ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PENGGUNAAN LAYANAN FINTECH PADA MOBILE BANKING

  • Paramita Nindya Kirana Universitas Islam Indonesia
  • Nurfauziah Nurfauziah Universitas Islam Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan layanan fintech mobile banking pada objek Bank Syariah Indonesia. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menyebarkan kuesioner online yang tersebar di wilayah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling melalui metode purposive sampling, yakni dengan memilih sampel yang didasarkan pada kriteria yang telah ditentukan. Alat analisis yang digunakan yaitu PLS-SEM dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa facilitating condition, performance expectancy, dan social influence memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use pada BSI mobile banking. Sedangkan effort expectancy dan perceived risk tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap intention to use pada BSI mobile banking.

 

References

Abu-taieh, E. M., Alhadid, I., Abu-tayeh, S., & Alkhawaldeh, R. S. (2022). Continued Intention to Use of M-Banking in Jordan by Integrating UTAUT , TPB , TAM and Service Quality with ML. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3), 120. https://doi.org/10.3390/joitmc8030120
Ayu, N., Wardani, K., Putra, I. S., Akuntansi, P. S., Blitar, K., Timur, J., & Model, T. A. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BEHAVIORAL INTENTION TO USE PENGGUNAAN SOFTWARE AKUNTANSI. 5(2), 60–74.
Baptista, G., & Oliveira, T. (2015). Computers in Human Behavior Understanding mobile banking : The unified theory of acceptance and use of technology combined with cultural moderators. 50, 418–430. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.04.024
Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. Modern Methods for Business Research., 295.
Hadi, S. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan layanan. 55–67.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., & Ringle, C. M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling ( PLS-SEM ).
Heryanto, & Miharni Tjokrosaputro. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BEHAVIORAL INTENTION PENGGUNA MOBILE BANKING BCA: STUDI PADA GEN Y. 2015, 354–359.
Ibrahim, M. H., Khoirunnisa, A. N., Salsabiil, U. Z., & Business, I. (2022). THE INTENTION TO USE MOBILE BANKING DURING THE COVID-19 PANDEMIC : MODIFICATION OF THE. 5(01), 1–17.
Ivanova, A., Kim, J. Y., Klasifikasi, K., & Jel, C. (2022). Penerimaan dan Penggunaan Mobile Banking di Asia Tengah: Bukti dari Model UTAUT Modifikasi. 9(2), 217–227. https://doi.org/10.13106/jafeb.2022.vol9.no2.0217
Joseph F. Hair Jr, · G. Tomas M. Hult, C. M. R. M. S., & Ray, N. P. D. S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling ( PLS-SEM ) Using R.
Khoiriyah, I., Dian Apradika Kusumawati, & Indriasari, I. (2020). ANALISIS MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY (FINTECH) DI JAWA TENGAH. STABILITY Journal of Management & Business, 3(2), 48–57.
Lewis, N. K., Palmer, A., and Moll, A. (2010). Predicting young consumers` take up of mobile banking services. International Journal of Bank Marketing, 28(5), 410-432.
Lim, R., & Lady. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking di Batam. 5(1), 941–947.
Norafni, Bakri, M. H., Fianto, B. A., Zainal, N., & Shami, S. A. H. Al. (2021). Pengukuran dan pemodelan struktural pada faktor-faktor Islam milenial di Malaysia. https://doi.org/10.1108/JIMA-09-2020-0279
Prof.H.Imam Ghozali, M.Com, Ph.D, CA, A. (2020). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25.
Rachmawati, I. K., Bukhori, M., Majidah, Y., Hidayatullah, S., & Waris, A. (2020). Analysis Of Use Of Mobile Banking With Acceptance And Use Of Technology ( Utaut ). September.
Rahadi, D. D. R. (2020). financial Technology. PT. Filda Fikrindo.
Rahmah, N. M., & Istiqomah. (2020). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BEHAVIORAL INTENTION PADA PENGGUNAAN MOBILE BANKING SYARIAH. 18108020020.
Safitri, T. A. (2023). PENGARUH MANFAAT DAN KEMUDAHAN TERHADAP. 12, 112–122. https://doi.org/10.34127/jrlab.v12i1.713
Shadiq, N., & Sudarsono, H. (2022). Analisis Niat Nasabah Bank Syariah untuk Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 14(1).
Shafly, N. A. (2020). PENERAPAN MODEL UTAUT2 UNTUK MENJELASKAN BEHAVIORAL INTENTION DAN USE BEHAVIOR PENGGUNAAN MOBILE BANKING DI KOTA MALANG.
Susilowati, A., Rianto, B., Wijaya, N., & Sanny, L. (2021). Effects of UTAUT 2 Model on the Use of BCA Mobile Banking in Indonesia. 12(10), 686–694.
Syed Ali Raza, Shah, N., & Ali, M. (2018). Acceptance of mobile banking in Islamic banks : evidence from modified UTAUT model. March 2019. https://doi.org/10.1108/JIMA-04-2017-0038
Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. 27(3), 425–478.
Yuspita, R., Pebruary, S., Zahra, A., & Kamala, H. (2019). The society’s perceptions on the use of fintech services in sharia financial institutions. 5(2), 87–92. https://doi.org/10.20885/JEKI.vol5.iss2.art6
Yuwono, W., Oktovian, N., Batam, U. I., Batam, U. I., Use, O., Risk, P., Security, P., Usefulness, P., Security, P., Intention, B., Ease, P., Use, O., Risk, P., & Security, P. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intention Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking. 1(1), 2191–2206.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2023-08-26
How to Cite
Kirana, P., & Nurfauziah, N. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT PENGGUNAAN LAYANAN FINTECH PADA MOBILE BANKING. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1811-1833. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3281