MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN KINNARA KINNARY DANCE COMMUNITY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kinnara Kinnary Dance Coomunity yang difasilitasi oleh perusahaan PT. TWC adalah teater. Dengan demikian, masyarakat mampu mengelola konsep pertunjukan dengan inovasi dan ide-ide kreatif. Masyarakat mempunyai komitmen untuk meningkatkan kualitas pertunjukan, sehingga mampu menarik penonton. Dalam penelitian ini menggunakan teori analisis Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT). Berdasarkan temuan data positioning dan deskripsi maksud dan tujuan mengenai Kinnara Kinnary Dance Community, dapat diketahui bahwa terdapat kelemahan dalam manajemen pada masa Pandemi Covid-19. Kinnara Kinnary Dance Community berupaya menjaga kualitas dari konsep dalam penampilan. Perubahan khususnya dalam pelayanan kepada penonton di masa Pandemi Covid-19 demi tetap menjaga keselamatan bersama, tentunya hal ini sesuai dengan peraturan CHSE yang diterapkan oleh Unit Teater PT.TWC. Oleh karena itu Kinnara Kinnari Dance Community akan dibahas mengenai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta tindakan yang dilakukan dengan mengacu pada analisis SWOT. Strategi pengelolaannya adalah menyusun strategi bisnis seni pertunjukan drama berdasarkan Matriks IE (Inter-Eksternal) dan Kuadran SWOT. Dapat disimpulkan bahwa Strategi Generik Kinnara Kinnary Dance Community adalah Kombinasi.
References
Atmadja, BT, Trilaksana, J., & Wijayanti, J. (2012). Pertunjukan Seni Pertunjukan Wisata dalam Perspektif Ekonomi Kreatif Berbasis Pada Sendratari Rara Jonggrang di Objek Taman Wisata Candi Prambanan. Repositori Institusi: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Aurima. (2018). Strategi Pengelolaan Organisasi Cicilia Ballet School di Jakarta Barat. Tempat Penyimpanan Institusi : Institut Seni Indonesia.
David, FR (2016). Manajemen Strategi, Edisi 15. Jakarta: Salemba Empat.
Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Erwin, S. (2014). Analisis SWOT Dalam Bisnis. Bandung: Kata Pena.
Fatimah, FN (2020). Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Freddy Rangkuti, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Graedia, Jakarta
Iskandar, Arnia Haripa. (2021). Strategi Pengelolalaan Sanggar Gong Sitimang Dalam Melestarikan Musik Tradisional Melayu Jambi. Gorga : Jurnal Seni Rupa Volume 10 No 02.
Iskandar, Arnia Hartipa. (2021, Juli-Desember). Strategi Pengelolaan Sanggar Gong Sitimang dalam Melestarikan Musik Tradisional Melayu Jambi. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 10 Nomor 02. Diakses tanggal 17 Februari 2022
Masitoh, Novi Siti dan Nurul Hidayah. (2018, Maret). Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Tekun Vol 1 No 1.
Novita, Nuri Rizki. (2017). Kinerja Humas Pada Unit Terater dan PENtas PT Taman Wisata Candi Prambanan, Borobudur, dan Ratu Boko di Sendratari Ramayana Balet Prambanan. Skripsi Sarjana : Universitas Negeri Yogyakarta. Diperoleh dari http://eprints.uny.ac.id
Sari, CT (2012). Implementasi Manajemen Strategi dalam Pertunjukan Ramayana Prambanan. Greget.
Silalahi, ML (2015). Pengembangan Strategi Marketing Mix Pada Seni Pertunjukan Pragina Gong dalam Industri Kreatif Indonesia. Repositori Institusi: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Syahrum dan Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Media Citapustaka.
Yusuf, A.Muri. (2014). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.