FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Ishma Alfisa Martianto Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Setyo Iriani Universitas Negeri Surabaya
  • Andre Dwijanto Witjaksono Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan utama sebuah perusahaan adalah memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan dan memudahkan pelanggan dalam menentukan keputusan. Dalam menjalankan bisnisnya, sebuah faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah Brand Ambassador, Brand Experience dan Brand Image. Penelitian ini menganalisis pengaruh Brand Ambassador, Brand Experience dan Brand Image terhadap keputusan pembelian produk Somethinc. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah konsumen Somethinc, teknik Purposive Sampling digunakan untuk memilih sampel dari yang mewakili 136 responden. Hasil analisis statistik menunjukkan Brand Ambassador tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Brand Experience dan Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Brand Ambassador berpengaruh signifikan terhadap Brand Image dan Brand Ambassador berpengaruh signifikan secara tidak langsung melalui Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menyiratkan penerapan Brand Image dan Brand Experience yang bagus dapat meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen terhadap produk Somethinc.

References

Agung, A., Erika, M., & Puspita, D. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Experience Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan E-Commerce Shopee Di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(6), 1152–1167.
Amalia Probosini, D., Hidayat, N., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Promosi Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna Market Place X Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 2(2), 445–458.
Andriani, N. F., & Setiawan, A. H. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Penggunaan Produk Skincare Korea Selatan Dan Lokal. Diponegoro Journal Of Kesehatan, 9(4), 1–8. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jme/Article/View/29050
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Ardiningrum, R. U. A. F. M. E. A. R. (2020). Pengaruh Brand Ambassador. 2507(February), 1–9.
Ayuni, D. P., & Aulia, P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 12(4), 416–424.
Azmy, A., Nauyoman, D., & Zakky, M. (2020). The Effect Of Brand Image And Perception Of Products On The Purchase Decisions Of Matic Motorcycle In East Belitung. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 31–42. Https://Doi.Org/10.14710/Jab.V9i1.25278
Barreto, J. S., Dewi, L. K. C., & Ximenes, L. (2023). The Influence Of Brand Image And Product Quality On Purchase Decisions Of Packaged Drinking Water In Liquiça District, Dili – Timor Leste. International Journal Of Multicultural And Multireligious Understanding, 10(1), 332–340. Http://Ijmmu.Comhttp//Dx.Doi.Org/10.18415/Ijmmu.V10i1.4399
Chanaya, N., & Sahetapy, W. L. (2020). Pengaruh Brand Experience Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Wedding Organizer Perfect Moment. Pengaruh Brand Experience Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Wedding Organizer Perfect Moment, 8(1), 1–6.
Devi Gita, R. S. (2016). The Effect Of Brand Ambassador To The Brand Image Of Online Company From Zalora.Co.Id. E-Proceeding Of Management, 35(6), 62–66.
Edrin, F., & Fhatiyah, N. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Kasus Pada Event Free Photocard BTS Tokopedia ). Proceeding Seminar Nasional Bisnis Seri IV, 78–84.
Febryan, K. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan E-Wom Terhadap Brand Love Tokopedia. Journal Of Accounting And Business Studies, 5(2), 54.
Gumilang, P. B., Listyorini, S., & Ngatno, N. (2022). Pengaruh Perceived Quality Dan Brand Experience Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio (Studi Pada Yamaha Flagship Shop (FSS) Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(3), 420–432. Https://Doi.Org/10.14710/Jiab.2022.34919
Gunawan, D. C., & P, A. J. W. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Experience Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Pada Game E-Sports Mobile Legends Bang Bang Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, 10(2), 69–82. Https://Doi.Org/10.33508/Jumma.V10i2.3611
Hilmi, I. L., Rianoor, N. P., & Gatera, V. A. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Pemilihan Skincare Wajah Melalui Media Sosial Pada Salah Satu Universitas Di Karawang Jawa Barat. Pharmacon: Jurnal Farmasi Indonesia, 19(2), 202–211. Https://Doi.Org/10.23917/Pharmacon.V19i2.19261
Iman, A. A., & Kurniawati. (2023). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Dengan Customer Engagement Sebagai Variabel Mediator Pada Produk Fashion Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 543–560. Https://Doi.Org/10.25105/Jet.V3i1.15565
Irwanto, L. R. H. (2020). Mengenal Arti Skincare Dan Tahapan Merawat Kulit. Journal Komunikasi, 11(2), 119–128. Https://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Jkom/Article/Viewfile/8366/Pdf_1
Karunia, E. (2021). Brand Awareness Dan Brand Experience Terhadap Brand Satisfaction, Brand Trust Dan Brand Loyalty. Forum Ekonomi, 23(3), 606–624. Http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/FORUMEKONOMI
Kim, R. B., & Chao, Y. (2019). Effects Of Brand Experience, Brand Image And Brand Trust On Brand Building Process: The Case Of Chinese Millennial Generation Consumers. Journal Of International Studies, 12(3), 9–21. Https://Doi.Org/10.14254/2071-8330.2019/12-3/1
Mudzakir, F. (2018). The Influence Of Brand Ambassador Usage Toward Brand Image Of OPPO. Prociding Industrial Research Workshop And National Seminal, 9, 648–654.
