PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA URBANS TRAVEL

  • Firga Alia Mumtaza Universitas Telkom, Bandung
  • Heppy Millanyani Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Urbans Travel. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif, dengan tujuan penelitian deskriptif, karakteristik penelitian yang digunakan pada dimensi waktu cross sectional method, berdasarkan univ analisis individu. Sampel penelitian merupakan pelanggan dari Urbans Travel sejumlah 385 orang, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa empat dimensi dari kualitas pelayanan yakni assurance, reliability, empathy, responsiveness, serta tangible yang memiliki nilai yang positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dimensi yang berpengaruh paling besar yaitu dimensi tangible. Artinya jika pihak Urbans Travel meningkatkan dimensi tangible maka kepuasan pelanggan akan meningkat sebesar 51,0%.

References

Alma, B. (2014). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta, CV.
Ananda, C. (2022, November 29). Pariwisata: Kapan Bangkit ? From Faculty of Economic and Business: https://feb.ub.ac.id/id/pariwisata-kapan-bangkit.html
Aryamti, A., & Suyanto, A. (2019). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Pada Kepuasan Pelanggan Klinik Kecantikan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. e- Proceeding of Management, 133.
CEIC. (2022, 10). Indonesia Kunjungan Wisatawan. From CEIC : https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/visitor-arrivals
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa. Surabaya: CV BUDI UTAMA.
Imanuel, B., & Tanoto, S. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di PT Hastaco Tour and Travel. Agora, 8.
Indonesia, P. I. (2022, 9 28). Peringkat Pariwisata Indonesia Naik Pesat. From INDONESIA.GO.ID: https://indonesia.go.id/kategori/editorial/5975/peringkat-pariwisata-indonesia-naik-pesat?lang=1
Irawan, H., & Ganiza, R. (2021). Analyzing Tourist’s Movement in Sarbagita Metropolitan Area based on Geotagged Photo in Flickr. ACM International Conference Proceeding Series, 60 https://doi.org/10.1145/3493287.3493296.
Ismail, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Geger Kalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA, 2 https://doi.org/10.31955/mea.513.1479.
Kotler , P., & Keller, K. (2016). Marketing Management. New York: Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: ANDI (Anggota Ikapi). Nawangsari, E., & Purnami, F. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada
Natra Tour and Travel. Jurnal Accounting, 1-6.
Nugroho. (2020). Beberapa Masalah Dalam Pembangunan Sektor Pariwisata Di Indonesia. Pariwisata, 124 http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana .
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfrabi. Sugiyono. (2018). Metode Peneltian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukriah, E. (2014). Pariwisata sebagai sektor unggulan kota Bandung . Manajemen Resort & Leisure, 1-10. Suyanto, A., & Femi, S. (2023). Analysis of The Effect of Impulsive Purchase and Service Quality on
Customer Satisfaction and Loyalty in Beauty E-Commerce. Quality Access to Success, 19 DOI: 10.47750/QAS/24.194.03.
Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET. Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Anggota IKAPI.
Wirakusumah, R., & Milanyani, H. (2022). The Effect of Social Media Marketing towards Consumer Purchase Intention With Consumer Engagement as Mediating Variable: Study Case on the Papandayan Hotel Consumers. The International Journal Of Business & Management , 160 DOI No 10.24940/theijbm/2022/v10/i8/BM2208-032.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2023-08-15
How to Cite
Mumtaza, F. A., & Millanyani, H. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA URBANS TRAVEL. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1645-1661. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3242