ANALISIS PENGARUH KETERJANGKAUAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM LIVE SHOPPING UNTUK MENCIPTAKAN PURCHASE INTENTION PADA LIVE SHOPPING TIKTOK

  • Ni Nengah Nitha Puspawati Telkom University, Kabupaten Bandung
  • Mochamad Yudha Febrianta Telkom University, Kabupaten Bandung

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang kian cepat membuat masyarakat mencoba hal – hal baru dalam berbelanja di dunia maya. Dengan semakin populernya live streaming, banyak vendor di platform social commerce telah mengadopsi live streaming sebagai alat untuk meningkatkan kinerja penjualan khususnya di Indonesia. Baru – baru ini telah ditemukan fenomena bahwa live shopping yang dilakukan salah satu sosial media TikTok sedang menanjak naik namanya. Mulai banyak para pelaku bisnis beralih melakukan penjualan melalui live shopping di TikTok.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari Keterjangkauan Teknologi Informasi terhadap purchase intention pelanggan yang dimediasi melalui live shopping TikTok. Oleh karena itu model penelitian ini menekankan Keterjangkauan Teknologi Informasi dan keterlibatan pelanggan serta mendefinisikan keterlibatan live shopping di TikTok sebagai variabel mediasi.

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan kuesioner kepada 400 responden yang merupakan pengguna aplikasi TikTok dan menggunakan fitur layanan live shopping TikTok. Penyebaran kuesioner dilakukan secara online melalui Google Forms. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah structural equation model menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS v.3.2.9.

Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa keterjangkauan teknologi informasi yang terdiri dari visibility, metavoicing, dan guidance shopping berdampak signifikan pada keterlibatan live shopping yang terdiri dari immersion dan presence serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Dan live shopping memediasi antara keterjangkauan teknologi informasi dan purchase intention.

References

Alfanur, F., & Kadono, Y. (2019). Analysis on E-commerce Purchase Intention and Decision in Java and Sumatra. Proceedings of 2019 International Conference on Information Management and Technology, ICIMTech 2019, 1(August), 635–640. https://doi.org/10.1109/ICIMTech.2019.8843731
Bygstad, B., Munkvold, B. E., & Volkoff, O. (2016). Identifying generative mechanisms through affordances: A framework for critical realist data analysis. Journal of Information Technology, 31(1), 83–96. https://doi.org/10.1057/jit.2015.13
Cabiddu, F., Carlo, M. De, & Piccoli, G. (2014). Social media affordances: Enabling customer engagement. Annals of Tourism Research, 48, 175–192. https://doi.org/10.1016/j.annals.2014.06.003
Chen, A., Lu, Y., & Wang, B. (2017). International Journal of Information Management Customers ’ purchase decision-making process in social commerce : A social learning perspective. International Journal of Information Management, 37(6), 627–638. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2017.05.001
Chen, C. C., & Lin, Y. C. (2018). What drives live-stream usage intention? The perspectives of flow, entertainment, social interaction, and endorsement. Telematics and Informatics, 35(1), 293–303. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.12.003
Dong, X., & Wang, T. (2018). Social tie formation in Chinese online social commerce: The role of IT affordances. International Journal of Information Management, 42(June), 49–64. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.06.002
Kim, J., Ahn, S. J. (Grace), Kwon, E. S., & Reid, L. N. (2017). TV advertising engagement as a state of immersion and presence. Journal of Business Research, 76, 67–76. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2017.03.001
Moliner, M. Á., Monferrer-Tirado, D., & Estrada-Guillén, M. (2018). Consequences of customer engagement and customer self-brand connection. Journal of Services Marketing, 32(4), 387–399. https://doi.org/10.1108/JSM-08-2016-0320
Parchoma, G. (2014). The contested ontology of affordances: Implications for researching technological affordances for collaborative knowledge production. Computers in Human Behavior, 37, 360–368. https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.05.028
Sun, Y., Shao, X., Li, X., Guo, Y., & Nie, K. (2019). How live streaming influences purchase intentions in social commerce: An IT affordance perspective. Electronic Commerce Research and Applications, 37(August), 100886. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2019.100886
Wirakusu, R. A. F. R., & Milanyani, H. (2022). The Effect of Social Media Marketing towards Consumer Purchase Intention with Consumer Engagement as Mediating Variable: Study Case on the Papandayan Hotel Consumers. The International Journal of Business & Management, 10(8), 159–165. https://doi.org/10.24940/theijbm/2022/v10/i8/bm2208-032
Wongkitrungrueng, A., & Assarut, N. (2020). The role of live streaming in building consumer trust and engagement with social commerce sellers. Journal of Business Research, 117(August), 543–556. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.08.032
Yim, M. Y., Chu, S., & Sauer, P. L. (2017). ScienceDirect Is Augmented Reality Technology an Effective Tool for E-commerce ? An Interactivity and Vividness Perspective. Journal of Interactive Marketing, 39, 89–103. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2017.04.001
Yu, E., Jung, C., Kim, H., & Jung, J. (2018). Impact of viewer engagement on gift-giving in live video streaming. Telematics and Informatics, 35(5), 1450–1460. https://doi.org/10.1016/j.tele.2018.03.014
Zhao, Q., Chen, C. Der, Cheng, H. W., & Wang, J. L. (2018). Determinants of live streamers’ continuance broadcasting intentions on Twitch: A self-determination theory perspective. Telematics and Informatics, 35(2), 406–420. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.12.018
Published
2023-06-20
How to Cite
Puspawati, N. N., & Febrianta, M. (2023). ANALISIS PENGARUH KETERJANGKAUAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM LIVE SHOPPING UNTUK MENCIPTAKAN PURCHASE INTENTION PADA LIVE SHOPPING TIKTOK. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 640-665. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3032