PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN LINKAJA
Abstract
Dalam kemajuan di bidang perekonomian yaitu berkembangnya system pembayaran yang secara bertahap dapat mengubah uang tunai untuk metode pembayaran menjadi bentuk pembayaran non tunai yang lebih efektif serta efisien. Perkembangan penyedia jasa dompet digital (e-wallet) di Indonesia juga pesat ditandai dengan besarnya persaingan antar penyedia jasa dompet digital (e-wallet) untuk menjadi top of mind atau menjadi yang paling sering digunakan oleh kalangan pengguna Indonesia. LinkAja adalah salah satu dari penyedia e-wallet menggunakan aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah transaksi penggunanya. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini ialah guna menganalisis adanya pengaruh antara brand awareness serta brand image terhadap keputusan penggunaan aplikasi LinkAja. Metode penelitian yang dijalankan didalam penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausalitas. Data diperoleh dari hasil penyebaran kusioner kepada 385 responden yang menjadi sampel penelitian dengan menerapkan metode non-probability sampling, kemudian, data dianalisis dengan menerapkan teknik analisis deskriptif serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian memperlihatkan jika brand awareness serta brand image berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan pelayan LinkAja. Serta ditemukan hasil yang memperlihatkan jika variabel brand awareness (X1) dan brand image (X2) memiliki pengaruh terhadap keputusan penggunaan layanan (Y) LinkAja sebesar 55,35%, sementara sisanya sebesar 44,65% merupakan pengaruh dari variabel-variabel lainnya penulis tidak teliti.
References
Aditiansa, F. J., & Dermawan, R. (2022). Effect Of Brand Awareness, Promotion And Ease Of Use Perceptions On Decisions To Use Linkaja E-Wallet. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jeb
Alamsyah, A., Ramadhani, D. P., & Kristanti, F. T. (2020). Event-Based Dynamic Banking Network Exploration for Economic Anomaly Detection. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 98(7), 1089–1100. https://doi.org/https://doi.org/10.48550/arXiv.2103.03120
Choiruman, D., & Widaningsih, S. (2022). THE INFLUENCE OF BRAND AWARENESS AND BRAND IMAGE ON INDIHOME PRODUCT PURCHASE DECISIONS (Case Study of PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Graha Merah Putih Bandung in 2022).
Cimb Niaga. (2021). Apa Saja Alat Pembayaran Non Tunai. Cimb Niaga. https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/gayahidup/apa-saja-alat-pembayaran-non-tunai
CNBC. (2022). Peta Kompetisi Dompet Digital Indonesia, Siapa Lebih Unggul? CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220628115548-37-350996/peta-kompetisi-dompet-digital-indonesia-siapa-lebih-unggul
DISKOMINFO. (2022). Sering Tertukar, Ini Bedanya E-Money dan E-Wallet | Diskominfo Badung. Diskominfo Badung. https://diskominfo.badungkab.go.id/artikel/43551-sering-tertukar-ini-bedanya-e-money-dan-e-wallet
Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2016). Consumer behavior : building marketing strategy.
Jamiat, N., Maolana Hidayat, A., Pradana, M., & Shafar Bastio, B. (2020). Agus Maolana Hidayat, Mahir Pradana and Bima Shafar Bastio, The Influence of Brand Image on The Decision of Buying Converse Shoes in Students in Bandung City. International Journal of Advanced Research in Engineering and Technology, 11(12), 438–445. https://doi.org/10.34218/IJARET.11.12.2020.047
Kotler, Philip dan Kevin Keller Lane. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran.
Edisi13. Jilid I. Jakarta:Erlangga
Kotler, P., & Amstrong, G. (2021). Principles Of MARKETING eighteen edition (18th ed.). Pearson.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran (edisi ke enam).
Kottler, P., & Keller, K. L. (2021). Intisari Manajemen Pemasaran (edisi ke enam) (6th ed.). Andi.
Lestari et al. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Konsumen Innisfree Di Indonesia Dan China). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 66, No.1.
LinkAja. (2022). App Uang Elektronik (E-Money) & Dompet Digital | LinkAja. Link Aja. https://www.linkaja.id/
Listyawati, L., & Subardini. (2021). PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E – WALLET. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, Vol 5(2).
Populix. (2022). Ini 10 E-Wallet yang Paling Sering Dipakai Masyarakat Indonesia Tahun 2022 - GoodStats. GoodStats. https://goodstats.id/article/ini-10-e-wallet-yang-paling-sering-dipakai-masyarakat-indonesia-M4TA4
Putri, vera yusi eka, & Hidayat, A. M. (2021). THE EFFECT OF BRAND AWARENESS AND BRAND IMAGE ON DECISIONS TO USE GOPAY SERVICES (Study on Telkom University Students).
Putu, I., Semadi, Y., & Ariyanti, M. (2018). THE INFLUENCE OF BRAND EXPERIENCE, BRAND IMAGE, AND BRAND TRUST ON BRAND LOYALTY OF ABC-CASH. Asian Journal of Management Sciences & Education, 7(3).
Rahayu, N. A., & Lestari, M. T. (2021). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP BRAND IMAGE PADA APLIKASI LINKAJA THE EFFECT OF CUSTOMER EXPERIENCE ON BRAND IMAGE ON LINKAJA APPLICATIONS. https://www.ojk.go.id/,
Rizky, H., Khrisnanda, R., Made, I., & Dirgantara, B. (2021). THE EFFECT OF BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE, AND BRAND CREDIBILITY ON OPPO MOBILE PHONE BRAND PRODUCT PURCHASE INTENTION. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 10(2). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Rumaidlany, D., Mariam, S., & Ramli, A. H. (2022). PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MC DONALD’S DI PALMERAH JAKARTA BARAT. JURNAL LENTERA BISNIS, 11(2), 102. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i2.567
Sugiyono, P. Dr. (2022). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (29th ed.). ALFABETA, cv.
Sukmadilaga, C., Abubakar, L., Handayani, T., Ghani, E. K., & Lestari, T. U. (2020). The Influence of Internet on Financial Reporting Practices, Financial Secrecy and Firm Value of ASEAN Companies. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 13(3). www.ijicc.net
Syahputra, E. (2021). Era Digitalisasi, Ini Manfaat UMKM Punya QRIS. DetikInet. https://inet.detik.com/business/d-5769097/era-digitalisasi-ini-manfaat-umkm-punya-qris
Tarigan, H. M. (2020). PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA BIMBINGAN BELAJAR RANKING. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(2), 834-838. https://doi.org/10.31955/mea.v4i2.2933
Utomo, W. I. (2017). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOPPING (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Jurnal Komunikasi, Volume, VIII(1).
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.