ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT DITINJAU DARI ASPEK FINANCE (Studi Kasus Pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Yang Tercatat di BEI)

  • Jozef R Pattiruhu Universitas Pattimura Ambon
  • Rosina Terry STIESA SAUMLAKI MALUKU

Abstract

Perbankan memiliki peran besar dalam perekonomian, hal ini tidak terlepas dari peran bank sebagai lembaga intermediasi, di mana bank memiliki tugas untuk menghimpun dana dari masyarakat yang kemudian menyalurkanya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Belum optimalnya penyaluran kredit yang dilakukan oleh bank menjadi latar belakang dilakukanya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah  Loan to Asset Ratio(LAR), Loan to Deposite Ratio(LDR) berpengaruh positif terhadap keputusan pemberian kredit dan Non Perfoming Loan(NPL) berpengaruh negative terhadap keputusan pemberian kredit. Penelitian ini menggunakan Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk sebagai objek penelitian, dengan periode penelitian dari tahun 2012-2016 (secara triwulan). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, sementara Uji hipotesis menggunakan Uji-t untuk menguji pengaruh variabel secara partial, serta Uji-F untuk menguji pengaruh variabel secara serempak dengan tingkat signifikansi 5%. Berdasarkan penelitian diproleh hasil bahwa Loan to Asset Ratio(LAR), dan Loan  to Deposite Ratio(LDR) berpengaruh positif terhadap keputusan pemberian kredit serta Non Perfoming Loan(NPL) berpengaruh negative terhadap keputusan pemberian kredit.

Published
2019-02-05
How to Cite
Pattiruhu, J. R., & Terry, R. (2019). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT DITINJAU DARI ASPEK FINANCE (Studi Kasus Pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional, Tbk Yang Tercatat di BEI). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 170-179. https://doi.org/10.31955/mea.vol3.iss1.pp170-179