PENGARUH PERSEPSI MENGENAI STARTUP TERHADAP PILIHAN BERKARIR DI BIDANG STARTUP MELALUI MOTIVASI PADA MAHASISWA GENERASI Y DAN GENERASI Z DI KOTA BANDUNG

  • Sarah Sentika universitas padjadjaran
  • Yunizar Yunizar Universitas Padjadjaran, Bandung
  • Wa Ode Zusnita Muizu Universitas Padjadjaran, Bandung

Abstract

Pentingnya perkembangan startup di Indonesia untuk membantu perekonomian digital memberikan peluang bagi mahasiswa generasi Y dan Z untuk ikut berkontribusi mengingat terdapat kesamaan karakter antara startup dengan generasi Y dan Z. Namun kecenderungan mereka dalam berpindah-pindah pekerjaan menjadi tantangan tersendiri dalam menentukan pilihan karir yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh persepsi mengenai startup terhadap pilihan karir di bidang startup melalui motivasi pada mahasiswa generasi Y dan Z di Bandung secara parsial dan juga simultan. Sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 168 responden dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mengenai startup berpengaruh signifikan terhadap pilihan karir di bidang startup melalui motivasi mahasiswa generasi Y dan Z di Bandung secara parsial dan simultan.

 

References

Agung, I Gusti Ngurah. 2006. Statistika Penerapan Model Rerata Sel Multivariat dan Model Ekonometri dengan SPSS. Jakarta: Yayasan SAD Satria Bhakti.
Ayu, R.K., 2017. Perempuan Pebisnis Startup di Indonesia dalam Perspektif Cybertopia. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 1(2).
Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). 2018. Mapping & Database Startup Di Indonesia. MIKTI.
Bencsik, A., Horváth-Csikós, G., & Juhász, T. 2016. Y and Z Generations at Workplaces. Journal of Competitiveness, 8(3).
Dayshandi, Dody. 2015. Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Program Studi Perpajakan Untuk Berkarir Di Bidang Perpajakan (Studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). JEJAK, 1(1).
Deci, E, L., & Ryan, R. M. 1985. Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Pleneum, New York.
Diastuti. D., Rangka, I. B., Prasetyaningtyas, W. E., Renata, D. 2017. Hubungan Persepsi Dengan Motivasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Konseling Perorangan. JURKAM, 1(1).
Dewi, Istina Findi., dan Setiawanta, Yulita. 2014. Pengaruh Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Jurusan Akuntansi yang Sedang Mengambil Skripsi Terhadap Peminatan Karir dalam Bidang Perpajakan. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Dwi, Christine., dan Setiawan Arif. 2012. Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Lingkungan Kerja Auditor Terhadap Pilihan Karirnya Sebagai Auditor Di KAP (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Kristen Maranatha dan Universitas Parahyangan). Jurnal Ilmiah Akuntansi, No. 08. ISSN: 2086-4159.
Gall, M., Gall, J.P., Borg, W.R. (2007). Educational Research: An Introduction (8th ed.). Boston, MA: Pearson.
George dan Jones. 2005. Understanding and Managing Organizational Behavior 4th Edition, Pearson Prentice Hall.
Hair, Joseph, Jr et al. 2014. A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). SAGE Publications, Inc. California, USA.
Juariyah, L., Adi, S. S. 2017. Dampak Motivasi Dan Kepuasan Terhadap Prestasi: Pengujian Teori Motivasi Determinasi Diri (Self Determination Theory). EKOBIS, 22(2).
Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2014. Perilaku Organisasi. Edisi 9. Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Kusniawati, Rina. (2010). Metode Penelitian: Penarikan Sampel Metode Penelitian.
Lubis, A. I. 2010. Akuntansi Keperilakuan. Jakarta : Salemba Empat.
Mahayani, N. M., Sulindawati, N. L., Herawati, N. T. 2017. Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat, Dan Pengetahuan Mahasiswa Akuntansi Program S1 Tentang Pajak Terhadap Pilihan Berkarir Dibidang Perpajakan. e-journal Nama Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, 7(1).
Natan, M. B,, & Becker, F. 2010. Israelis Perceived Motivation For Choosing a Nursing Career. Elsevier 308-313.
Nufus, A. 2017. Faktor Penentu Pemilihan Karir Siswa Smk Negeri 1 Dukuhuri Kabupaten Tegal. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Prasetyo, E., Pranoto, S., Anwar, S. 2016. Persepsi Terhadap Minat Karir di Perpajakan dengan Motivasi sebagai Variabel Intervening. Seminar Nasional dan The 3rd Call For Syariah Paper (SANCALL). ISSN 2460-0784.
Reeves, T. C., & Oh, E. 2008. Handbook of Research on Educational Communications and Technology (Third Edition). Georgia: Routledge.
Robbins, S.P dan Judge T.A. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sari, Maya. 2013. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik Oleh Mahasiswa Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Umsu Medan. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN BISNIS, 13(2).
Savitri, Deninta. 2014. Survey Tentang Pilihan Karir Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK UNESA, 4(3).
Sulistyawati, A. I., Ernawati. N., Sylviana, N. 2013. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Jurnal Dinamika Akuntansi, 5(2).
Suwarno, D. J. 2017. Knowledge Sharing Dan Inovasi Pada Industri Startup. Jurnal Ecodemica, 1(1).
Trisnawati, Iga., Mudayen, YM., Palifiana, Dheska. 2017. Hubungan Persepsi Dengan Motivasi Untuk Studi Lanjut S2 Kebidanan. Journal of Health Studies, Vol 1(2).
Trisnawati, Mei. 2013. Pengaruh Persepsi dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Berkarir Di Bidang Perpajakan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 1(2).
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Widodo, S. E. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I. D., & Widia, R. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pt. Alva Karya Perkasa Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 42-62.
Published
2020-09-06
How to Cite
Sentika, S., Yunizar, Y., & Muizu, W. O. (2020). PENGARUH PERSEPSI MENGENAI STARTUP TERHADAP PILIHAN BERKARIR DI BIDANG STARTUP MELALUI MOTIVASI PADA MAHASISWA GENERASI Y DAN GENERASI Z DI KOTA BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(3), 188-201. https://doi.org/10.31955/mea.v4i3.357