MENINGKATKAN FUNGSI DAN PERAN SUMBER DAYA GURU : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AKHLAKUL KARIMAH

STUDI PADA SMK MUHAMMADIYAH 3 GEDEBAGE BANDUNG

  • Wandy Zulkarnaen Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia
  • Muhtadin Muhtadin Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia
  • Indra Sasangka Universitas Muhammadiyah Bandung, Indonesia

Abstract

Fokus penelitian dalam penulisan penelitian ini adalah (1) Bagaimana metode pembinaan akhlakul karimah para siswa melalaui kegiatan keagamaan di SMK Muhammadiyah 3 Gedebage Bandung? (2)  Bagaimana  evaluasi pembinaan akhlakul karimah para siswa melalui kegiatan keagamaan di SMK Muhammadiyah 3 Gedebage Bandung? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah para siswa melalui kegiatan keagamaan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah  1. Untuk  mengetahui metode pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah para siswa melalui kegiatan keagamaan, 2. Mengetahui evaluasi pelaksanaan pembinaan akhlakul karimah para siswa melalui kegiatan keagamaan, 3. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat  pelaksanaan pembinaan akhlakul  karimah para siswa melalui kegiatan keagamaan.

References

Sagala,Syaiful, 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran : Rineka Cipta
Nata,Abuddin, 2007. Metodologi Studi Islam : Raja Grafindo Persada
M.Djamal, 2015. Paradigma Penelitian Kualitatif edisi revisi : Pustaka Pelajar
Arikunto,Suharsimi, 2004. Suatu Pendekatan Praktek : Rineka Cipta
Heri Jauhari Muchtar. 2005, Fikih Pendidikan, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Hamdani Islam. 2007, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung : Pustaka Pelajar.
Tanti Yuniar. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Agung Media Mulia
Undang-Undang System Pendidikan Nasional, 2011 Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yunahar Ilyas. 2001. Kuliah Akhlak.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zakiyah Daradjat. 2008, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara.
Imam S Ahmad. 2005. Tuntunan Akhlakul Karimah. Ciputat :LeKDIS
Jamal Ma’mur Asmani. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Yogyakarta: Diva Press
Moleong Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bangung : Remaja Rosda karya
Abdullah, D. d. (1999). Kapaitan Selekta Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Barizi, A. (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hamsyah, A. (1968). Pembaharuan Pendidikan dan Pengajaran Islam. Malang: UP Kenmutia.
Islam, Ensiklopedi. (2003). Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Cet.XI. Jakarta: PT Ichtiar Baru Van Hoeve.
J.Moleong, L. (1995). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Komaruddin, S. d. (2009). Landasan Pendidikan; Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.
Masud, A. (2001). Paradigma Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulkan, A. M. (1993). Paradigma Intelektual Muslim. Yogyakarta: Sipress.
Zulkarnaen, W. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Gunung Djati Publishing.
Published
2023-04-25
How to Cite
Zulkarnaen, W., Muhtadin, M., & Sasangka, I. (2023). MENINGKATKAN FUNGSI DAN PERAN SUMBER DAYA GURU : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AKHLAKUL KARIMAH. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 879-888. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2996