MENCIPTAKAN HYPE ATAU BUZZ MELALUI INSTAGRAM TOURISM UNTUK MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA “HIDDEN GEM”

  • Cucu Hayati STIE Mahardhika Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan strategi hype/buzz dalam Instagram sebagai strategi promosi destinasi wisata Hidden Gem. Melalui pendekatan kualitatif dan teknik analisis etnografi virtual dan SWOT, penelitian ini mengidentifikasi pengaruh strategi hype/buzz dalam meningkatkan minat dan niat wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata yang belum terkenal namun memiliki daya tarik yang unik dan autentik. Data dikumpulkan melalui studi literatur, observasi online, dan analisis konten pada akun Instagram @wisata_mojokerto. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Instagram Tourism dapat menjadi alat yang efektif dalam mengubah destinasi wisata "hidden gem" menjadi tujuan yang diminati oleh wisatawan. Strategi 4P (product, price, place dan promotion) yang dipilih oleh akun @wisata_mojokerto melahirkan buzzer yang dapat memanfaatkan potensi visual dan daya tarik konten yang kuat, sehingga mampu menciptakan hype dan buzz yang positif, membawa manfaat ekonomi dan sosial bagi Mojokerto sebagai destinasi wisata yang berkembang.

References

Alfonsius, A., Depari, G. S., & Huang, J. P. (2021). Marketing Mix and Repurchase Intention of Cafe Industry During Covid-19: A Statistical and Data Mining Analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(2), 209–224. https://doi.org/10.24252/minds.v8i2.22171
Atiq, M., Abid, G., Anwar, A., & Ijaz, M. F. (2022). Influencer Marketing on Instagram: A Sequential Mediation Model of Storytelling Content and Audience Engagement via Relatability and Trust. Information (Switzerland), 13(345), 1–19. https://doi.org/10.3390/info13070345
Dewi, I. C. (2022). Pengaruh Strategi Digital Marketing Desa Wisata (DESWITA) Di Jawa Timur. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(2), 2022.
Dewi, L., & Muharam, A. R. (2022). Development Strategy North Toraja’s Hidden Gem In Lembang Nonongan. International Journal of Social Science, 2(1), 1081–1088. https://doi.org/10.53625/ijss.v2i1.2303
Edwin Saputra, J., & Putri Kusumaningrum, A. (2022). Analisis SWOT Penggunaan Media Online Instagram Sebagai Alat Promosi Di Cafe Kopipapi Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 1802–1818.
Erlina, & Hermawan, D. (2021). Marketing Mix on Customer Loyalty at Coffee Shop in Bandung. Aptisi Transactions on Management (ATM), 5(1), 89–96. https://doi.org/10.33050/atm.v5i1.1488
Handayani, F., & Adelvia, K. (2020). Instagram Tourism: Menciptakan Hype Pada Destinasi Wisata (Studi Pada Akun @indoflashlight). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(2), 105–118. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2856
Handini, V. A., & Dunan, A. (2021). Buzzer as the Driving Force for Buzz Marketing on Twitter in the 2019 Indonesian Presidential Election. International Journal Of Science, Technology & Management, 2(2), 479–491. http://ijstm.inarah.co.id
Irudayaraj, S. A. J. (2020). The Role Of Social Media In The Expression And Transmission Of Specific Cultural Elements Among College Students In Tamil Nadu. International Journal of Research and Analytical Reviews, 7(1), 400–408. www.ijrar.org
Leila, C., & Abderrazak, G. (2013). The Impact of the Effectiveness of a Buzz Marketing Campaign on the Image, Awareness and Purchasing Decision: The Moderating Role of Involvement. Journal of Marketing Research and Case Studies, 2013(2013), 1–8. https://doi.org/10.5171/2013.584547
Loach, K., Rowley, J., & Griffiths, J. (2020). Hidden Gems? The Cultural Contribution of Independent Libraries in the United Kingdom and the United States. Journal of Librarianship and Information Science, 52(4), 1073–1085. https://doi.org/10.1177/0961000620902252
Magano, J., & Cunha, M. Z. N. (2019). Mobile Apps and Travel Apps on The Tourism Journey. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 8(5), 1–17. http//:www.ajhtl.com
Mulianingsih, M., Nabila, F., & Iftikhar, G. F. (2022). Social Media and Culinary: Analysis of @jktfoodbang as A Culinary Recommendation Platform. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 3(1), 7. https://doi.org/10.37535/103003120222
Pertiwi, W. N. B., & Lusianingrum, F. P. W. (2022). Generasi Z Memanfaatkan Media Social Dalam Menentukan Pulau Tunda Sebagai Tujuan Wisata Pasca Pandemic Covid-19. Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 891–904.
Purwanto, A., Sulaiman, A., & Fahmi, K. (2023). The Role of Buzz and Viral Marketing on SMEs Online Shop Marketing Performance: CB-SEM AMOS Analysis. International Journal of Social And Management Studies (IJOSMAS), 4(3), 1–7.
Puspitayani, L. M. S., & Maradona, A. F. (2023). Instastory Instagram Dan Keputusan Pembelian Online. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 7(1), 217–235.
Ramadhan, A. F. P., & Munawar, F. (2022). Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Artomoro Motor Cimahi). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 2272–2295.
Sahir, S. H., & Rosmawati. (2020). Improve Marketing Mix for Marketing Plan Strategic in Coffeeshop Business. Management Analysis Journal, 9(4), 459–466. http://maj.unnes.ac.id
Suwardi, A., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Kimber (@kimbershoes). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(2), 114–156.
Zulkifli, A. H., Mazlan, N. H., Talhah, H. F., A.W, M. F., Ismail, W. R. W., & Md Nor, N. (2020). Local Malay Snacks And Desserts: The Hidden Gems Of Terengganu. ESTEEM Journal of Social Sciences and Humanities, 4, 125–131.
Published
2023-07-22
How to Cite
Hayati, C. (2023). MENCIPTAKAN HYPE ATAU BUZZ MELALUI INSTAGRAM TOURISM UNTUK MEMPROMOSIKAN DESTINASI WISATA “HIDDEN GEM”. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1525-1537. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3214