PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN PARA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

  • Esti Tri Endarwati Universitas Taman Siswa
  • Sari Mustika Widyastuti Universitas Taman Siswa
  • Desfitrina Desfitrina Universitas Taman Siswa

Abstract

Dalam pendekatan konseptual tentang kemungkinan Pemasaran UMKM melalui media sosial, melalui pencarian Google Scholar periode 2012  hingga 2022 diperoleh puluhan dokumen berisi proposal dan pengalaman menarik; hal yang sama dikompilasi dalam database di Excel, memungkinkan mengatur konsultasi dan analisis untuk mengidentifikasi elemen yang dikenakan pajak pada strategi pemasaran yang sesuai melalui media sosial, selain mengeksplorasi praktik yang baik di Indonesia untuk menyediakan berbagai alat bagi perusahaan dan teknik yang telah dikembangkan dalam konteks saat ini. Dalam dokumen tersebut dianalisis evolusi pemasaran sebagai suatu disiplin dan kemampuan untuk terlibat dengan perubahan teknologi yang dikembangkan dengan kemajuan internet sebagai sarana komunikasi yang masif dan kuat, yang berkaitan dengan yang menghasilkan situs web, pentingnya kehadiran dalam media sosial dan memposisikan produk UMKM di pikiran konsumen pada posisi memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk pesaing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dengan metode tinjauan pustaka.

References

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu: implementasi untuk UMKM. Neo-Bis, 8(2), 179-189.
Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen (Sebuah studi literatur). Eksekutif, 15(1), 133-146.
Harzing, A. W. (2008). Google Scholar-a new data source for citation analysis. University of Melbourne.
Irianto, A. B. P. (2015). pemanfaatan social media untuk meningkatkan market share UKM. Jurnal Teknomatika, 8(1), 1-12.
Leiwakabessy, P., & Lahallo, F. F. (2018). Pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai Solusi dalam Meningkatkan Produktivitas Usaha pada UMKM Kabupaten Sorong. Journal of Dedication to Papua Community (J-DEPACE), 1(1), 11-21.
Lubis, T. A., & Junaidi, J. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi pada usaha mikro kecil dan menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 3(3), 163-174.
Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia.
Nugroho, C. (2020). Cyber Society: Teknologi, Media Baru, dan Disrupsi Informasi. Prenada Media.
Marlinah, L. (2020). Peluang dan tantangan UMKM dalam upaya memperkuat perekonomian nasional tahun 2020 ditengah pandemi covid 19. Jurnal Ekonomi, 22(2), 118-124.
Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76-83.
Salmiah, S., Fajrillah, F., Sudirman, A., Siregar, M. N. H., Simarmata, J., Suleman, A. R., ... & Jamaludin, J. (2020). Online Marketing. Yayasan Kita Menulis.
Sari, O. H., Halim, F., Tanjung, R., Permadi, L. A., Prasetio, A., Hasnidar, H., ... & Simarmata, J. (2021). Manajemen bisnis pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., ... & Sahir, S. H. (2019). E-learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Simanjuntak, M. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada E-Business. E-Business: Inovasi di Era Digital, 33.
Simanjuntak, M., Setiawan, A., Nasrullah, N., Abdillah, L. A., Mistriani, N., Simarmata, J., ... & Yendrianof, D. (2021). Pemasaran Digital Pariwisata Indonesia. Yayasan Kita Menulis.
Syahputro, E. N. (2020). Melejitkan pemasaran UMKM melalui media sosial. Caremedia Communication.
Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.
Widioatmodjo, S. (2016). New business model in digital age. Elex Media Komputindo.
Widnyani, N. M., Astitiani, N. L. P. S., & Putri, B. C. L. (2021). Penerapan Transformasi Digital pada UKM Selama Pandemi Covid-19 di Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 6(1), 79-87.
Wijaya, H., & Sirine, H. (2016). Strategi segmenting, targeting, positioning serta strategi harga pada perusahaan Kecap Blekok di Cilacap. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 1(03), 175-190.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-12-29
How to Cite
Endarwati, E. T., Widyastuti, S. M., & Desfitrina, D. (2022). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PEMASARAN PARA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2164-2171. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2739