PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI WAROENG PAK MUH CIJANTUNG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh sosial media instagram terhadap keputusan pembelian. Dalam penelitian ini populasinya adalah konsumen yang pernah membeli produk di warung pak Muh cabang Cijantung, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu proposive sampling. Uji instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabelitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas. Uji analisis yang digunakan yaitu regresi linear sederhana, uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji T dan uji R. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sosisal media instagram berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian di warung pak Muh Cijantung, dibuktikan dengan thitung adalah 11,859 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 ; (2). koefisien korelasi (R) sebesar 0,481 menunjukkan indikasi keberadaan yang kuat antara variabel (X) dan variabel (Y). Mengenai hasil berdasarkan output tersebut, besaran pengaruh atau koefisien determinasi (R Square) ditunjukkan oleh variabel kualitas produk (X) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,481 atau 48,1%, sedangkan sisanya 51,9% dipengaruhi oleh variabel’yang tidak diteliti dalam penelitian seperti WOM (Word Of Mouth), Endorsement, Kualitas Produk, Kualitas Rasa, Harga, Dll.
References
Abdullah. (2021). Moderasi Makro Ekonomi dalam Pengaruh Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Keuangan di Bursa Efek Indonesia RATA-RATA PERTUMBUHAN ASSET (%) RATA-RATA HARGA SAHAM. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 5(1), 663–676.
Abdullah. (2021). Moderasi Makro Ekonomi dalam Pengaruh Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Keuangan di Bursa Efek Indonesia RATA-RATA PERTUMBUHAN ASSET (%) RATA-RATA HARGA SAHAM. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 5(1), 663–676.
Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(3), 38–51.
Anwar, A., Bakhtiar, B., & Irsan, M. (2018). Perencanaan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor. Industrial Engineering Journal, 3(1), 30–36.
Arutama, A., Kurniawati, FitriRakhmah, O., & D. (2022). Pengaruh Harga , Kualitas Produk , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Kuliner Gemek Kedungwuni. Jurnal Sahmiyya, 1, 246– 256.
auran, Rishona Hanael and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., MP. and Dr. Ir. Agustina Shinta Hartati, W., M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kooka Coffee Yang Dimediasi Brand Image. 02, 56–65.
Batee, M. M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Kaos Nias Gunungsitoli. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(2), 313–324. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.108
Cay, S., & Irnawati, J. (2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (studi kasus UMKM di Tangerang Selatan). Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni &b Teknologi, 4(2), 160–170. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.132
Deliani, D. (2019). Kegiatan Promosi Perpustakaan Kementerian Sekretariat Negara Melalui Media Sosial Instagram @perpustakaansetneg. Perpustakaan.Setneg.Go.Id, April 2019, 1–15.
Dilasari, E. M., Yosita, G., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Cita Rasa Dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa Bandar Lampung. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 25–42. https://doi.org/10.24042/revenue.v3i1.10448
Hamid, S. (2017). Analisis Program Pemasaran Produk Umkm Dodol Garut. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 2(1), 82–112.
https://doi.org/10.36805/manajemen.v2i1.164
Johan Johan, Maradonald Maradonald, & M. Rachman Mukyandi. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada @Basoacicuankiaa Di Sepatan Tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 01–06. https://doi.org/10.51903/jimeb.v1i2.331
Latief, F., Firman, A., & Dirwan. (2023). Keputusan Pengguna Gopay dari Aspek E-Service Quality , Promosi dan Harga. Jurnal Ekombis Review, 11(1), 391–400.
Legendari, M. A., & Raharjo, H. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Bangun Ruang Kubus Dan Balok Kelas Viii Di Smp N 1 Ciledug. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 5(1). https://doi.org/10.24235/eduma.v5i1.683
Mahyus. (2022). Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian EnakSayang Kedai di Kota Makassar. YUME : Journal of Management, 5(2), 385–405. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.345
Nasrullah, Rulli (2015) Media Sosial; Persepektif Komunikasi, Budaya, dan Sosio Teknologi Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Odyani, N., & Saputri, M. E. (2019). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSANEMBELIAN DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ( Studi Kasus Mayoutfit Pada Produk Online shop Bandung ) The Effect Of Celebrity Endorser Of The Purchasing Decision In Media Instagram ( The Case Mayoutfit on Products On. E-Proceeding of Management, 6(1), 1044–1049.
Parenden, A., & Hatidja, S. (2022). Pelatihan Pengenalan Inovasi Usaha Melalui Sosial Media di Desa Lamanda Kab Bulukumba. 2(2), 242–248.
Reniati, I., Agustin, R., Suryani, D., Risdiana, R., & Trisnawati, O. (2022). Penggunaan Istagram Sebagai Media Interaksi Sosial Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi 2019 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ( Studi Kasus Ragam Sosial Budaya Perspektif dan Konteks Psikologi Sosial ). 2022(14), 363–370.
Salim, A., Gata, W., Hilman Fakhriza, M., Sri Rhayu, C., Budiarto, A., & Studi Magister Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri Jakarta, P. (2022). Analisis Sentiment Instagram Menggunakan Metode Support Vector Machine Berbasis Grid Search Algorithm (GSA). 466–472.
https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/smartcomp/article/view/3899
Shaleha, K., & Panggabean, D. S. (2022). Pengaruh Pembiayaan Pendidikan Terhadap Kualitas Pendidikan Di SD Siburbur Kabupaten Tapanuli. 35–46.
Sjoraida, D. F., Dewi, R., Adi, A. N., & Dipa, A. K. (2021). Penggunaan media sosial dalam membangun reputasi anggota legislatif di Jawa Barat. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 6(1), 89.
https://doi.org/10.24198/prh.v6i1.32112
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung; Alfabeta.
Tauran, Rishona Hanael and Dr. Dwi Retno Andriani,, SP., MP. and Dr. Ir. Agustina Shinta Hartati, W., M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kooka Coffee Yang Dimediasi Brand Image. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189020
Widiawati, A. (2017). Pengaruh citra merek dan promosi penjualan melalui media sosial instagram terhadap keputusan pembelian pada laundry 5Asec cabang Makassar. Ilmiah BISNIS, 6(2), 207–219.
http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/894889
Yuliarti, M. S., Rahmanto, A. N., Naini, A. M. I., Priliantini, A., Anshori, M., & Hendriyani, C. T. (2020). Workshop Citizen Journalism sebagai Penguatan Potensi Ekonomi di Kalangan Karang Taruna Desa Hadiluwih, Sragen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2). https://doi.org/10.30999/jpkm.v10i2.958
Zubaidah, I., & Latief, M. J. (2022). Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen E-commerce Shopee di Lingkungan RT08/RW10 Sriamur Bekasi. Jurnal EMT KITA, 6(2), 324–333.
http://journal.lembagakita.org/index.php/emt/article/view/674
Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran. (2023). (n.p.): Global Eksekutif Teknologi.
Kiat membuat promosi penjualan secara efektif dan terencana: langkah praktis mempersiapkan promosi penjualan dan perusahaan fasa. (2005). Indonesia: Elek Media Komputindo.
Efisien Pemasaran dan Ketahanan Pangan. (2022). (n.p.): Syiah Kuala University Press.
Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. (2020). (n.p.): Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group).
Optimalisasi Instagram Sebagai Media Marketing: Potret Penggunaan Instagram sebagai Media Pemasaran Online pada Industri UKM. (2021). (n.p.): CV. Cendekia Press.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.