STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KIMO RESORT PULAU BANYAK ACEH SINGKIL
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengidentifikasi strategi komunikasi pemasaran digital yang efektif dalam meningkatkan brand awareness KIMO Resort di Pulau Banyak, Aceh Singkil. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan brand awareness KIMO Resort di Pulau Banyak, Aceh Singkil. Melalui penggunaan metode triangulasi dan analisis data yang komprehensif, peneliti berhasil mengidentifikasi beberapa temuan penting yang mendukung kesimpulan tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital yang diterapkan oleh KIMO Resort memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan brand awareness. Dalam analisis data, teridentifikasi beberapa temuan penting yang mendukung kesimpulan tersebut. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi pemasaran digital memainkan peran penting dalam meningkatkan brand awareness pada KIMO Resort. Dengan memanfaatkan media sosial dan teknologi digital, KIMO Resort dapat memperluas jangkauan merek, membangun hubungan dengan pelanggan, dan mencapai keberhasilan jangka panjang dalam industri pariwisata.
References
Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1139943
Ahmadi, Candra, & Hermawan, Dadang. (2013). E-Business & E-Commerce. Retrieved from https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/home/catalog/id/98976/slug/e-business-e-commerce.html
Anggito, Albi, & Setiawan, Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (1st ed.; Ella Deffi Lestari, ed.). Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1124749
Atmoko, Temoteus Prasetyo Hadi. (2018). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan di Cavinton Hotel Yogyakarta. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 1(2), 83–96. https://doi.org/10.17509/jithor.v1i2.13769
Chierici, Roberto, Del Bosco, Barbara, Mazzucchelli, Alice, & Chiacchierini, Claudio. (2018). Enhancing Brand Awareness, Reputation and Loyalty: The Role of Social Media. International Journal of Business and Management, 14(1), 216. https://doi.org/10.5539/ijbm.v14n1p216
Chloe, N., & Dharmik, K. M. (2018). Digital Marketing & Social Media. International Conference Business Remodelling: Exploring New Initiative in Key Business functions, 163-167
Chrismardani, Yustina. (2014). Analisis Mekanisme Praktik Jual Beli Followers Dalam Perspektif Ekonomi Islam di Media Sosial Instagram. Jurnal NeO-Bis, 8(2), 177. https://doi.org/10.37726/ee.v4i1.101
Fitrah, Muh., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus (1st ed.; Ruslan & Moch. Mahfud Effendi, eds.). Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1054333
Helaluddin, & Wijaya, Hengki. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik (1st ed.). Retrieved from https://www.academia.edu/41317013/Analisis_Data_Kualitatif_Sebuah_Tinjauan_Teori_and_Praktik
Hermawan, Agus. (2013). Promosi dalam Prioritas Kegiatan Pemasaran (38th ed.). Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=mrCuaCwAAAAJ&citation_for_view=mrCuaCwAAAAJ:umqufdRvDiIC
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif (M. Choiroel Anwar, ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=TP_ADwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_atb#v=onepage&q&f=false
Malik, M., Ghafoor, Muhammad Mudasar, Iqbal, H., Riaz, Usman, & Shahbaz, S. (2013). Importance of Brand Awareness and Brand Loyalty in assessing Purchase Intentions of Consumer. International Journal of Business and Social Science, 4(5), 167–171. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/285838864_Importance_of_brand_awareness_and_brand_loyalty_in_assessing_purchase_intentions_of_consumer
Muljono, Ryan Kristo. (2018). Digital Marketing Concept. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1126651
Nurdin, Ismail, & Hartati, Sri. (2019). Metodologi Penelitian Sosial.
Oktaviani, Femi (Universitas BSI), & Rustandi, Diki (Universitas BSI). (2018). Digital MCB. PRofesi Humas, 3(1), 1514–1518. https://doi.org/10.1109/SmartTechCon.2017.8358617
Pramono, Rendra Adi. (2014). Pengaruh Brand awareness, Perceived Quality dan Brand Image Terhadap Brand Satisfaction dan Brand Loyalty Pada Jasa Biro Perjalanan Antar Kota di Kota Malang (Studi Pada Pelanggan Biro Perjalanan Kirana Tour dan Travel, Siluet Tour and Travel dan Bali Pri. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3), 354.
Putri, Fretika, Widyatmaja, I. Gusti Ngurah, Rahyuda, Irma, Studi, Program, Iv, Diploma, Pariwisata, Fakultas, & Udayana, Universitas. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Brand Awarness pengelola manajemen vila di bali coconut living. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 3(1), 226–239.
Rakhmadhona, Nur Sella. (2020). Upaya Meningkatkan Brand Awareness NSR Skirt Melalui Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1), 47. https://doi.org/10.37535/103001120204
Sodik, Muhammad Ali, & Sandu, Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian.
Suherman, Kusniadji. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods PT. Expand Berlian Mulia di Semaran. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98.
Susanto, Susanto, & Sari, Afrina. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Jam Tangan Matoa Dalam Meningkatkan Brand Awareness. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 108. https://doi.org/10.35308/source.v6i1.1540
Patilima, Hamid. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Retrieved from https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=2326
Putra, Nusa, & Dwilestari, Ninin. (2016). Penelitian Kualitatif PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=853776
Rangkuti, Freddy. (2014). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot Rating dan OCAI. Retrieved from http://senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=12109&keywords=
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Retrieved from https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=20670
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Retrieved from https://perpus.fpsi.hangtuah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1384&keywords=
Tritama, Hansel Bagus, & Tarigan, Riswan Efendi. (2016). The Effect of Social Media to the Brand Awareness of a Product of a Company. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 10(1), 9. https://doi.org/10.21512/commit.v10i1.1667
Wasil, Mohammad. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, dan Percieved Quality. Forum Ekonomi, 19(2), 137. https://doi.org/10.29264/jfor.v19i2.2120
Witrie Nuringtyas Gita A, Hasto Bimo Aji. (2020). Strategi Peningkatan Brand Awareness yang Dilakukan Oleh Le Minerale Selama Masa Pandemi Covid-19. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 168–177. https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.754
Yasmin, Afrina, Tasneem, Sadia, & Fatema, Kaniz. (2015). Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. The International Journal of Management Science and Business Administration, 1(5), 69–80. https://doi.org/10.18775/ijmsba.1849-5664-5419.2014.15.1006
Yusuf, A. Muri. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (1st ed.). Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1058648
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.