Nur Hidayah. (2018). Pengaruh Brand Experience, Kepercayaan Merek Dan Positive Word Of Mouth Terhadap Loyalitas Merek Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pembeli Minyak Kayu Putih Cap Lang Di Kecamatan Kebumen) PENGARUH. 1–8.
Nurhasanah, Mahliza, F., Nugroho, L., & Putra, Y. M. (2021). The Effect Of E-WOM, Brand Trust, And Brand Ambassador On Purchase Decisions At Tokopedia Online Shopping Site. IOP Conference Series: Materials Science And Engineering, 1071(1), 012017. Https://Doi.Org/10.1088/1757-899x/1071/1/012017
Pradipta Utama, A., & Ningrum Ambarwati, A. (2022). The Effect Of Brand Awareness, Brand Image And Trust On Consumer Buying Interest. Devotion Journal Of Community Service, 3(13), 2310–2330. Https://Doi.Org/10.36418/Dev.V3i13.278
Pramesti, D. Z., & Sujana, N. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Vivo. Skripsi Thesis, Universitas Muhammadyah Surakarta., 11(April), 346–363.
Purnamasari, L. S., Sutanto, A. H., Angelita, K., & Setyarini, N. M. A. (2022). Relasi Konsumen Dengan Produk Kecantikan Serta Pengaruhnya Terhadap Purchase Intention. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(4), 2875–2881. Https://Doi.Org/10.36312/Jisip.V6i4.4185/Http
Ragatirta, L. P., & Tiningrum, E. (2021). Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Di Rown Division Surakarta). Excellent, 7(2), 143–152. Https://Doi.Org/10.36587/Exc.V7i2.793
Rahayu, S., Limakrisna, N., & Horas V. Purba, J. (2023). The Influence Of Brand Image, Online Service Quality , And Of Use On Purchase Decisions On With Trust As A Mediation Variable. International Journal Of Science, Technology & Management, 4(3), 629–639. Https://Doi.Org/10.46729/Ijstm.V4i3.801
Ratna Dewi, A., & Aidil Fadli, J. (2022). Pengaruh Penggunaan Bangtan Boys Menjadi Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Kepada E-Commerce Tokopedia Dengan Memediasi Brand Image Dan Brand Awareness. Journal Of Applied In Business Management And Accounting, XX(Xx), 14–26. Https://Intropublicia.Org/Index.Php/Jabma
Rohmanuddin, H. A. S. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PADA BISNIS RITEL PAKAIAN “STING” CABANG KEDOYA GREEN GARDEN). Jurnal Bina Manajemen, 10(2), 282.
Sari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect Of Brand Ambassador, Brandsari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect Of Brand Ambassador, Brand Image, And Brand Awareness On Purchase Decision Of Pantene Shampoo In Surabaya, Indonesia. SHS Web Of Conferences, 76, 01023. SHS Web Of Conferences, 76, 01023.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. Https://Doi.Org/10.30872/Psikoborneo.V8i1.4870
Situmorang, P. A., Adlina, H., & Siregar, O. M. (2022). The Influence Of Brand Ambassador And Brand Image On Purchase Decisions For L’Oréal Paris Products In Medan City. Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital, 1(2), 105–117. Https://Doi.Org/10.55047/Jekombital.V1i2.283
Situmorang, S. B., & Herdiansyah, H. (2022). Brand Ambassadors’ Influence On Brand Image And Consumer Purchasing Decisions. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 64. Https://Doi.Org/10.33021/Exp.V5i1.1589
Tiara Amalia, W. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Dan Word Of Mouthterhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Pada Remaja. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(2021), 2022.
Triana, R., Setyawan, A. H., Atmaja, R. A., Sfenrianto, & Ali, M. M. (2020). An Effect Of Value Creation Brand Toward Purchase Intention Of E-Commerce Customers In Indonesia. International Journal Of Scientific And Technology Research, 9(4), 2663–2670.
Yolanda, R. F., & Soesanto, H. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi, Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 6(4), 834–845.
Yuliani, M. P., & Suarmanayasa, I. N. (2021). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Poduk Pada Marketplace Tokopedia. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 146–154.
Published
2023-12-01
How to Cite
Martianto, I., Iriani, S., & Witjaksono, A. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1370-1385. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3543