PENGARUH EMOTIONAL BRAND ATTACHMENT TERHADAP CONSUMER-BASED BRAND EQUITY TERHADAP WARDAH

  • Elsamita Yolanda Universitas Telkom, Bandung
  • Osa Omar Sharif Universitas Telkom, Bandung

Abstract

Industri kosmetik saat ini sedang tumbuh dan berekembang secara pesat di Indonesia. Merek kosmetik lokal yang paling digemari di Indonesia ditahun 2022 adalah Wardah merupakan merek kosmetik lokal yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2022 dengan tingkat loyalitas yang tinggi. Tetapi menurut konsumen pada merek kosmetik Wardah, kualitas yang diberikan tidak dapat memenuhi ekspetasi mereka. Hal ini terjadi dikarenakan kualitas produk yang kurang baik dan tidak cocok untuk dipakai semua jenis kulit.  Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pada emotional brand attachment terhadap consumer-based brand equity dengan brand credibility dan consumer satisfaction sebagai variabel mediasi. Dimasukkannya beberapa kovariat yang relevan dengan konteks dan penggunaan matriks data yang disesuaikan dengan varians metode.

Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan kausal. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah konsumen pada merek kosmetik Wardah yang menggunakan media sosial dan jumlahnya tidak diketahui secara pasti dan menggunakan purposive sampling ialah teknik pengumpulan sampel dari non random sampling. Survey dilakukan menggunakan kuesioner pada 420 responden yang merupakan konsumen dari merek kosmetik Wardah yang menggunakan media sosial di Kota Bandung. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah structural equation modelling (SEM) dengan menggunakan program komputer IBM SPSS AMOS versi 24.0.

Hasil analisis pada penelitian ini memperlihatkan bahwa emotional brand attachment memiliki hubungan yang negatif dan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap consumer-based brand equity. Selain itu, brand credibility dan consumer satisfaction bukan merupakan mediator yang memediasi hubungan antara emotional brand attachment dan consumer-based brand equity.

References

Angelia, D. (2022, September 18). 7 Merek Kosmetik Lokal Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022. Https://Goodstats.Id/Article/7-Merek-Kosmetik-Lokal-Paling-Banyak-Digunakan-Di-Indonesia-2022-36qU3.
Arli, D., & Tjiptono, F. (2016). Consumer digital piracy behaviour among youths: insights from Indonesia. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 28(5), 898–922.
Chaudhuri, A., & Holbrook, M. B. (2001). The Chain of Effects From Brand Trust and Brand Affect to Brand Performance: The Role of Brand Loyalty. Journal of Marketing, 65, 81–93.
Compas. (2022). Indonesia FMCG E-Commerce Report 2022 Free Version.
Dwivedi, A., Johnson, L. W., Wilkie, D. C., & De Araujo-Gil, L. (2019). Consumer emotional brand attachment with social media brands and social media brand equity. European Journal of Marketing, 53(6), 1176–1204. https://doi.org/10.1108/EJM-09-2016-0511
Febrinastri, F. (2022, September 13). Hingga Juli 2022, Industri Kosmetik Meningkat 83% dan Didominasi UKM. Https://Www.Suara.Com/Pressrelease/2022/09/13/105011/Hingga-Juli-2022-Industri-Kosmetik-Meningkat-83-Dan-Didominasi-Ukm?Page=1.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares : Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris (3rd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grewal, D., & Levy, M. (2016). Marketing. McGraw-Hill Education.
Hartanto, A. (2018, March 20). Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%. Https://Kemenperin.Go.Id/Artikel/18957/Industri-Kosmetik-Nasional-Tumbuh-20.
Hermawan, A., & Yusran, H. L. (2017). Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif (1st ed.). KENCANA.
Hidayat, A. (2017). Purposive Sampling – Pengertian, Tujuan, Contoh, Langkah, Rumus. Https://Www.Statistikian.Com/2017/06/Penjelasan-Teknik-Purposive-Sampling.Html?Amp.
Hollebeek, L. D., Glynn, M. S., & Brodie, R. J. (2014). “Consumer brand engagement in social media: conceptualization, scale development and validation. Journal of Interactive Marketing, 28, 149–165.
Indika, D. R., & Lainufar, S. (2016). Eksplorasi Sikap Konsumen Terhadap Kosmetik Halal (Studi Kasus: Wardah). International Journal of Social Science and Economic Research.
Kotsi, F., Pike, S., & Gottlieb, U. (2018). Consumer-based brand equity (CBBE) in the context of an international stopover destination: Perceptions of Dubai in France and Australia. Tourism Management, 69, 297–306.
Millatina Lisani, A., & Indrawati. (2020). Pengaruh Digital Marketing Mobile Application Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek (Vol. 5, Issue 2).
Nurwulandari, A., & Maharani, S. (2021). Pengaruh Harga, Produk, Distribusi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Coffee 19 Café. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 5(3), 465–493.
Nyonyie, R. A., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3).
Peranginangin, Y., & Alamsyah, A. (2017). Multiple regression to analyse social graph of brand awareness. Telkomnika (Telecommunication Computing Electronics and Control), 15(1), 336–340. https://doi.org/10.12928/TELKOMNIKA.v15i1.3460
Prasetio, A., Rahman, D. A., Sary, F. P., Pasaribu, R. D., & Sutjipto, M. R. (2022). The role of Instagram social media marketing activities and brand equity towards airlines customer response. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1195–1200. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.6.014
Prastowo, B., Mahendratmo, J., & Ariyanti, M. (2019). Analysis Of E-Marketing Mix To Consumer Purchase Decisons Traveloka. Asian Journal of Management Sciences & Education, 8(1).
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer (1st ed.). Alfabeta.
Riyanto, A. D. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. Https://Andi.Link/Hootsuite-We-Are-Social-Indonesian-Digital-Report-2022/.
Simmons, C. J., & Becker-Olsen, K. L. (2006). Achieving Marketing Objectives through Social Sponsorships. Journal of Marketing, 70, 154–169.
Sugiyono. (2017). Metode  Penelitian  Kuantitatif,  Kualitatif,  dan  R&D. Alfabeta.
Thomson, M., MacInnis, D. J., & Park, C. W. (2005). The Ties That Bind: Measuring the Strength of Consumers’ Emotional Attachments to Brands. Journal of Consumer Psychology, 15, 77–91.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2023-07-09
How to Cite
Yolanda, E., & Sharif, O. (2023). PENGARUH EMOTIONAL BRAND ATTACHMENT TERHADAP CONSUMER-BASED BRAND EQUITY TERHADAP WARDAH. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1228-1244. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3156