ANALISIS PENDORONG KESUKSESAN USAHA MIKRO SUB-SEKTOR DESAIN PRODUK DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Keberhasilan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi suatu negara. Namun, banyak UMKM yang usahanya tidak dapat berlanjut di masa pandemi COVID-19 akibat dampak kebijakan pemerintah yang membatasi ruang gerak masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana usaha mikro subsektor desain produk dapat bertahan selama pandemi COVID-19.
Strategi penelitian ini menggunakan studi kasus dan metode kualitatif. Pendekatan ini digunakan untuk memahami pengalaman pemilik bisnis dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Sebanyak tiga narasumber dipilih berdasarkan jenis usaha di bidang desain produk yang telah berjalan selama lebih dari enam bulan. Hasil penelitian berupa transkrip wawancara yang dikodekan secara manual dan dianalisis untuk melihat sejauh mana pengusaha mikro memenuhi faktor keberhasilan berdasarkan literatur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh narasumber telah melaksanakan hampir semua aspek keberhasilan kecuali kinerja sosial dan lingkungan. Temuan ini menunjukkan bahwa belum ada kesadaran untuk menjalankan bisnis dengan mempertimbangkan faktor sosial dan lingkungan. Hasil penelitian ini sebagai bahan evaluasi bagi para pengusaha mikro agar dapat mengembangkan usahanya secara optimal.
References
Devi, M. Z. (2015, September 15). Masa Sulit, Omzet UMKM Turun Hingga 40%. Retrieved from Marketeers: https://marketeers.com/masa-sulit-omzet-umkm-turun-hingga-40/
Djalante, R. (2020). Progress in Disaster Science,. Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020, 5.
Gareta, S. P. (2020, Agustus 29). Kemenperin: Industri desain produk berpotensi sumbang perekonomian. Retrieved from ANTARANEWS: https://www.antaranews.com/berita/1695758/kemenperin-industri-desain-produk-berpotensi-sumbang-perekonomian
Gorgievski, M. J., Ascalon, M. E., & Stephan, U. (2011). Small Business Owners’ Success Criteria A Values Approach To Personal Differences. Journal of Small Business Management, 207–232.
Hisrich, R. D., Peters, M. P., & Shepherd, D. A. (2017). Entrepreneurship. New York: McGraw-Hill Education.
Kemenparekraf. (2021). Desain Produk. Retrieved from kemenparekraf: https://kemenparekraf.go.id/layanan/Subsektor-Ekonomi-Kreatif/Desain-Produk
Kemenparekraf. (2021). Subsektor Ekonomi Kreatif. Retrieved from Kemenparekraf: https://kemenparekraf.go.id/layanan/Subsektor-Ekonomi-Kreatif
Kemenparekraf. (2021, Maret 5). Indonesia Menjadi Inisiator tahun Internasional Ekonomi Kreatif Dunia. Retrieved from Kemenparekraf: https://kemenparekraf.go.id/ragam-ekonomi-kreatif/Indonesia-Menjadi-Inisiator-Tahun-Internasional-Ekonomi-Kreatif-Dunia
Limansetyo, H. (2021, Mei 5). UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia. Retrieved from Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia: https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia
Masyrafina, I. (2017, Agustus 18). Kontribusi UMKM untuk Pertumbuhan Ekonomi Diprediksi Turun. Retrieved from republika: https://republika.co.id/berita/ekonomi/makro/17/08/18/ouvlqv382-kontribusi-umkm-untuk-pertumbuhan-ekonomi-diprediksi-turun
Mawaddah, P., Huang, B.-N., & Chang, C.-H. (2020). Analysis of the Key Success Factors for Commercializing Innovation. IPTEK The Journal for Technology and Science, 31(2), 111. https://doi.org/10.12962/j20882033.v31i2.6330
Prameka, A. S., Sudarmiatin, ., Wiraguna, R. T., Prabowo, S. H. W., & Do, B. R. (2021). A New Strategic Business Expectancy for MSME Sustainability: The Impact of Uncertainty During the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 2021, 290–299. https://doi.org/10.18502/kss.v5i8.9381
Rahadian, F., & Zulkarnaen, W. (2021). How Work Culture Effects On Employee Performance During The Covid-19 Pandemic : A Quantitative Analysis. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 1844-1855. https://doi.org/10.31955/mea.v5i1.1704
Safitri, K. (2021, Juli 7). Ini 2 Subsektor Ekonomi Kreatif yang Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini 2 Subsektor Ekonomi Kreatif yang Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/07/07. Retrieved from kompas.com: Ini 2 Subsektor Ekonomi Kreatif yang Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19 Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini 2 Subsektor Ekonomi Kreatif yang Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2021/07/07
Saretta, I. R. (2021, Januari 6). Memahami Pengertian UMKM, Ciri, dan Perannya bagi Ekonomi. Retrieved from Cermati: https://www.cermati.com/artikel/memahami-pengertian-umkm-ciri-dan- perannya-bagi-ekonomi
Sembiring, L. J. (2021, March 26). Sad! 30 Juta UMKM Gulung Tikar Karena Corona. Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/news/20210326144212-4-233127/sad-30-juta-umkm-gulung-tikar-karena-corona
Siagan, V., Rahmadana, M. F., Basmar, E., Purba, B. P., Nainggolan, L. E., Nugraha, N. A., Purba, B. (2020). Ekonomi dan Bisnis Indonesia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods. In The Journal of Nervous and Mental Disease (5th ed., Vol. 179). https://doi.org/10.1097/00005053-199102000-00025
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.