STRATEGI BISNIS ERA NEW NORMAL PASCA PANDEMI COVID-19 DI PT BPR ASIA SEJAHTERA

  • Enda Oktana Universitas Batam
Kata Kunci: Impact of the COVID-19 pandemic, COVID-19, business strategy

Abstrak

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji implementasi strategi bisnis era new normal pasca pandemi COVID-19 PT. BPR Asia Sejahtera. Inti pada penelitian ini yaitu di bidang bisnis dan operasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berdasarkan wawancara berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek dari pandemi COVID-19, sedikit terganggu pada pertumbuhan kredit, Peningkatan NPL, dimana pendapatan usaha debitur menurun yang mempengaruhi untuk membayar hutang, Penangguhan pembayaran dari debitur mengakibatkan pengaruh pada likuiditas, Keterlambatan pertumbuhan kredit mengakibatkan menurunnya pendapatan bunga, Biaya operasional menjadi bertambah akibat diterapkannya protokol kesehatan pada era new normal pasca pandemi, Penurunan laba berakibat pada potensi penurunan CAR. Adapun cara PT. BPR Asia Sejahtera menyikapinya yaitu dengan menerapkan strategi khusus antara lain penerapan praktik sehat dan relaksasi Perampingan, restrukturisasi, fokus pada segmen dengan pendapatan stabil, ekspansi Jaringan, manajemen biaya, tinjauan profil risiko pelanggan dan penundaan pendanaan. implementasi strategi Bisnis terdampak untuk memerangi dampak pandemi COVID-19, dan ini caranya mencapai tujuan perusahaan. untuk mencapai tujuan bisnis PT. BPR Asia Sejahtera menerapkan strategi tersebut Pemasaran, Keuangan, Penggalangan Dana, Pengawasan, Pengembangan dan Operasi Sumber Daya Manusia. Di Masih terdapat kendala dalam penerapan strategi bisnis tersebut, misalnya kurangnya antusiasme karyawan. stabil, departemen sumber daya manusia tidak terorganisir dengan baik, banyak permintaan hibah, hanya ada dua karyawan. pengawasan, dan masih adanya kebijakan operasional yang ditetapkan belum memadai.

Referensi

https://www.jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/scoab/article/viewFile/3111/2087
https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2021/01/47.pdf
A guide to qualitative observation and analysis (4th Ed.).
Analyzing Social Settings: A Guide to Qualitative Observation and Analysis (4th Ed.).
Abdullah, Thamrin Dan Francis Tantri., (2013). (2015). Manajemen Pemasaran.
Cet. Ii. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Adam Akbar (2011): Pengaruh Kualitas Produk In Jurnal Ekonomi dan Bisnis.
American Marketing Association. (2012). Definition of Marketing. In About AMA.
Frianto, P. (2012). Manajemen Dana dan Kesehatan Bank. In Manajemen Dana dan Kesehatan Bank.
Garavan, T. N., Morley, M., Gunnigle, P., & Collins, E. (2001). Human capital accumulation: the role of human resource development.
Journal of European industrial training,
Journal of European Industrial Training,.
Hancock, D. R., & Algozzine, B. (2006). Doing Case Study Research: A Practical Guide for Beginning Researchers. Third Edition. In Teachers College Press.
Hasibuan, M. S. P., & Malayu S.P Hasibuan. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara.
Huberman, A., & Miles, M. (2012). Understanding and Validity in Qualitative Research. In The Qualitative Researcher’s Companion.
https://doi.org/10.4135/9781412986274.n2
Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. https://doi.org/10.9744/jak.4.2.pp.106-125
Lofland, J., Snow, D., Anderson, L., & Lyn, L. (2006).
Analyzing Social Settings: KBBI. (2016).
Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ). In Kementerian Pendidikan dan Budaya.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing management (13th ed.). In PrenticeHall.
Kurniawan, A. (2020). Pengertian Strategi – Tingkat, Jenis, Bisnis, Integrasi, Umum, Para Ahli.
In Gurupendidikan.Co.Id. Laksmana, A., dan M. (2002). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, SALING KETERGANTUNGAN, KARAKTERISTIK SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.
Mulyadi, S. (2007). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. In Salemba Empat.
Nurhanisah, Yuli. (2020). Dampak Corona Terhadap Ekonomi Indonesia.
http://indonesiabaik.id/infografis/dampak-corona-terhadap-ekonomi-indonesia
Undang-undang RI No. 10. (1998). Undang-undang RI No. 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-undang No. 7 Tahun 1992, Tentang Perbankan.
Bank Indonesia. WHO. (2020).
Coronavirus disease (COVID-2019) situation reports. World Health Organisation.
Widiarto, Eko. 2020. Interview dengan Eko Widiarto. diinterview oleh Octavian Setyo. 8 September. Yogyakarta
Zuraya, Nidia. 2020. Tiga Dampak Besar Pandemi Covid-19 bagi Ekonomi RI. https://republika.co.id/berita/qdgt5p383/tiga-dampak-besar-pandemi-covid19-bagi- ekonomi-ri (10 November 2020)
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Diterbitkan
2023-04-04