STRATEGI PENGEMBANGAN SOUNDLIT STUDIO SEBAGAI AUDIO BRANDING AGENCY PERTAMA DI INDONESIA
Abstract
Usaha komersial saat ini dapat memanfaatkan banyak metode untuk memasarkan produknya, seiring dengan perkembangan teknologi. Soundlit Studio merupakan salah satu usaha di bidang perekaman suara dengan citra sebagai audio branding agency pertama di Indonesia. Terdapat banyak perusahaan di Indonesia yang masih menggunakan jasa audio branding dari perusahaan luar negeri, sehingga hal ini dapat menjadi peluang besar bagi Soundlit Studio dalam promosi dan penjualan produknya. Berdasarkan hal tersebut, Soundlit Studio membutuhkan strategi agar dapat mengembangkan potensi usahanya dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis formulasi strategi Soundlit Studio melalui analisis SWOT dan matriks IFE, EFE, SWOT, IE dan QSPM. Untuk memecahkan masalah tersebut, dilakukan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Soundlit Studio dapat menerapkan strategi alternatif seperti mengikuti tren yang sedang digemari masyarakat umum, memberikan sampel produk pada perusahaan yang belum menerapkan audio branding, menawarkan paket produk secara khusus untuk konsumen tertentu, mengadakan lokakarya audio branding, meningkatkan jalinan mitra melalui waralaba, dan mengakuisisi komposer yang sedang merintis.
References
https://doi.org/10.31289/jkbm.v9i1.8317
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases (Global Ed.). Pearson Education Limited.
Graakjær, N. J., & Bonde, A. (2018). Non-musical sound branding – a conceptualization and research overview. European Journal of Marketing, 52(7–8), 1505–1525.
https://doi.org/10.1108/EJM-09-2017-0609
Hackley, C. (2015). Branding and The Music Market. In Organising Music: Theory, Practice, Performance (pp. 127–134). Cambridge University Press.
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.)). Wal Ashri Publishing.
Hill, C., Jones, G. &, & Schilling, M. (2014). Strategic Management: Theory & Cases: An Integrated Approach. In Cengage Learning (11th Ed.).
https://books.google.com/books?id=d0PAAgAAQBAJ&pgis=1
Mamik. (2015). Metode Kualitatif. Zifatama Publisher.
Najm, N. A. (2014). The Corporate Way: Meaning and Dimensions in the Great Companies. International Journal of Business Administration, 6(1), 38–45.
https://doi.org/10.5430/ijba.v6n1p38
Pambudi, A. L., Daryanto, A., & Hartoyo, S. (2014). Development Strategy of Natural Tourism in Pancar Mountain Natural Park. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(1), 27–34.
https://doi.org/10.9744/jmk.16.1.27-34
Permana, E., & Herlan. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis UKM di Sentra UKM Fashion Bulak Timur, Kota Depok. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 11(1), 20–35.
https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/4368/3210
Rahmat, H. (2013). Statistika Penelitian. Pustaka Setia.
Ramadhan, T., Astono, A. D., & Parmenas, N. H. (2021). Strategi Pengembangan Wilayah Agritourism di Pegunungan Menoreh Berbasis Pemberdayaan Komunitas. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(1), 103–116.
https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i1.270
Sabariah, E. (2016). Manajemen Strategis. Pustaka Pelajar.
Sedarmayanti. (2018). Manajemen Strategi. Refika Aditama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suwartono. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian. Penerbit Andi.
Tarczynski, W., Tarczynska-Luniewska, M., & Majewski, S. (2020). The value of the company and its fundamental strength. Procedia Computer Science, 176, 2685–2694.
https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.331
Vidal-Mestre, M., Freire-Sánchez, A., Calderón-Garrido, D., Faure-Carvallo, A., & Gustems-Carnicer, J. (2022). Audio Identity in Branding and Brand Communication Strategy: A Systematic Review of The Literature on Audio Branding. Profesional de La Informacion, 31(5), 1–12.
https://doi.org/10.3145/epi.2022.sep.04
Wong, A. C. (2018). Sound branding: The role of music in consumer perceptions, behaviours, and practitioner beliefs. University of Sheffield.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.