PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI DUKUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH BIRO INFORMASI DAN TEKNOLOGI KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Maureen Sadhana Universitas Indonesia
  • Eko Prasojo Universitas Indonesia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalsiispenerapan analsisi SWOT dalam menentukan strategi dukungan teknologi informasi dan komunikasi oleh Biro Informasi dan Teknologi di Kementerian Sekertariat Negara di era Pandemii. Data kualitatif selanjutnya diolah menjadi data kuantitatif menggunakan Teknik analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) dimana dideskripsikan kembali hasil analisisnya lalu dijabarkan dalam bentuk kualitatif. Dari hasil pengisian kuesioner terhadap sepuluh responden yang merupakan pegawai Kementerian Sekretariat Negara yang menjalani WFH, lalu dilakukan pembobotan serta rating yang menghasilkan Strategi SO (Strength dan Opportunity). Strategi SO tersebut yang harus digunakan oleh Biro Informasi dan Teknologi untuk meningkatkan dukungan teknologi informasi dan komunikasi.

References

Arham, A., & Firmansyah, A. (2021). Strategi Peningkatan Ekspor UMKM Indonesia Selama Pandemi Covid-19. Media Mahardhika, 20(1), 50-68.

Astini, N. K. S. (2019, August). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Guru Sekolah Dasar untuk Menyiapkan Generasi milenial. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 1).

Awaludin, L. (2019). Strategi Penguatan Kompetensi SDM Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) dalam Mengoptimalkan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Paradigma PolistaaT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 118-134.

Azhariadi, A., Desmaniar, I., & Geni, Z. L. (2019, July). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Daerah Terpencil. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ikraith-Informatika, 2(3), 53-60.

Gopinath G. (2020). The Great Lockdown: Worst Economic Downturn Since the Great Depression. IMF Blog - Insights Analysis on Economics and Finance.

Hasrul, M. (2020). Aspek Hukum Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Legislatif, 385-398.

Iskandar, J. (2017). Penerapan Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Madrasah. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik: Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi (e-Journal), 7(1), 38-50.

Lafirda, N. I., Amrozi, Y., & Milad, M. K. (2019). Rancangan Master Plan Sistem Teknologi Informasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk menggunakan metode Ward and Peppard. Technomedia Journal, 3(2 Februari), 197-212.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108-116.

Lazarus, J. V., Ratzan, S., Palayew, A., Billari, F. C., Binagwaho, A., Kimball, S., ... & El-Mohandes, A. (2020). Covid-Score: A Global Survey to Assess Public Perceptions of Government Responses to Covid-19 (Covid-Score-10). PloS one, 15(10), e0240011.

Musthofa, B. M. (2020). Aplikasi Betawi Akses: Model Strategi Pelestarian Budaya Betawi di Era Teknologi Informasi dan Komunikasi Masa Kini. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2).

Nasution, A. P., & Malikhah, I. (2021). Identifikasi Strategi Keberhasilan Layanan E-Goverment di Kota Medan. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 11(2), 38-45.

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu luxio di Malang (Studi Kasus pada PT. Astra International Tbk.–Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA: Informasi Teknik dan Niaga, 14(2).

Osadchuk, M. A., Trushin, M. V., Osadchuk, A. M., & Barabanova, E. A. (2020). Economic Problems of Quarantine Infections. J. Advanced Res. L. & Econ., 11, 1269.

Pamungkas, B. A. (2017). Penetapan Strategi Pemasaran dengan Analisis SWOT. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 2(2), 89-100.

Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61-69.

Subejo, S., Chamidah, N., Nirmalasari, N., Suyoto, S., Hariadi, S. S., Muhamad, M., & Isamayana, I. (2021). Strategi Komunikasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pengembangan Ketahanan Desa Wisata pada Masa Pandemi Covid-19 Di Cirebon. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(1), 90-111.

Telaumbanua, D. (2020). Tinjauan Yuridis Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Akibat COVID-19. Jurnal Education and Development, 8(2), 30-30.

Wibowo, A., & Suyudi, S. (2018). Penerapan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pengembangan Sistem Informasi STIKOM Yos Sudarso Purwokerto. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 1(1), 24-40.

Wuryandari, A. (2018). Affordances dan Dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi di Industri Pariwisata (Studi Kasus Travel Agent di Solo). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 9(2), 993-1000.

Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.

Published
2022-12-08
How to Cite
Sadhana, M., & Prasojo, E. (2022). PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI DUKUNGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI OLEH BIRO INFORMASI DAN TEKNOLOGI KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 1748-1766. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2642