Kedai Kopi Di Bandung. Tourism Scientific, 6, 263–280.
Septian, B. P., & Handaruwari, I. (2021). Pengaruh Customer Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kuliner Lokal Soto Mbok Geger Pedan Klaten. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 16–33.
Setiawan, R., Saepuloh, A., & Herlianti, A. O. (2020). Brand Value Destinations : Tourist Experience Can Improve Revisit Intention. 20(2), 47–51.
Song, H. M., Kim, K. S., & Yim, B. H. (2017). The Mediating Effect Of Place Attachment On The Relationship Between Golf Tourism Destination Image And Revisit Intention. Asia Pacific Journal Of Tourism Research, 22(11), 1182–1193.
Wiyata, M. T., Studi, P., Bisnis, A., Putri, E. P., Studi, P., Bisnis, A., Gunawan, C., Studi, P., & Bisnis, A. (2020). Pengaruh Customer Experience , Ease Of Use , Dan Customer Trust Terhadap Repurchase Intention Konsumen Situs Jual Beli. Cakrawala-Repositori, 3(April), 11–21.
Wulanjani, H., & Derriawan, D. (2017). Dampak Utilitarian Value Dan Experiential Marketing Terhadap Customer Satisfaction Dan Revisit Intention. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 121–130.
Xie, X. Z., Tsai, N. C., Xu, S. Q., & Zhang, B. Y. (2019). Does Customer Co-Creation Value Lead To Electronic Word-Of-Mouth? An Empirical Study On The Short-Video Platform Industry. Social Science Journal, 56(3), 401–416.
Zhong, Y. Y. S., Busser, J., & Baloglu, S. (2018). A Model Of Memorable Tourism Experience : The Effects On Satisfaction , Affective Commitment , And Storytelling. Tourism Analysis, 22, 201–217.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.