Pengaruh Variabel - Variabel dalam Konsep Susceptibility to Global Consumer Culture Terhadap Minat Beli Produk Topshop
Abstract
Pola hidup modern yang dipengaruhi perkembangan teknologi menjadikan masyarakat lebih melek terhadap produk-produk global yang semakin marak berkembang dan memperluas pasarnya. Perubahan pola hidup tersebut berdampak pada kecenderungan mereka dalam mengkonsumsi merek-merek global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel dalam konsep Susceptibility to Global Consumer Culture yang diantaranya conformity to social norms, quality perception, brand credibility, social prestige, dan internet technology readiness terhadap minat beli produk Topshop secara simultan dan parsial. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kausal dengan metode kuantitatif, sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif variabel conformity to social norms, quality perception, brand credibility, social prestige, internet technology readiness dan minat beli secara keseluruhan berada dalam kategori baik. Hasil teknik analisis regresi linier berganda menunjukkan besarnya pengaruh simultan conformity to social norms, quality perception, brand credibility, social prestige, dan internet technology readiness adalah sebesar 54,1% terhadap minat beli. Secara parsial conformity to social norms, quality perception, brand credibility, social prestige, dan internet technology readiness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Besarnya pengaruh paling tinggi yaitu internet technology readiness dan pengaruh paling rendah yaitu conformity to social norms
References
Kurniaratri, A and”Sanawiri, B (2017).” Pengaruh Susceptibility to Global Consumer Culture (SGCC) terhadap Minat Beli Konsumen,”Jurnal Pemasaran Universitas Brawijaya Vol.50”
Merino, M. (2015). A Model of Susceptibility to Global Consumer Culture. E-Journal International Vol.17
Pratika, N., Welsa, H & Cahyani, P. (2020) Pengaruh Beauty Vlogger dan Brand Image terhadap Purchase Decision melalui Purchase Intention. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen & Akuntansi), Vol 4(2)
Priyatno, D. (2014) SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta. Andi
Topshop Topman Revenue (2018). craft.co/topshop/metrics diakses 12 Oktober 2019
Triansyah, D. (2016). Sekilas WTO.‘Direkorat “Perdagangan dan Perindustrian Multilateral (Direktorat Jenderal Multilateral Ekonomi Keuangan dan Pembangunan).”
Zhou and Poon. (2011). Susceptibility to Global Consumer Culture: a Cross-Cultural Study,“in Asia Pacific Advances in Consumer Research Vol. 9.
Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.