PENGARUH BRAND AMBASSADOR SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SCARLETT WHITENING

  • Dita Ismaliana Ramadhani Universitas Mulawarman
  • Muhammad Zaini Universitas Mulawarman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand ambassador, social media marketing, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pengguna Scarlett Whitening di Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Penelitian dilakukan terhadap 100 responden wanita yang pernah membeli produk body care Scarlett Whitening dan memiliki rentang usia 17-40 tahun dan berdomisili di Kota Samarinda . melalui googleform. Data diolah dengan menggunakan software SPSS 26 melalui metode uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara e n pemasaran media sosial dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Namun brand ambassador tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Kata kunci: Duta Merek; Pemasaran Media Sosial ; Kualitas produk

References

Armstrong, G., & Kotler, P. (2012) Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Cinthya (2021) Sosial Media Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaatnya. Available at: https://accurate.id/marketing-manajemen/sosial-media-marketing-pengertian-jenis-strategi-dan-manfaatnya/.
Compas (2021) Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar, Compas.co.id.
Fatimah, F., Dewi, I. P., & Bella, E. (2022) ‘Pengaruh Harga, Brand Ambassador, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening Indonesia Di Tokopedia’, 20(2), pp. 361–375.
Gunelius, S. (2011) 30-Minute Social Media Marketing. McGraw-Hill Companies.
Hartaroe, B.P., D. (2017) ‘Pengaruh Price Book Value (Pbv), Price Earning Ratio(Per), Debt To Equity Ratio (Der) Dan Return On Asset (Roa) Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016)’, e – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen [Preprint].
Kotler, P.& K. (2020) Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Kuspriyono, T. (2017) ‘Pengaruh Promosi Online dan Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Sariayu Martha Tilaar’, Jurnal Perspektif, XV(2).
Lea-Greenwood, G. (2013) Fashion Marketing Communications. Edited by Wiley.
Mudzakir, F. (2018) ‘The Influence of Brand Ambassador Usage Toward Brand Image of Oppo’, In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 9, pp. 648–654.
Putri, H. A., Mulyaningsih, H. D., & Harahap, D.A. (2022) ‘Pengaruh Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian yang di Moderasi Oleh Kepercayaan Konsumen pada pengguna Marketplace Shopee’, In Bandung Conference Series: Business and Management, 2(2).
Safitri, R. (2021) Social Media Marketing: Cara Kerja, Jenis, & Tools Penunjang. Available at: https://www.exabytes.co.id/blog/social-media-marketing-adalah/.
Sarippudin, A., Fitriani, I. D., & Zulkarnaen, W. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Proses Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di ITC Kebon Kalapa Bandung. Jurnal SEMAR: Sain Ekonomi Manajemen & Akuntansi Riviu, 1(3), 42-51.
Sugiyono, D. (2017) Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suharto, A., Aminullah, R. and & Diansari, T. (2018) ‘The Effect Of Location Prices And Complete Products On Purchase’.
Tjiptono, F. (2017) Pemasaran Strategik. PT Indeks Kelompok Gramedia. Available at: http://laser.umm.ac.id/catalog-detail-copy/160000130/.
Umar, H. (2014) Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Wang, F., & Hariandja, E.S. (2016) The Influence of Brand Ambassador on Brand Image and Consumer Purchasing Decision : A Case of Tous Les Jours in Indonesia. International Conference on Entrepreneurship (IConEnt- 2016), International Conference on Entrepreneurship (IConEnt- 2016).
Published
2023-04-13
How to Cite
Ramadhani, D., & Zaini, M. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR SOCIAL MEDIA MARKETING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA SCARLETT WHITENING. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(1), 520-536. https://doi.org/10.31955/mea.v7i1.2900