DAMPAK DIGITAL MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA UMKM DI KOTA PANGKALPINANG

  • Yanto Yanto Universitas Bangka Belitung, Bangka
  • Rahil Imainul Aprilian Universitas Bangka Belitung, Bangka

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk menjelaskan dampak digital marketing terhadap brand awareness Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Pangkalpinang. Secara lebih spesifik, tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengidentifikasi platform sosial media mana yang paling banyak digunakan oleh UMKM dalam memasarkan produknya secara digital dan pengaruhnya terhadap brand awareness, 2). Menilai dampak digital marketing terhadap brand awareness pada UMKM di Kota Pangkalpinang, dan 3). Mengidentifikasi tantangan implementasi digital marketing yang dihadapi UMKM di Kota Pangkalpinang. Penelitian ini menggunakan google form dalam pengumpulan data penelitian. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan digital marketing berdampak positif dalam menciptakan brand awareness bagi UMKM di Kota Pangkalpinang. Dimana Facebook merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh UMKM di Kota Pangkalpinang untuk memasarkan produknya. Sementara itu, tantangan utama yang dihadapi UMKM dalam menerapkan digital marketing adalah kurangnya sosialisasi dari pemerintah daerah mengenai manfaat penggunaan digital marketing bagi usaha atau bisnis. Sehingga diharapkan kedepannya lebih banyak lagi sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah, baik melalui postingan sosial media maupun sosialisasi langsung yang diadakan di suatu tempat dengan mengundang UMKM sebagai peserta.

References

Agustika, S. (2022). Pelaku UMKM di Pangkalpinang Optimalisasi Go Digital. Babel News Id.
Alamsyah, D. P., Ratnapuri, C. I., Aryanto, R., & Othman, N. A. (2021). Digital marketing: Implementation of digital advertising preference to support brand awareness. Academy of Strategic Management Journal, 20(2), 1–10.
Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). PENGARUH DIGITAL MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008–2018.
Baruch, Y., & Holtom, B. C. (2008). Survey response rate levels and trends in organizational research. Human Relations, 61(8), 1139–1160.
Batubara, F. H. (2022). Utilization of Digital Technology in Developing Marketing Strategies for MSME Products. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 1344–1355.
Chandon, P. (2003). Note on measuring brand awareness, brand image, brand equity and brand value. Fontainebleau: Insead.
Çizmeci, F., & Ercan, T. (2015). The Effect of Digital Marketing Communication Tools in the Creation Brand Awareness By Housing Companies. Megaron, 10(2).
Cochran, W. (1963). Sampling Techniques (2nd ed.). John Wiley and Sons, Inc.
Hulland, J., Chow, Y. H., & Lam, S. (1996). Use of causal models in marketing research: A review. International Journal of Research in Marketing, 13(2), 181–197. https://doi.org/10.1016/0167-8116(96)00002-X
Lazuardi, A. R., TS, A. R., Sudaryo, Y., & Efi, N. A. S. (2022). ANALISIS PENERAPAN DIGITAL MARKETING TERHADAP CITRA PERUSAHAAN MELALUI KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(2), 1881–1899.
Lohr, S. L. (2021). Sampling: design and analysis. Chapman and Hall/CRC.
Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi digital marketing dalam membangun brand awareness. PRofesi Humas, 3(1), 1–20.
Olonde, J. O. (2017). Impact of digital marketing on sales growth of small and medium enterprises in Nairobi, Kenya. Doctoral dissertation, University of Nairobi.
Prasetyawati, Y. R., Setyaningtyas, E., Ayu, J. P., Sartika, K. D., & Adithia, S. (2021). Pelatihan Culinary Entrepreneur Dalam Mengembangkan Kinerja UMKM di Masa Pandemi. Journal Of Servite, 3(1), 31–43.
Rengganawati, H., & Taufik, Y. (2020). Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan. KOMVERSAL, 2(1), 28–50.
Rizqillah, M. (2020). Pengaruh promosi, kualitas dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk perlengkapan bayi Snobby di kota Batam. Prodi Manajemen.
Sapsford, R., & Jupp. (1996). Data collection and analysis (V). Sage Publications.
Silk, A. J. (2006). What is marketing? Harvard Business Press.
Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
Suharyanto, M. (2023). Data Digital Dunia dan Data Digital di Indonesia 2023. Kompasiana.
Thamwika, B. (2013). Marketing and PR in Social Media: How the utilization of Instagram builds and maintains customer relationships. Stockholm Universi ty.
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi pemasaran melalui media sosial instagram (studi deskriptif pada akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.
Wang, X., & Cheng, Z. (2020). Cross-sectional studies: strengths, weaknesses, and recommendations. Chest, 158(1), 565–571.
Yacub, R., & Mustajab, W. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce. Jurnal Manajerial, 12(2), 198.
Yoon, S. J. (2012). A Social network approach to the influences of shopping experiences on E-WOM. Journal of Electronic Commerce Research, 13(3), 213–223.
Published
2023-09-24
How to Cite
Yanto, Y., & Aprilian, R. (2023). DAMPAK DIGITAL MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA UMKM DI KOTA PANGKALPINANG. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 477-489. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3293