PENGARUH KOMPONEN PREFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN COFFEE SHOP DI KOTA BANDUNG

  • Arini Dewi Pangestu Universitas Kristen Maranatha, Kota Bandung
  • Agus Aribowo Universitas Kristen Maranatha, Kota Bandung

Abstract

Peningkatan konsumsi kopi secara nasional yang terus meningkat setiap tahunnya telah mendorong persaingan yang semakin ketat di industri minuman kopi, termasuk di kawasan kafe di Bandung. Meskipun begitu, kinerja coffeeshop saat ini masih memiliki ruang untuk ditingkatkan dalam memberikan pelayanan kepada calon pelanggan, dipengaruhi oleh sejumlah faktor seperti citra merek yang diakui oleh Top Brand dan tingkat popularitas. Oleh karena itu, sebuah penelitian dilakukan untuk memperbaiki kinerja ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi preferensi dan kebiasaan konsumen dalam mengonsumsi minuman kopi di kedai kopi Indonesia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melibatkan distribusi kuesioner secara online melalui platform media sosial kepada 400 responden, jumlah ini dihitung berdasarkan rumus Slovin. Kuesioner menggunakan skala likert dengan empat pilihan. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan perangkat lunak statistik SPSS dengan menerapkan teknik Principal Component Analysis (PCA) dan regresi linear berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa seluruh persyaratan statistik yang diperlukan untuk menerapkan metode PCA dan regresi linear berganda telah terpenuhi dan sesuai dengan standar statistika yang berlaku. Berdasarkan analisis, teridentifikasi dua kelompok faktor utama yang muncul. Kelompok pertama terdiri dari atribut utama produk, termasuk variabel harga, kualitas, dan merek. Kelompok kedua mencakup atribut sekunder produk, seperti kemasan, rekomendasi dari teman, tampilan produk di dalam toko, promosi, kebiasaan konsumen, iklan, rasa, kenyamanan, dan pertimbangan kesehatan. Penting untuk dicatat bahwa seluruh variabel independen (faktor preferensi) memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.

References

Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
BPS Jawa Barat. (2022). Produksi Tanaman Kopi (Ton), 2019-2021. [online]. Tersedia: https://jabar.bps.go.id/indicator/163/319/1/produksi-tanaman-kopi-.html [18 Februari 2023]
Fadli, Lubis, S. N. dan Chalil, D. (2021). Analysis of the Attitude, Preference and Satisfaction of Coffee Customers in the Coffee Shop, Takengon City.
Google. (2023). Coffee shop dengan gerai terbanyak di bandung. [online]. Tersedia: https://www.google.com/search?sa=X&rlz=1C5CHFA_enID941ID942&sxsrf=AJOqlzUf777xLzJYM07QCuBZiKDn0Qb15g:1676704597906&q=coffee+shop+dengan+gerai+terbanyak+di+bandung&ved=2ahUKEwiV7M2vw579AhU04jgGHfb_CWkQuzF6BAgDEAI&biw=1440&bih=821&dpr=2 [18 Februari 2023]
Habibah, U. & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura, Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1, 31-48.
Indrawati. (2017). Perilaku Konsumen Individu. Bandung: PT Refika Aditama.
Kotler, P., dan Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. USA: Pearson Education Limited.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2018). A Framework for Marketing Management. USA: Pearson Education Limited.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.
Limakrisna, N. & Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran : Teori dan Aplikasi dalam bisnis, Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media Harya
Rahardjo, S., A. (2017). Analisis Atribut Yangmenjadi Preferensi Konsumen Dalam Memilih Produk Homds Teh Hijau. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1, 739-745
Skubina, E. C., Owczarek, T., Pielak, M., Sałek. P. dan Ginter, R. K. (2021). Consumer Choices and Habits Related to Coffee Consumption by Poles. Int. J. Environ, 18, 1-21.
Sudaryono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (Edisi 2). Depok: Rajawali Pers.
Sudiyarto, Destiarni, R. P. dan Harya, G. I. (2018). Analysis of Factors That Affect Consumer Preference on Coffee Consumption in Surabaya.
Suherlan, R. (2021). 5 Media sosial yang paling banyak digunakan tahun 2021. [online]. Tersedia: https://lifestyle.kontan.co.id/news/5-media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-tahun-2021 [2 Januari 2023]
Sujarweni, V. W. (2019). Metodelogi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS
Sunyoto, D. (2018). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Published
2023-10-27
How to Cite
Pangestu, A., & Aribowo, A. (2023). PENGARUH KOMPONEN PREFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN COFFEE SHOP DI KOTA BANDUNG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 813-827. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3405