IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT IMPLEMENTASI TRANSFORMASI DIGITAL PADA UMKM
STUDI KASUS HOTEL FLAMBOYAN INDAH
Abstract
Transformasi digital merupakan langkah bagi perusahaan untuk beradaptasi dengan era digital. Namun, tidak semua perusahaan dapat dengan mudah mengimplementasikan transformasi digital, khususnya di industri perhotelan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penghambat apa saja yang dialami oleh Hotel Flamboyan Indah saat melakukan transformasi digital. Penelitian ini menggunakan faktor-faktor penghambat transformasi digital, yaitu (1) Sumber Daya Manusia (SDM), (2) teknologi, (3) keterkaitan TI dengan proses bisnis, dan (4) kepemimpinan digital. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara mendalam dengan tiga narasumber internal dari pihak Hotel Flamboyan Indah dan satu narasumber eksternal yang dijadikan sebagai benchmark. Hasil penelitian menunjukan bahwa tiga dari enam variabel yang diteliti merupakan faktor yang menghambat Hotel Flamboyan Indah dalam melakukan transformasi digital. Faktor yang menjadi hambatan yaitu yaitu (1) Keahlian IT, (2) Keterkaitan TI dengan proses bisnis, dan (3) Kepemimpinan digital, sedangkan faktor lainnya tidak menghambat. Hotel Flamboyan Indah diharapkan fokus dalam mengatasi tiga variabel yang menjadi hambatan dalam transformasi digital dan bagi penelitian yang akan datang diharapkan dapat dilakukan pada bidang usaha lain.
References
Anggadwita, G., Suganda, G. A. D., Azis, E., & Bagus Profityo, W. (2021). The Implementation of Technology Capabilities, Agile Leadership and Innovation Ambidexterity to Improve SMEs’ Sustainability in Bandung. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 125–135.
BankIndonesia. (2022). Konsumennya Saja Sudah Digital, UMKM-nya Juga Dong! https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/Konsumennya-Saja-Sudah-Digital-UMKM-nya-Juga-Dong.aspx
Fitzgerald, M., Kruschwitz, N., … D. B.-M. sloan, & 2014, undefined. (2013). Embracing digital technology: A new strategic imperative. Emergenceweb.Com. https://emergenceweb.com/blog/wp-content/uploads/2013/10/embracing-digital-technology.pdf
Indrawati. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Rachmi, Ed.; 1st ed., Vol. 1). PT Refika Aditama.
Journalgamas. (2022). Pasca Pandemi Covid-19, Wisatawan Yang Berkunjung Ke Kabupaten Kuningan Mengalami Peningkatan. https://www.journalgamas.com/2022/12/pasca-pandemi-covid-19-wisatawan-yang.html
Katadata. (2019). Memajukan Perhotelan di Era Digital untuk Pemberdayaan Ekonomi Daerah - Analisis Data Katadata.co.id. https://katadata.co.id/timpublikasikatadata/analisisdata/5e9a57afa1f45/memajukan-perhotelan-di-era-digital-untuk-pemberdayaan-ekonomi-daerah
Kompas. (2020). Fenomena OYO dkk, Bisnis Hotel Melati Terancam? - Kompas.com. https://amp.kompas.com/money/read/2020/01/20/110700226/fenomena-oyo-dkk-bisnis-hotel-melati-terancam
Kwon, E. H., & Park, M. J. (2017). Critical Factors on Firm’s Digital Transformation Capacity: Empirical Evidence from Korea. International Journal of Applied Engineering Research, 12, 12585–12596. http://www.ripublication.com
Lutfiansyah, Tricahyono, & Djatmiko. (2020). STUDY OF IDENTIFICATION OF THE INHIBITING FACTORS OF DIGITAL TRANSFORMATION IN MICRO SMALL AND MEDIUM ENTERPRISE (Case Study on Proshop and Wellborn). E-Proceeding of Management, 7(2).
Matt, C., Hess, T., & Benlian, A. (2015). Digital Transformation Strategies. Business and Information Systems Engineering, 57(5), 339–343. https://doi.org/10.1007/S12599-015-0401-5
Osmundsen, K., Iden, J., & Bygstad, B. (2018). Digital transformation: Drivers, success factors, and implications. MCIS 2018 Proceedings, 37. https://aisel.aisnet.org/mcis2018/37/
Panjaitan, B., & Yadiman. (2019). Manajemen Strategis (1st ed., Vol. 1). LEKKAS.
Pradisti, L., Suparno, C., & Suwandari, L. (2022). MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN MELALUI DIGITAL CONTENT MARKETING DAN TRANSFORMASI DIGITAL PADA UMKM MAKANAN DI BANYUMAS. Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 24(4). https://doi.org/https://doi.org/10.32424/jeba.v24i4.3480
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D) (S. Yustiani, Ed.; 3rd ed., Vol. 1). Alfabeta, CV.
wakil, abdul, Retno, rusnandari, & Harto, budi. (2022). Transformasi Digital Dalam Dunia Bisnis (1st ed.). PT Global Eksekutif Teknologi. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=cbOYEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP4&dq=transformasi+digital+meningkatkan+performa+bisnis&ots=74O4QCu5B4&sig=1Zo8nBycs-3CRnD7z4CbJDOcIIo&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Wantiknas. (2020). WANTIKNAS - Transformasi Digital Untuk UMKM. http://www.wantiknas.go.id/id/berita/transformasi-digital-untuk-umkm
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.