TINJAUAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA PRODUK PADA KONSUMEN KANTOR POS BANDUNG (40111)

  • Desy Oktaviani Universitas Widyatama
  • Cyntia Winda Universitas Widyatama

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Tinjauan Kebijakan Penetapan Harga Pada Konsumen Kantor Pos Bandung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui harga, kualitas dan manfaat yang terima konsumen kantor pos sesuai dengan ekpektasi konsumen dan untuk mengetahui solusi agar kantor pos semakin dimintati konsumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Hasil observasi dan wawancara bahwa kebijakan harga pada kantor Pos Bandung sudah sesuai dengan pelayanan yang diberikan, karena Harga tersebut dari Harga Produk yang disusun berdasarkan Harga Pokok Produksi (HPP) + Profit Margin. Konsumen atau mitra  dapat memilih pelayanan mana yang akan digunakan, dimana harga yang ditawarkan tentunya dengan harga yang sesuai kebutuhan.

References

Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Mie Endess di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), 96-104.
Annisa, A. A. (2013). Penetapan Harga Jual Produk Murabahah Studi Kasus di BMT Rama Salatiga. Muqtasid: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 4(2), 239-266.
Apriani, D. (2019). Tinjauan Terhadap Hukum Persaingan Usaha di Indonesia dari Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen. Jurnal Panorama Hukum, 4(1), 19-30.
Aprihatiningrum Hidayati, M. M., Sifatu, W. O., Maddinsyah, A., Sunarsi, D., MM, C., & Jasmani, S. E. (2021). Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik. Cipta Media Nusantara (CMN).
Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala: Journal of Pembangunan Jaya University, 3, 49-56.
Arianto, A. B. (2013). Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Konsumen terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(2), 294-305.
Bakhri, S., & Purnama, L. (2018). Tinjauan Etika Bisnis Islam dalam Strategi Pemasaran Home Industri Tahu Sari Rasa. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 3(2), 284-299.
Batubara, A., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1).
Ernawati, E., Mulyana, M., & Morita, M. (2022). Tinjauan atas Penetapan Harga Pada Surya Garden. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 2(1), 61-66.
Halimah, M. A., & Yanti, R. D. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kilat Khusus Mitra Korporat Kantor Pos Purwokerto. Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen, 5(1), 70-79.
Kencana, S. (2019). Analisis Strategi Penetapan Harga SKM. CLOTHING. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), (2), 1003-1011.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing, 15th Pearson Education Limited. Priansa, Donni Juni,(2017) Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.
Maretiana, R. S., & Abidin, Z. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, 14(3).
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 78663.
Nasution, M. F. R. (2014). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia SEI Mencirim Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 14(2).
Pagiu, C., & Ta'dung, Y. L. (2022). The Effect of Price and Service Quality on Consumer Satisfaction on Harapan Jaya Automotive and Car Wash District Tana Toraja. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 5(1).
Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).
Ridwan, S. M., Fauziah, N. E., & Senjiati, I. H. (2017). Tinjauan Fikih Muamalah dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen terhadap Penetapan Harga pada Jasa Taksi Online Grabcar. Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 3(2), 454-462.
Sarwanto, C., Wiyono, E. S., Nurani, T. W., & Haluan, J. (2014). Kajian Sistem Pemasaran Ikan Hasil Tangkapan Nelayan di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Diy. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 9(2), 207-217.
Semaun, S., & Darwis, D. (2020). Pengaruh Strategi Penetapan Harga terhadap Minat Beli Konsumen Di Matahari Department Store Makassar (Analisis Etika Bisnis Islam). Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 4(01), 1-15.
Slat, A. H. (2013). Analisis Harga Pokok Produk dengan Metode Full Costing dan Penentuan Harga Jual. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Soleh, M. F. (2020). Penimbunan Alat Pelindung Diri pada Masa Pandemi Covid-19: Kajian Hukum Pidana Bidang Perlindungan Konsumen. Undang: Jurnal Hukum, 3(1), 1-31.
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta. Andi Offset.
Wening, N., Al Hasny, M., & Fitry, R. (2016). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan pada Obyek Wisata Kebun Raya dan Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka di Kota Yogyakarta. Jurnal Kajian Bisnis, 22(1).
Widodo, S. (2019). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle). JEpa, 4(1), 84-90.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-12-29
How to Cite
Oktaviani, D., & Winda, C. (2022). TINJAUAN KEBIJAKAN PENETAPAN HARGA PRODUK PADA KONSUMEN KANTOR POS BANDUNG (40111). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 2171-2182. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2729