PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERJADAP MINAT BELI DI SOSIAL MEDIA TIKTOK

  • Natassya Salsabilla Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta
  • Trisni Handayani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli. Dalam penelitian ini populasinya adalah konsumen yang pernah belanja di aplikasi TikTok, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu proposive sampling. Uji instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabelitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas. Uji analisis yang digunakan yaitu regresi linear, uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan uji R. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Online Customer Review berpengaruh positif terhadap minat beli di aplikasi TikTok, dibuktikan dengan thitung adalah 12,411 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 ; (2). koefisien korelasi’(R) sebesar 0,788 menunjukkan indikasi keberadaan yang kuat antara variabel (X) dan variabel (Y). Mengenai hasil berdasarkan output tersebut, besaran’pengaruh’atau’koefisien determinasi’ (R Square) ditunjukkan oleh’variabel kualitas produk (X) terhadap minat beli (Y) sebesar 0,621 atau 62,1%, sedangkan sisanya 37,9% dipengaruhi oleh variabel’yang tidak diteliti dalam penelitian.

References

Adisetiawan, R., 2017, Globalisasi Pasar Modal Dunia dan Pengaruhnya Terhadap Pasar Modal Indonesia, Ekonomis: Jurnal of Economics and Business, 1(1): 10-17
Adisetiawan, R., 2012, Kausalitas BI Rate, Inflasi, dan Indeks Harga Saham, Manajemen & Bisnis, 11(2), 256-265
Achsani, N.A., O. Holtemöller and H. Sofyan, 2005. Econometric and Fuzzy Modelling of Indonesian Money Demand. in: Pavel Cizek, Wolfgang H., and Rafal W. Statistical Tools For Finance and Insurance. Berlin Heidelberg, Germany: Springer-Verlag
Acep Samsudin, R. H. (2022). Pengaruh Strategi Digital Marketing dalam Keputusan Pembelian Produk Camille melalui Marketplace Shopee. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.
Azizah, L., Gunawan, J., & Sinansari, P. (2021). Pengaruh Pemasaran Media Sosial TikTok terhadap Kesadaran Merek dan Minat Beli Produk Kosmetik di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 10(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v10i2.73923
Danilo Gomes de Arruda. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Marketplace Shopee dengan Minat Beli SebagaI Variabel Intervening: Studi Pada Generasi Muda Surabaya. 5, 6.
Didik Gunawan. (2021). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Sosial Media Marketing. ISBN.978-623.99228-8-7
Fadhilah, et al., (2023). Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Hedonic Shoping Motivation, Shoping Lifestyle, Online Customer Review pada Produk Fashion di Shopee (Studi Pada Konsumen Market Place Shopee). J-MAS: Jurnal Manajemen & Sains, 8(1), 135-142.
Fahmi, M. R., Djatmika, E. T., & Kusdiyanti, H. (2021). Inovasi Produk: Peningkatan Kinerja Pemasaran. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(9), 1341. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i9.14977
Gabriela, Y., & Mulyandi, M. R. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Pelanggan E-Commerce. Jurnal Jempper : Jurnal Ekonomi, Manajemen Parawisata Dan Perhotelan, 1(1), 121–125.
Kholid Akbar (2021). Monograf Manajemen Retail dan Kewiranegaraan. Guepedia
Muhamad Reza Mauli, & Zulfebriges. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Media Online Shopee terhadap Minat Beli Konsumen Brand Erigo. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 49–53. https://doi.org/10.29313/jrmk.v2i1.1006
Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538
Nisa, S., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Produk Wardah Di Situs Belanja Online Shopee. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 927– 944. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i5.1179
Nufus, H., & Handayani, T. (2022). STRATEGI PROMOSI DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Kasus Pada TN Official Store). Jurnal EMT KITA, 6(1), 21–34. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.483
Nugroho (2023). Perilaku Konsumen. Prenanda Media Group.
Putu & Kerti (2023). Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan dan Niat Beli Ulang. Media Pustaka Indo
Rahmadini, A., & Muslihat, A. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan E- service Quality terhadap Minat Beli pada Marketplace Lazada di Media Sosial Facebook. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), 1739–1761.
https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i6.1073
Riyanjaya, N. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Produk Wardah Di Situs Belanja Online Shopee. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 927–944. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i5.1179
Roisah, R., Meliawati, Y., & Angliawati, R. Y. (2021). Meningkatkan Minat Beli Melalui Brand Ambassador. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(1), 7–19.
Samantha, R., & Almalik, D. (2019). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SHOPEE. Tjyybjb.Ac.Cn, 3(2), 58–66.
http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Sugiyono. (2018). Research Method Qualitative, Quantitative, Mixed Methods, Research And Development. Alfabeta.
Syah, M. A., & Indriani, F. (2020). ANALISIS PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK (Studi Kasus pada Pengguna Famaledaily Indonesia). Diponegoro Journal of Management, 9(3), 1–9. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Theresia Pradiani (2023). Strategi Pemasaran Digital. PT Literasi Nusantara Abadi Group
Wildan J & Sugeng. (2022). Pengaruh Keamanan dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Lazada. J-MAS: Jurnal Manajemen dan Sains, 7 (2), 746-751.
Yanti Febrini, I., Widowati PA, R., & Anwar, M. (2019). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Di Warung Kopi Klotok, Kaliurang, Yogyakarta. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 35–54. https://doi.org/10.18196/mb.10167
Zayyan, S., & Saino. (2021). The Effect of Using the Tik Tok Application as a Promotional Medium and The Glow Up Trend on Interest in Buying Beauty Products. Jurnal Manajemen, 13(2), 282–29
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2023-08-22
How to Cite
Salsabilla, N., & Handayani, T. (2023). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERJADAP MINAT BELI DI SOSIAL MEDIA TIKTOK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1759-1769. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3272