PENGARUH LOKASI, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KEDAI KOPI JANJI JIWA JILID 667 TOMOHON
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Kopi Janji Jiwa Jilid 667 Tomohon. Pada penelitian ini ukuran sampel diambil dengan menggunakan rumus Lemeshow berjumlah 100 orang. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Data diambil menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala Likert. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh secara parsial namun lokasi tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa lokasi, kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen.
References
Andharini, S. N., & Marsudi, M. (2019). Analysis of Consumer Differences in Deciding to Choose Retail Mix in Convenience Store. Manajemen Bisnis, 9(2).
Apriyani, D. A., & Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen the Little a Coffee Shop Sidoarjo) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).
Bailia, J. F., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Warung-Warung Makan Lamongan di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hughes, D., & Hitchcock, G. (2008). Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ilmiyati, A., & Munawaroh, M. (2016). Pengaruh Manajemen Rantai Pasokan terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Perusahaan (Studi pada Usaha Kecil dan Menengah di Kabupaten Bantul). Jurnal Manajemen Bisnis, 7(2), 226-251.
Jaya, W., Arifin, R., & Slamet, A. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Kafe Family Kopi di Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 10(01).
Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen di I Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal of Management, 4(4).
Mischitelli, V. (2000). Your New York Restaurant Adams.Media Coorporation Holbrook.
Noor, J. (2011). Metode Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah, cet. Ke-11, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Pandia, G. R. A., & Andri, S. (2017). Pengaruh Promosi Sepeda Motor Merek Honda Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt. global Jaya Perkasa Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Pio, J., Mamuaya, N., & Angmalisang, S. (2022). Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Kopi Janji Jiwa Jilid 667 Tomohon. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(4).
Pongoh, M. (2013). Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Bumi Resources Tbk. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Prasetyo, M. D., Susanto, S., & Maharani, B. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 23-32.
Priwastyani, T., Fitriadi, B. W., & Pauzy, D. M. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Bakso Baturetno. Insight Management Journal, 3(1), 11-21.
Rangkuti, F. (2009). Riset Pemasaran, Cetakan Kesebelas. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Rodli, A. F., & Khalimah, S. (2021). Analisis Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga, Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Tanaman Hias di “Pasar Puspa Agro Sidoarjo. Iqtishad Equity Jurnal Manajemen, 3(2), 303-315.
Romadhan, M. J. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen pada Bober Cafe Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Rumagit, H., & Pandowo, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga pada Kepuasan Pelanggan di Casey Musik Studio. Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 40-51.
Salim. S. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Cipta Pustaka.
SANTI, S., & PUTRA, A. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Suasana Café terhadap Kepuasan Konsumen pada Café Bumi di Batu Bara. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains, 3(1), 84-93.
Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku konsumen edisi 7. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Tjiptono & Chandra. (2016). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.
Wulandari, N., & Mudiantono, M. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Kopikita Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Wulandari, Nur 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi terhadap Kepuasan Konsumen Studi kasus pada konsumen Kopi Kita Semarang. eJurnal undip. ISSN (Online): 2337-3792 Volume 2, Nomor2.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.