PENGARUH HARGA, LABEL HALAL DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK BAKSO ACI TAUBAT FOOD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang pengaruh harga, label halal, dan strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada produk Bakso Aci Taubat Food. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan teknik olah data sampel menggunakan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan skala Likert melalui kuesioner dalam proses pengumpulannya untuk mendapatkan data primer dari kriteria responden yang sesuai dengan jumlah 100 orang. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa Harga memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Sedangkan, Label Halal dan Strategi Pemasaran tidak memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Namun ketiga variabel independen tersebut tetap memiliki pengaruh positif dan secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu Kepuasan Konsumen Bakso Aci Taubat Food.
References
Hallowell, R. (1996). The Relationships of Customer Satisfaction, Customer Loyalty, and Profitability: An Empirical Study. International Journal of Service Industry Management, 7(4), 27–42.
Izzuddin, A. (2018). Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan terhadap Minat Beli Makanan Kuliner. Jurnal Penelitian IPTEKS, 3(2), 100–114.
Johnson, M. D., & Fornell, C. (1991). A Framework for Comparing Customer Satisfaction Across Individuals and Product Categories. Journal of Economic Psychology, 12(2), 267–286. https://doi.org/10.1016/0167-4870(91)90016-M
Kurtz, D. L. (2008). Principles of Contemporary Marketing (12th ed.). South-Western Cengage Learning.
Mahwiyah. (2010). Pengaruh Labelisasi Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum.
Meithiana, I. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. http://books.google.com
Philip, K., & Gary, A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (B. Sabran (ed.); 12th ed.). Erlangga.
Philip, K., & Gary, A. (2016). Principles of Marketing. Pearson Education.
Philip, K., & Kevin Lane, K. (2016). Marketing Management (15th Globa). Pearson Education.
Peraturan Pemerintah Nomor 69 Tahun 1999 Tentang Label dan Iklan Pangan, https://jdihn.go.id/files/4/1999pp069.pdf Diakses pada tanggal 10 Maret 2023
Saptati, R. (2023). Memperkuat Infrastruktur Ekonomi Syariah, Mensejahterakan Masyarakat. Mk+. https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sujana, & Pandu, M. (2018). Pengaruh Ekspektasi Konsumen, Nilai Konsumen dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 6(1), 61–064. https://doi.org/10.37641/jimkes.v6i1.37
Surat Al-Baqarah Ayat 168, https://quran.kemenag.go.id/ Diakses pada tanggal 10 Maret 2023
Tjiptono, F., & Candra, G. (2012). Pemasaran Strategik (2nd ed.). Andi.
Woodruff, R. B. (1997). Customer Value: The Next Source for Competitive Advantage. Journal of the Academy of Marketing Science, 7(2), 139–153.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.