STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INDUSTRI MARITIM BAGI TARUNA POLITEKNIK TRANSPORTASI SUNGAI, DANAU, DAN PENYEBERANGAN PALEMBANG

  • Oktrianti Diani Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang
  • Slamet Prasetyo Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang
  • Hari Arkani Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembangoktriantidiani2@gmail.com
  • Dewi Kartikasari Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang
  • Ayatullah Ryanto Akbar Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang

Abstract

Penelitian tindakan kelas dengan deskriptif kualitatif ini dilatarbelakangi oleh bahasa Inggris sebagai alat komunikasi yang sangat dibutuhkan di dunia kerja, khususnya Bahasa Inggris Maritim. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris taruna dalam berkomunikasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga November 2022, bertempat di Politeknik Angkutan Perairan Darat dan Penyeberangan Palembang pada Taruna tingkat II dan tingkat III Program Studi Ilmu Pelayaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan deskriptif kualitatif dengan melakukan 14 Perlakuan. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif untuk data berupa dokumen hasil karya siswa, daftar nilai dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh sejumlah 20 orang yang mendapat skor ˂ 70 dan 39 orang mendapat skor = 70 sehingga berdasarkan standar penilaian kampus nilai kategori B adalah 70 ke atas, maka rata-rata kemampuan Bahari Study Taruna adalah 33% untuk mendapatkan skor kategori B dengan fokus pada komunikasi SMCP (Standard Marine Communication Phrases) di atas dek, di laboratorium Bahasa Inggris Maritim dan juga di tempat lain selama 14 kali Perawatan menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam kemampuan komunikasi antar taruna yang dapat dilihat dari nilai pretest dan posttest yang dapat disimpulkan nilai posttest menunjukkan bahwa 100% taruna Studi Pelayaran Politeknik Angkutan Perairan Darat dan Penyeberangan Palembang mendapatkan nilai diatas = 70.

References

Amelia, D. (2021). Upaya Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Storytelling Slide and Sound. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 22-26.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cet. Ke-12. Jakarta. Rineka Cipta.
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.
Busrial, B. (2022). Upaya meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle). Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 1-8.
Conference of Parties to the International Convention on Standards of Training, Certification and Watchkeeping for Seafarers, 1978. (2010). Adoption of The Final Act and Any Instruments, Resolutions and Recommendations Resulting from The Work of The Conference. Manila: International Maritime Organization.
Creswell, & W, J. (1994). Research Design Quantitative & Qualitative Approach. London: Sage Publication, Inc.
Demydenko, N. (2012). Teaching maritime English: A linguistic approach. Journal of shipping and Ocean Engineering, 2(4), 249.
Fitria, R., Ervina, E., Kurniati, K., & Astafi, R. (2021). Pendampingan peningkatan kemampuan bahasa Inggris siswa panti asuhan Dayang Dermah Bengkalis. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 56-61.
Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Slemba Humanika.
Hoesien, R., & Manuputy, D. (2009). Kamus Pelayaran. Jakarta: Citra Harta Prima.
Karmiani, S. (2018). Penggunaan Media Komik Berbahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Teluk Kuantan. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 2(6), 883-890.
Martens, L. (2015). Revision of IMO Model Course 3.17 Maritime English. Focus on Maritime English to Auxiliary Personnel. Rumania: Romanian Maritime Training Center.
Moleong, L. J. (2000) Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: PT. Remaj Rosdakarya.
Naiborhu, R. (2019). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris melalui metode bermain peran. Jurnal global edukasi, 3(1), 7-12.
Noge, M. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Bilingual Preview-Review Berbasis E-Flashcard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Smp. Journal of Education Technology, 2(1), 13-19.
Nurchaerani, M., & Nursyamsi, F. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar di Masa Pandemi Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Secara Daring. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-7.
Patilima, H. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Pembayun, Sylvia Putri. (2017). Meningkatkan Ketrampilan ABK Dalam Berkomunikasi Dengan Bahasa Inggris Saat Melaksanakan Dinas Jaga di Pelayaran Surabaya KMP. PORTLINK VII. Surabaya: Politeknik Pelayaran Surabaya: Politeknik Pelayaran Surabaya.
Permata, N. N., & Hadiani, D. (2018). Pelatihan bahasa Inggris dasar dalam upaya peningkatan kemampuan mahasiswa bidikmisi polman Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 338-341.
Prayitno, E. D., & Rahmawati, Y. (2021, November). Pengaruh Pembelajaran Bahasa Inggris Maritime di Kelas terhadap Kemampuan Taruna Berkomunikasi di Simulator. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 3, No. 1, pp. 172-176).
Riduwan. (2003). Dasar-Dasar Statistika Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabet.
Sasha. (2016). Pengertian Keselamatan Kerja. http://artikel-az.com/pengertian-
Setiawati, S. (2016). Penggunaan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Pembelajaran Kosakata Baku dan Tidak Baku pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Gramatika, 2(1), 80391.
Sugiyono (2016) Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Suprapta, D. N. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa. Journal of Education Action Research, 4(3), 240-246.
Susini, M. (2020). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 37-48.
Tim penyusun (2016). Maritime English for Deck. Surabaya: Politeknik Pelayaran Surabaya.
Usman, H., & Akbar, P. S. (2008). Metodologi Penelitian Sosial (Edisi 2). Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Wallen, N. E., & Fraenkel, J. R. (1991). Educational Research: A Guide to the process: San Francisco State University.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2022-12-29
How to Cite
Diani, O., Prasetyo, S., Arkani, H., Kartikasari, D., & Akbar, A. R. (2022). STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INDUSTRI MARITIM BAGI TARUNA POLITEKNIK TRANSPORTASI SUNGAI, DANAU, DAN PENYEBERANGAN PALEMBANG. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 2172-2183. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2740