KONTRIBUSI KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH

  • Mas Oetarjo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Abstract

Studi ini bertujuan menentukan apakah secara parsial dan simultan, kualitas dan harga produk berpengaruh terhadap keputusan membeli rumah. Data dikumpulkan melalui pengiriman kuesioner kepada partisipan melalui Google Forms sejumlah sembilan puluh enam orang sebagai sampel. Studi ini menganalisis uji asumsi klasik dan regresi linier berganda dari data yang diperoleh lewat survei pelanggan Perumahan The Orchid Wonoayu Sidoarjo tahun 2018-2021, disimpulkan bahwa secara terpisah kualitas produk dan harga rumah berkontribusi signifikan terhadap keputusan membeli rumah begitupun juga secara bersama-sama, kualitas dan harga produk berkontribusi signifikan terhadap keputusan seseorang membeli sebuah rumah.

References

Agustina, F. I., & Azmi, H. (2021). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Purchase Decision in Terms of Price and Trust Aspects. 8(10), 290–297.
Alifia, M. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PERUMAHAN GRIYA PASIR PUTIH MAS PEKANBARU. Jurnal Manajemen, 7.
Andre Maulana Rozikin Agus Widarko M. Khoirul ABS. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Mutu produk , Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Studi Kasus Pada Pembeli Perumahan Havaland). E – Jurnal Riset Manajemen.
Fadhli, K., Usluhiyah, R., & Widyaningsih, B. (2021). Pembelian Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah ( Mbr ) Di Jombang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(4), 5–11.
Haenady, F. A., Wahono, B., & Asiyah, S. (2021). Pengaruh Mutu produk , Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus PadaToko Prabujaya Malang). E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 81–95.
Heruwanto, J., Kusumanadya, R., . R., & Kurniawan, E. N. (2020). Analisis Lokasi, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Perumahan Cinere Parkview. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 17(2), 169. https://doi.org/10.33370/jmk.v17i2.453
Irwansyah Siregar, A. (2021a). Model Keputusan Pembelian Rumah Subsidi Dari Perspektif Fasilitas, Citra Perusahaan Dan Harga (Survey Pada Perumahan Panorama Sakuran Asri Kota Jambi). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 212–224. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i2.778
Irwansyah Siregar, A. (2021b). MODEL KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH SUBSIDI DARI PERSPEKTIF FASILITAS, CITRA PERUSAHAAN DAN HARGA (SURVEY PADA PERUMAHAN PANORAMA SAKURAN ASRI KOTA JAMBI). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(2). https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i2.778
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi Ke-16. In Manajemen Pemasaran (Vol. 7).
Kurniawan, A. R. (2014). Total Marketing. In Repository.Ummat.Ac.Id.
Maligan, J. M., & Althea, A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 17(1).
Ningsih, S., & Pradanawati, L. (2021). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, PRICE AND PROMOTION ON PURCHASE DECISION (Case Study on Gea Geo Store). Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5(3), 1–12.
Nuphanudin, N., Roza, Y. M., Nani, N., Dharmawan, D. I., & ZA, S. Z. (2023). PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG MUTU PRODUK MAKANAN KHAS RAMADHAN DI PASAR TRADISIONAL. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1). https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2958
Pamelia, A., & Sudarwanto, T. (2022). PENGARUH MUTU PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR MATIC HONDA BeAT ( STUDI PADA WARGA PERUMAHAN PESONA PERMATA UNGU KRIAN SIDOARJO ) Pada era mobilitas yang tinggi persaingan sangat ketat sehingga masyarakat perlu menerapkan sist. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1554–1563.
Purnama Sari, D. M. F., Cremadin, P. S., Wirsa, I. N., & Oka Martini, I. A. (2023). KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HORTIKULTURA : BAGAIMANA ATTITUDE TO BRAND MEMEDIASI PENGARUH E-SERVICE QUALITY? Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1). https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2882
Rozikin, A. M., Widarko, A., & ABS, M. K. (2016). Analisis Pengaruh Harga, Mutu produk , Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah (Studi Kasus Pada Pembeli Perumahan Havaland Malang). Jurnal Riset Manajemen.
Septiani, F., & Robianto, R. (2021). Pengaruh Harga dan Mutu produk terhadap Keputusan Pembelian pada PT Fastrata Buana Bogor. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 4(1), 21. https://doi.org/10.32493/drb.v4i1.9117
Setyawati, R., Suhartono, S., & Asmoro, P. N. (2022). Analisis Pengaruh Mutu produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Real Property Melalui Digital Marketing Sebagai Variabel Intervening Di Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9(1), 68–84. https://doi.org/10.32477/jrm.v9i1.402
Sugianto, R., & Ginting, S. O. (2020a). Analisis Pengaruh Harga, Mutu produk , Lokasi, Fasilitas dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Medan Resort City. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.55601/jwem.v10i1.666
Sugianto, R., & Ginting, S. O. (2020b). Analisis Pengaruh Harga, Mutu produk , Lokasi, Fasilitas dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah pada Perumahan Medan Resort City. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 10(1). https://doi.org/10.55601/jwem.v10i1.666
Syahri, S., & Putri, D. M. (2022). Volume 19 Issue 2 ( 2022 ) Pages 492-498 KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Manajemen ISSN : 1907-3011 ( Print ) 2528-1127 ( Online ) Pengaruh harga dan mutu produk terhadap keputusan pembelian rumah The Influence of price and product quality on home purcha. 19(2), 492–498.
Utami Eristi Minda, R. Y. G. G. F. (2023). Analisis Dampak Keputusan Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Properti. JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 7(3), 181–195.
Yusuf, F. M. R. (2019). Pengaruh Mutu produk , Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Persebaya Store. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(6), 1–15.
Published
2023-09-24
How to Cite
Oetarjo, M. (2023). KONTRIBUSI KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 490-505. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3391