PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TARUNA ANGKATAN XXXII DI POLTEKTRANS SDP PALEMBANG

  • Siti Nurlaili Triwahyuni Politeknik Transportasi SDP Palembang
  • Paulina M Latuheru Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang
  • Elfita Agustina Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang
  • Donny Afrizal Melayu Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang
  • Elza Putri Octavia Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang

Abstract

Gaya belajar memiliki peranan penting selama proses pembelajaran yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar, maka selayaknya sekolah maupun perguruan tinggi dan tenaga pengajar dapat memetakan kurikulum dan gaya mengajar yang dapat mengakomodir berbagai macam gaya belajar, sehingga dapat memacu motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar keseluruhan dan gaya belajar dominan Taruna Politeknik Transportasi SDP Palembang serta mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar Taruna dan Taruni Angkatan XXXII Politeknik Transportasi SDP Palembang menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukan gaya belajar Taruna Angkatan XXXII di Lingkungan Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberanga Palembang secara umum memiliki komposisi gaya belajar kinestetis sebesar 35%, gaya belajar Visual sebesar 33% dan gaya belajar Auditori yaitu sebesar 32%. Gaya belajar taruna didominasi oleh gaya belajar kinestetik dengan rata-rata persentase sebesar 35%. Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar baik hasil belajar secara teori, praktek maupun kombinasi keduanya, secara bersama-sama (Simultan) maupun secara parsial menunjukan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap hasil belajar pada taraf kepercayaan 95% didasarkan pada nilai significance F, t stat dan p value rata-rata 0,19 (>0,05). Hal ini didukung dengan tingkat korelasi antar kedua variabel tersebut dalam kategori lemah dengan rata-rata sebesar 0,31 dan besar kontribusi rata-rata hanya sebesar 1% dalam mempengaruhi hasil eblajar sedangkan 99% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

References

Abu-Hamdan, T., & Khader, F. (2014). Alignment of Intended Learning Outcomes with Quellmalz Taxonomy and Assessment Practices in Early Childhood Education Courses. Journal of Education and Practice.
Chan, M. D., & Rahman, I. (2019). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Kuliah Keterampilan Membaca Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP YDB Lubuk Alung. Jurnal Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1).
DePorter, B. (2009). Quantum writer. PT Mizan Publika.
Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2012). Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haviz, M. (2020). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek. ISSN:2085-8019
Kurniawati, A. I. (2013). Gaya Belajar Siswa Kelas X dan XI IPA Serta Gaya Mengajar Guru dikelas Tersebut dalam Pembelajaran Fisika di SMA Bakti Karya Kaloran Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Labu, N. (2021). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Siswa Kelas X SMAK St. Petrus Ende Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(1), 1-21.
McNeil, R. C. (2011). A Program Evaluation Model: Using Bloom's Taxonomy to Identify Outcome Indicators in Outcomes-Based Program Evaluations. Journal of adult education, 40(2), 24-29.
Nasution, S. (2000). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nugroho, R. E., & Sami, W. (2016). Pengaruh Pembinaan Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Taruna Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang. Sains Manajemen, 2(2).
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56-63.
Purboyo. (2020). Modul Statistika Terapan. Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang.
Rizky, N. A. (2022). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Antara Siswa yang Diajarkan dengan Model Pembelajaran Inkuiri dan Discovery Learning Pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Rizqi, A. (2013). Gaya Belajar Siswa SMK Piri 1 Yogyakarta. Fakultas Teknik Uniersitas Negeri Yogakarta.
Saputri, F. I. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik terhadap Prestasi Bejajar Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 3(01), 25-36.
SP, A. R., Wasito, B., Lestari, S., & Agustiono, R. M. R. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Suportif, Palayanan dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Taruna Lalu Lintas Udara Angkatan VIII untuk Mengoptimalkan Daya Serap Lulusan Politeknik Penerbangan Surabaya. Jurnal Penelitian, 3(3), 67-77.
Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Sukarto, S., Fitriana, M. A., & Hasanah, A. (2022). Gaya Belajar Siswa Berprestasi Di SDN 1 Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara Tahun 2021. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Supriadi, D. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matakuliah Metode Penelitian Mahasiswa Semester Genap Tahun 2018/2019. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(2), 97-106.
Suprihartini, Y. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Sarana Prasarana Pendidikan terhadap Prestasi Belajar Taruna Teknik Penerbangan Pada Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia. Langit Biru: Jurnal Ilmiah Aviasi, 11(1), 52-58.
Sutejo, D., Kusmanto, H., Warjio, W., & Lubis, A. A. (2020). Implementasi Undang-Undang tentang Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Timur. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 162-167.
Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Walker, T. D. (2017). Teach Like Finland. Jakarta: Grasindo.
Wardhani, I. S., Hanik, U., & Wulandari, R. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Trunojoyo. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 2(1), 42-54.
Wiranata, F. (2020). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Prodi PGMI UIN Raden Intan Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Yulianci, S., Nurjumiati, N., & Asriyadin, A. (2020). Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) Siswa Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 40-44.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2022-12-29
How to Cite
Triwahyuni, S. N., Latuheru, P., Agustina, E., Melayu, D. A., & Octavia, E. P. (2022). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TARUNA ANGKATAN XXXII DI POLTEKTRANS SDP PALEMBANG. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 2183-2195. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2738