ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BRI UNIT SIPISPIS

  • Ben Setiawan Universitas Efarina Siantar
  • Hadi Panjaitan Universitas Efarina Siantar

Abstract

Bank Rakyat Indonesia unit Sipisis merupakan salah satu bank yang beroperasi diantara sekian banyak bank yang ada di daerah Sipispis. Tingkat persaingan yang semakin tinggi antar bank (local competition) untuk merebut nasabah di wilayah Sipispis terjadi dengan bank-bank lain yang semakin banyak bermunculan untuk memperebutkan pasar/ nasabah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah bank BRI unit Sipispis. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan penulis menggunakan kuesioner dengan sampel 70 orang dimana respondennya adalah nasabah Bank Rakyat Indonesia unit Sipispis. Berdasarkan Uji-t (Uji Signifikan Parsial), karakteristik kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank BRI unit Sipsipis. Mayoritas responden sudah puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Bank BRI Unit Sipispis melalui jawaban yang mereka berikan pada kuesioner yang sudah dibagikan.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit PT Rineka Cipta, Jakarta.
A.S Moenir, 2002, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta : Bumi Aksara.
Azwar, Azrul. 2006. Program Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan : Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah. Jakarta : Yayasan Penerbitan IDI.
Bawono, Anton. 2006. Multivariate Analysis dengan SPSS. Salatiga : STAIN Salatiga Press.
Budiastuti. 2002. Faktor-faktor dalam meningkatkan kepuasan pasien di rumah sakit, http// www//klinis.wordpress//kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan diunduh pada tanggal 2 januari 2015.
Chase, Richard B., F. Robert Jacobs, and Nicholas J. Aquilano, 2001. Operations Management for Competitive Advantage With Global Cases. 11 edition, MCGraw-Hill International edition, Singapore.
Dwiyanto, Agus. 2008. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ekotama, Suryono, 2011. Cara Gampang Bikin Standard Operating Procedure Agar Roda Usaha Lebih Tertata, Yogyakarta: Media Pressindo.
Eny Kusdarini, 2011, Dasar-Dasar Hukum Administrasi Negara dan Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik, Yogyakarta.UNY Press.
Gerson, Richard F. 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit PPM.
Ghozali, Imam. 2013.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafizurrachman. 2004. Pengukuran Kepuasan Suatu Institusi Kesehatan. Majalah Kedokteran Indonesia. Volume 54. nomor 7. 283 – 288.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava Media.
Haryanti D.D., Aspriyanto D., & Dewi I.R. 2000. Efektivitas Menyikat Gigi Metode Horizontal, Vertical, Dan Roll Terhadap Penurunan Plak Pada Anak Usia 9 11 Tahun. Dentino (Jurnal Kedokteran Gigi). 2(2):151-154
Heriandi, D. S. O, Aydin Serkan, Ates Mertin, Cetin A. T. 2007. Effects of Service Quality on Costumers Satisfaction and Costumer Loyality: Marmara University Hospital. (Jurnal Elektronik) diakses 6 September 2016
Herianto, J. 2009. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Edisi Revisi. Cetakan Ketiga. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
Ilyas S, Tansil M and Salamun ZA.2009. Sari Ilmu Penyakit Mata. Jakarta: Balai Penerbit FK UI.
Jacobalis, S. 2009. Menjaga Mutu Pelayanan di Rumah Sakit (Quality Assurance). Jakarta: Persi.
Kottler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Klaten: PT Intan Sejati
Kurniawan. 2013. Pengaruh kompetensi pedagogik, dan kompetensi professional Guru: Universitas Pendidikan Indonesia. Pustaka Belajar.
Kusumapradja, R. 2007. Pengaruh Motivasi Kerja Perawat Terhadap Penerapan Program Keselamatan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit X Tangerang Selatan. Jurnal Hospitalia, Volume 1 Nomor 1, Februari 2018.
Lusa, J.S. 2007. Hubungan Quality Assurance dengan Kepuasan Pasien Rumah Sakit diakses dalam http://www.jsofian.com tanggal 3 Desember 2015.
Marajabessy, Yakub. 2008. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Inap di RSUD Kota Tidore Kepulauan Maluku Utawa. Tesis. Institut Pertanian Bogor : Bogor.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128
Published
2020-08-21
How to Cite
Setiawan, B., & Panjaitan, H. (2020). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BRI UNIT SIPISPIS. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(2), 812-817. https://doi.org/10.31955/mea.v4i2.2930