PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. ANUGRAH KARUNIA LOGISTIK

  • Nunky Junior Seaman Mangiri Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar
  • Luana Sasabone Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Anugrah Karunia Logistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 150 responden yang merupakan pelanggan PT Anugrah Karunia Logistik. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perusahaan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Anugrah Karunia Logistik. Selain itu, citra perusahaan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap loyalitas pelanggan dibandingkan dengan kualitas pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada PT Anugrah Karunia Logistik untuk terus meningkatkan citra perusahaan dan kualitas pelayanannya guna mempertahankan loyalitas pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, penelitian ini dapat menjadi referensi bagi perusahaan lain dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

References

Abdurrokhman Sidiq, A., Sugiharto, I. S., Sugiharto, I. S., Mustabihatun Umriyah, S. E. I., & Umriyah, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ulasan Produk Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Website Shopee (Studi Kasus: Konsumen di RSI Fatimah Cilacap).
Fitria, S. S. (2022). Analisis Service Quality Dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Ekspedisi (Doctoral dissertation, STIE Ekuitas).
Hardiyanti, A. A. (2023). Pengaruh Customer Capital Dan Orientasi Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Hasanuddin Makassar)= The Influence Of Customers Capital And Service Orientation To Customer Loyalty Through Shopee Customer Satisfaction (Studies Case: Masters Management’s Student Program Ofeconomy And Business Faculty Of Hasanuddin University Makassar) (Doctoral Dissertation, Universitas Hasanuddin).
Jalal, M. M. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Dengan Pendekatan Metode Servqual Dan Customer Satisfaction Indeks (CSI) (Studi Kasus Pada PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Jogyakarta).
Nur, Z. (2016). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Perdana Swalayan Medan (studi kasus tentang produk dan pelayanan berbasis nilai-nilai syariah) (Doctoral dissertation, Pascasarjana UIN Sumatera Utara).
Pradana, T. (2023). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas dengan religiusitas sebagai variabel moderasi: Studi pada Koperasi BMT Sarana Wiraswasta Muslim Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
PRIYANTINI, A. M., & Astuti, S. P. (2022). Pengaruh Dimensi Electronic Service Quality (E-Servqual) Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Aplikasi Pos Aja! Di Kabupaten Boyolali (Doctoral dissertation, FEBI/MBS).
Suwarti, S. (2022). Pengaruh Kualitas Harga, Promosi, Lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk gadai emas. Studi kasus pada nasabah PT Pegadaian (Persero) UPC Sumpiuh Banyumas (Doctoral dissertation, UIN Prof KH Saifuddin Zuhri).
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2023-07-13
How to Cite
Mangiri, N., & Sasabone, L. (2023). PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. ANUGRAH KARUNIA LOGISTIK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1346-1352. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3177