MENINGKATKAN AKSESIBILITAS PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI JURNAL.ID PADA USAHA TAS

  • Indri Utami Universitas Langlangbuana, Bandung
  • Ayi Astuti Universitas Langlangbuana, Bandung
  • Nugraha Pranadita Universitas Langlang Buana, Bandung
  • Zulpa Lailathus Sa’adah Universitas Langlang Buana, Bandung
  • Nanda Alifiah Riyadi Universitas Langlang Buana, Bandung

Abstract

PKM ini melibatkan dua orang mahasiswa dan mitra yang mempunyai usaha mikro produksi tas dengan merek Trojika. Kemudian usaha mikro milik mitra tersebut akan dibantu dalam pendampingan pembuatan laporan keuangan dengan menggunakan software e-solution melalui program PKM ini. Mahasiswa dengan pemahaman akademis yang dimilikinya diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya pembuatan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi untuk mencegah kemungkinan terjadinya kesalahpahaman dalam pemberian informasi kuantitatif  dikemudian hari kepada pelaku usaha mikro lainnya, dan memberikan pemahaman bahwa laporan keuangan bisa digunakan dalam pengambilan keputusan investasi dan kredit.

Di dalam pelaksanaan pendampingan pembuatan laporan keuangan, setelah kami memberikan pemahaman, penjelasan, dan praktek mengenai software e-solution, mitra mengalami kendala dalam mengaplikasikan software tersebut salah satu kendalanya yaitu kurang memahami dan adanya keterbatasan kemampuan mengenai software e-solution dan software tersebut sampai saat ini belum bisa digunakan melalui handphone hanya bisa digunakan melalui komputer atau laptop. Melihat keterbatasan tersebut kami tim PKM akhirnya memberikan solusi dengan menggunakan aplikasi Jurnal.id, dimana aplikasi jurnal.id merupakan aplikasi mengenai pembuatan laporan keuangan  yang lengkap dan bisa digunakan dimana saja dan kapan saja karena selain bisa menggunakan komputer ataupun laptop, aplikasi jurnal.id bisa menggunakan handphone. Tugas mahasiswa pada PKM ini melakukan pendampingan praktek dalam pembuatan laporan keuangan yang dimaksud. Dengan demikian mahasiswa pelaksana kegiatan PKM mempunyai kemampuan dan pengalaman untuk melakukan pembuatan laporan keuangan. Mahasiswa yang akan diikut sertakan pada PKM ini adalah mahasiswa yang mempunyai kemauan, kemampuan, dan kepedulian untuk membantu usaha mikro tersebut, karena diharapkan mahasiswa yang dimaksud dapat memberikan kontribusi pada pelaksanaan PKM dalam bentuk waktu, tenaga, kemampuan, dan biaya. Manfaat bagi mahasiswa setelah melaksanakan PKM adalah secara profesional dapat membantu pendampingan dalam pembuatan laporan keuangan.

References

Sadeli Lili M, Dasar-Dasar Akuntansi, Bumi Aksara, Jakarta, 2018.
Sumarni Murti, Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan), Liberty, Yogyakarta,1997.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.
Pranadita, Nugraha. Utami, Indri. SMachmudt, Andrean Perdiansyah, Advokasi Usaha Mikro Terkait Dengan Pentingnya Pendaftaran Merek Dalam Rangka Perlindungan Kekayaan Intelektual Kaitannya Dengan Marketing Mix, JIMEA, Vol.5 No.3, 2021.
Published
2022-12-31
How to Cite
Utami, I., Astuti, A., Pranadita, N., Sa’adah, Z. L., & Riyadi, N. A. (2022). MENINGKATKAN AKSESIBILITAS PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN MENGGUNAKAN APLIKASI JURNAL.ID PADA USAHA TAS. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 2257-2271. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2763