PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, STRUKTUR MODAL, DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN
Abstract
In this study, it has the objective of knowing the effect of debt policy. capital structure, and company growth on firm value. Company value, namely the company's description of the good or bad condition of the company in its performance carried out by company management, therefore it requires good connections between shareholders and management in order to optimize effective company value. This study used 40 companies with a unit sample of 200 primary consumer goods sectors listed on the IDX for 2017-2021 using the purposive sampling method. The analytical method used is statistical analysis and panel data regression analysis using eviews 12.0. The results of this study indicate that the debt policy, capital structure, and company growth have a significant effect on firm value simultaneously. Partially, debt policy and capital structure have no effect on firm value. Meanwhile, company growth has a significant positive effect on company value Keywords: Debt Policy, Capital Structure, Company Growth, Value
Keywrods: Capital Structure, Company Growth, Debt Policy, Firm Value
References
Dhevanti, R. I. D., Budiyono, & Suprihati. (2022). PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN HUTANG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(22), 1–13.
Dwiastuti, D. S., & Dillak, V. J. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Hutang, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(2), 321–335. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i2.707
Firmansyah, A., Setiawan, T. A., & Fathurahman, F. (2020). Nilai Perusahaan: Kebijakan Utang, Good Corporate Governance, Cash Holding. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 20(2), 237. https://doi.org/10.20961/jab.v20i2.568
Hertina, D., Hidayat, M. B. H., & Mustika, D. (2019). Ukuran Perusahaan , Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas. Jurnal Ecodemica, 3(1).
Khumairoh, Kalbuana, N., & Mulyati, H. (2016). Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Garment dan Textile yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Syariah Paper Accounting FEB UMS, 3(2011), 71–81.
Krisnando, & Novitasari, R. (2021). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(02), 71–81. https://doi.org/10.36406/jam.v18i02.436
Lesmono, B., & Siregar, S. (2021). Studi Literatur Tentang Agency Theory. Ekonomi, Keuangan, Investasi, Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 203–210. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1128
Mispiyanti, M. (2020). Pengaruh Struktur Modal, Capital Expenditure, Profitabilitas Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan BUMN Indonesia. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2), 133–144. https://doi.org/10.29040/jap.v20i2.636
Muamar, Y. (2018). Pertumbuhan Industri Barang Konsumsi Dinilai Melambat. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/market/20181019191302-17-38252/pertumbuhan-industri-barang-konsumsi-dinilai-melambat
Ningsih, M. M., & Waspada, I. (2019). Pengaruh Suku Bunga, Struktur Modal, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan: Studi Empiris Pada Perusahaan Di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 97–110. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i1.1634
Putra, A. R., & Rahmawati, S. (2016). Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Dan Cash Holding Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 1(1), 92–109.
Qolbi, N., & Rahmawati, W. . (2020, November). Pendapatan emiten barang konsumsi yang masuk sektor defensif turun, ini prospeknya. Investasi Kontan. https://investasi.kontan.co.id/news/pendapatan-emiten-barang-konsumsi-yang- masuk-sektor-defensif-turun-ini-prospeknya
Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017) Zahra. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 360–372. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i1.2280
Sugiharto, S. A., & Hendratno. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Free Cash Flow, Dan Investment Opportunity Set Atas Nilai Perusahaan. Jimea, 6(3), 829–844.
Sukmawardini, D., & Ardiansari, A. (2018). The Influence of Institutional Ownership . Profitability ,. Management Analysis Journal, 7(2), 212–222.
Suranto, V. A. H. M., Nango, G. B., & Walandouw, S. K. (2016). PENGARUH STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN LQ-45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal EMBA, 11(4), 228–238. https://doi.org/10.1080/17480272.2014.973443
Suryandani, A. (2019). PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR PROPERTY DAN REAL ESTATE. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 11. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.236
Susanti, A., Wafirotini, K. Z., & Hartono, A. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Periode Tahun 2011-2016. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 11. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.236
Ukhriyawati, C. F., & Dewi, R. (2019). PENGARUH STRUKTUR MODAL, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN LQ-45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Equilibiria, 6(1), 1–14.
Widyantari, N. L. P., & Yadnya, I. P. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Baverage Di Bursa Efek Indonesia. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Baverage Di Bursa Efek Indonesi, 6(12), 6383–6409.
Yanti, & Darmayanti, N. P. A. (2019). PENGARUH PROFITABILITAS , UKURAN PERUSAHAAN , STRUKTUR MAKANAN DAN MINUMAN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia ABSTRAK Persaingan yang ketat antar perusahaan manufaktur mendorong perusahaan- perusahaan manufaktur unt. 8(4), 2297–2324.
Zurriah, R. (2021). Pengaruh Free Cash Flow Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 21(1), 100–106. https://doi.org/10.30596/jrab.v21i1.6530
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.