PENGARUH SALES PROMOTION, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP

  • Dhea Aulia Universitas Mulawarman, Samarinda
  • Muhammad Zaini Universitas Mulawarman, Samarinda

Abstract

Industri belanja online semakin berkembang pesat, salah satunya adalah TikTok Shop. Perkembangan ini tidak lepas dari fenomena pembelian impulsif yang sering terjadi di kalangan pengguna yang aktif menggunakan media sosial dan platform belanja online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah terdapat pengaruh dari sales promotion, hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle terhadap impulsive buying pada e-commerce Tiktok Shop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden dengan criteria sebagai berikut yaitu pernah membeli produk di e-commerce Tiktok Shop setidaknya 2 kali pembelian, berdomisili di kota Samarinda, rentang usia 17-35 tahun dan aktif menggunakan media sosial Tiktok. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26 dan teknik analisis regresi linier berganda digunakan dalam pengolahan datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hedonic shopping motivation dan shopping lifestyle terhadap impulsive buying. Akan tetapi, dalam penelitian ini, tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari sales promotion terhadap impulsive buying.

References

Agustin, I. R. (2022). Pengaruh promosi penjualan, atmosfer toko, motivasi belanja hedonis dan emosi positif terhadap pembelian impulsif dengan gender sebagai variabel moderasi: studi kasus alfamart kota Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Belch, G. E., Belch, M. A., Guolla, M. A., Webb-Hughes, A.-M., & Skolnick, H. (2004). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective (Vol. 6). McGraw-Hill/Irwin New York.
Betty, R. (n.d.). Jackson. Michael Ivlc. Kee.(2004). Audit Information Dissemination, Tax Payer Communication and Tax Compliance: An Experimental Investigation of Inderect Audit Effect. The National Tar Association Minneapolis MN.
Cobb, C. J., & Hoyer, W. D. (1986). Planned versus impulse purchase behavior. Journal of Retailing.
Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying dengan shopping lifestyle dan positive emotion sebagai variabel intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 80–89.
Duncan, T. R. (2002). IMC: Using advertising and promotion to build brands. McGraw-Hill.
Engel, J., R. D. B. and P. W. (2008). Perilaku Konsumen (Budyanto (ed.)). Binarupa Aksara Publisher.
Grewal, D., & Levy, M. (2021). M: marketing. McGraw-Hill Education.
Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(2), 165–172.
J.C, Mowen. and Minor, M. (2001). Perilaku Konsumen. Erlangga.
Japarianto, E., & Sugiharto, S. (2011). Pengaruh shopping life style dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior masyarakat high income surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 32–41.
Kacen, J. J., & Lee, J. A. (2002). The influence of culture on consumer impulsive buying behavior. Journal of Consumer Psychology, 12(2), 163–176.
Kotler, P. (2008). Managemen Pemasaran, Edisi Milenium diterjemahkan Benyamin Molan. PT. Prenhallindo. Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson, 803–829.
Levy, M., Weitz, B. A., & Ajay, P. (2009). Retailing Management, New York: The McGraw-Hills/Irwin Companies. Inc.
Rachmawati, V. (2009). Hubungan antara hedonic shopping value, positive emotion, dan perilaku impulse buying pada konsumen ritel. Majalah Ekonomi, 19(2).
Rohman, F. (2012). Peran Faktor Situasional & Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Butik di Kota Malang. Universitas Brawijaya Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sumarwan, U. (2003). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasaran. Language, 368, 245cm.
Sunyoto, D., & Admojo, T. (2014). Konsep dasar riset pemasaran dan perilaku konsumen.
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel_Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. 2010-ISBN: 978-979-061-127-6–Salemba Empat.
Wahyuni, S. (2018). Hubungan Pembelian Impulsif Dan Penyesalan Pasca Pembelian Di Department Store X Pada Mahasiswa. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Zikmund, W. G., Babin, B. J., Carr, J. C., & Griffin, M. (2013). Business research methods. Cengage learning.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2023-11-07
How to Cite
Aulia, D., & Zaini, M. (2023). PENGARUH SALES PROMOTION, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 961-977. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3462