PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN E-COMMERCE LAZADA
Abstract
Pengunjung e-commerce lazada mengalami penurunan yang signifikan pada kuartal Ⅰ pada tahun 2019 sampai di angka 28 juta pengunjung, lazada mengalami penurunan dari peringkat 1 di tahun 2018 menjadi peringkat ke 4 pada tahun 2019. Berdasarkan databoks.katadata.co.id lazada mengalami penurunan diakibatkan kurang adanya gebrakan pada social media marketing mereka kurang untuk menjamah konsumen. Penelitian ini akan melakukan pengujian terhadap variabel electronic word of mouth maupun social media marketing terhadap proses keputusan pembelian. Hasil penelitian yang dilakukan kali ini diharapkan bisa digunakan untuk preferensi Lazada dalam melakukan proses keputusan pembelian untuk membantu applikasi Lazada. Pada penelitian yang dilaksankan ini memakai populasi masyarakat Indonesia yang sudah melakukan pembelian dan sudah mengikuti akun resmi instagram lazada. Adapun jumlah sampel sebesar 272 responden. Pengumpulan data yang dipakai peneliti dengan menyebarkan kuesioner memakai google form. Pengujian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya regresi linear berganda, Koefisien Determinasi, Uji T, dan Uji F. Penelitian kali ini memperlihatkan jika variabel electronic word of mouth (eWOM) maupun Social Media Marketing berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian. Sebaiknya pihak Lazada memberikan berupa formulir keluhan online dengan memberi formulir keluhan online yang mudah diakses pada aplikasi lazada.
References
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2016). "A framework for marketing management." Boston: Pearson Prentice Hall.
Dewi, M., Herlina, G., dan Boetar, A. E. M. B. (2022). "The effect of social media marketing on purchase intention in the fashion industry." Jurnal International Journal of Data and Network Science, vol. 6, no. 2, hal. 355-362. doi: 10.5267/j.ijdns.2022.1.002.
Hamid, R. S., Abror, A., Anwar, S. M., dan Hartati, A. (2022). "The role of social media in the political involvement of millennials." Spanish Journal of Marketing - ESIC, vol. 26, no. 1, hal. 61-79. doi: 10.1108/SJME-08-2021-0151.
Indika, D. R., dan Jovita, C. (2017). "MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN." Jurnal Bisnis Terapan, vol. 1, no. 01. doi: 10.24123/jbt.v1i01.296.
Sugiyono. (2019). "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D."
Ghozali, I. (2018). "Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25." Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hussein, A. S. (2017). "PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP SIKAP DAN NIAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK THE BODY SHOP DALAM FORUM FEMALE DAILY." Jurnal Penelitian, hal. 46-60.
Khaerunnisa, S. (2021). "Pengaruh Electronic Word Of Mouth (eWOM) Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Cirebon Di Tokopedia." Jurnal Penelitian, hal. 40-52.
Pahlevi, R. (2022, 18 Maret). "Nilai Transaksi E-Commerce Indonesia Diperkirakan Capai US$137,5 Miliar pada 2025." Databoks. Diakses dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/18/nilai-transaksi-e-commerce-indonesia-diperkirakan-capai-us1375-miliar-pada-2025.
Pijoh, C. M. (2017). "The effect of Maybelline social media marketing (Facebook, YouTube, Instagram) on consumer purchase decision." Jurnal EMBA, hal. 3855-3864.
Prasad, S. (2017). "Social media usage, electronic word of mouth, and purchase-decision involvement."
Priansa, D. J. (2017). "Komunikasi Pemasaran Terpadu." Bandung: Donni Juni Priansa.
Purwaningdyah, S. W. (2019). "Pengaruh electronic word of mouth dan food quality terhadap keputusan pembelian." Jurnal Manajemen, hal. 73-77..
Rahmadhani, R. (2018). "Pengaruh electronic word of mouth dan perceived risk terhadap keputusan pembelian pada konsumen Tokopedia."
Sari, N. (2017). "Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada toko online." Jurnal Manajemen, hal. 96-102.
Supriyadi, A. (2022). "Pengaruh electronic word of mouth dan persepsi nilai terhadap keputusan pembelian Bukalapak di Kota Bandung." Jurnal Manajemen, hal. 1-2..
Suwarduki, P. R. (2017). "Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan."
Sugiharto, S. A., & Hendratno. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Free Cash Flow, Dan Investment Opportunity Set Atas Nilai Perusahaan. Jimea, 6(3), 829–844.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.