PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KUALITAS PRODUK MAKANAN KHAS RAMADHAN DI PASAR TRADISIONAL
Abstract
Artikel ini membahas tentang persepsi masyarakat terhadap kualitas produk makanan khas Ramadhan yang dijual di pasar tradisional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei terhadap 100 responden yang merupakan pengunjung pasar tradisional di kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap kualitas produk makanan khas Ramadhan di pasar tradisional baik dengan skor 63,38%, meskipun masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan seperti kualitas bahan baku dan kebersihan tempat penjualan. Penelitian ini menemukan bahwa kinerja, reliabilitas, fitur, daya tahan, konsisten dan desain menjadi pertimbangan utama masyarakat dalam membeli produk makanan khas Ramadhan di pasar tradisional. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan kualitas produk makanan khas Ramadhan di pasar tradisional, serta memberikan informasi yang jelas mengenai bahan baku, proses pembuatan, dan aspek keamanan pangan kepada masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan kepercayaan dan minat masyarakat dalam membeli produk makanan khas Ramadhan di pasar tradisional.
References
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Arikunto, S. (2009). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arrazy, S. (2020). Persepsi Masyarakat tentang Higiene Sanitasi Pasar Tradisional Kota Medan. Contagion: Scientific Periodical Journal of Public Health and Coastal Health, 2(1), 1-13.
Brata, I. B. (2016). Pasar tradisional di tengah arus budaya global. Jurnal Ilmu Manajemen (JUIMA), 6(1).
Djojodigoeno, M. M. (1958). Azas-Azas Sosiologi. Jakarta: Ghalai Indonesia.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21, Edisi Ketujuh. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hasanah, A. F. (2020). Analis Perilaku Konsumen Masyarakat Ponorogo Sesaat dan Sesudah Datangnya Bulan Ramadhan. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 1(2), 95-106.
Hidayat, A. (2016). Budaya Konsumen Bulan Ramadhan Bagi Masyarakat Modern di Indonesia. IBDA: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 14(2), 265-276.
Kartono, & Gulo, D. (1987). Kamus psikologi. Bandung: Pionerjaya.
Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Marketing Management. Pearson Education. Fifteenth Edition.
Malano, H. (2013). Selamatkan pasar tradisional. Gramedia Pustaka Utama.
Muhammad, M. M. (2013). Peranan Pasar Tradisional dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Kasus Pasar Sabtu di Kota Gorontalo) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Pieter, H. Z., & Lubis. N. L. (2010). Pengantar Psikologi Untuk Kebidanan. Jakarta: Kencana.
Setiawati, I. (2015). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Edukasi Customers Cerdas pada Transaksi Perdagangan on Line Menghadapi MEA. Jurnal Ilmiah Infokam, 11(5).
Shambodo, Y. (2020). Faktor yang mempengaruhi persepsi khalayak mahasiswa pendatang UGM terhadap siaran pawartos ngayogyakarta Jogja TV. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 98-110.
Simbolon, M. (2007). Persepsi dan kepribadian. Jurnal ekonomis, 1(1), 52-66.
Siregar, M. A. S. (2020). Ziarah Kubur, Marpangir, Mangan Fajar: Tradisi Masyarakat Angkola dan Mandailing Menyambut Bulan Ramadhan dan ‘Idul Fitri. Warisan: Journal of History and Cultural Heritage, 1(1), 9-13.
Sopiah, E. M. S., & Sangadji, S. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung, 62-70.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Walgito, B. (2000). Bimbingan dan Konseling (Studi dan karier). Yogyakarta: Andi.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.