TANTANGAN UMKM DALAM MEMASUKI PEMASARAN DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Artikel ini menjelaskan krisis yang dialami oleh usaha mikro, kecil, dan menengah di seluruh tanah air selama masa darurat kesehatan (COVID-19), karena rendahnya produksi dan berkurangnya penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan UMKM dalam memasuki pemasaran digital di masa pandemi COVID-19. Masalah ini diatasi dengan mempertimbangkan perbedaan sosial ekonomi antara masyarakat yang memiliki akses ke teknologi informasi dan komunikasi dan yang tidak. Untuk mengumpulkan informasi, analisis deskriptif komparatif eksplorasi dilakukan dari studi penelitian utama tentang hubungan antara pemasaran digital dilihat dari dimensi pengembangan bisnis, dimensi komitmen karyawan, dimensi positioning, dimensi kepuasan konsumen dan dimensi kinerja keuangan. Temuan menunjukkan bahwa, terlepas dari adanya perbedaan besar, perusahaan yang saat ini, dalam menghadapi krisis saat ini, berupaya memanfaatkan teknologi digital dan kapasitas konektivitas mereka akan diuntungkan oleh peningkatan penjualan dan keberlanjutan pasar dengan eksposur internasional.
References
Amri, A. (2020). Dampak Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 123-131.
Anggara, S., & Cao, Z. (2019). E-Commerce in Singapore and Indonesia: Comparison of Policies. International Journal of Science and Society, 1(1), 12-23
Ayodya, R. W. (2020). UMKM 4.0. Elex Media Komputindo.
Del Rosa, Y., Idwar, I., & Abdilla, M. (2022). Literasi Keuangan dan Literasi Digital UMKM Kuliner Kota Padang Sebagai Penggerak Pemulihan Ekonomi Masa Pandemi Global Covid 19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dharma Andalas, 24(1), 242-258.
Dewi, M. C. (2020). Pemanfaatan Teknologi Bagi UMKM Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Mozaik, 12(2), 11-19.
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 10(1), 89-98.
Hidayah, R. T. (2017). Pengaruh E–Trust dan Marketing Public Relation terhadap E–Loyalty Konsumen Situs Jual Beli Lazada. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 2(2), 1-17.
Kementerian Koperasi dan UKM. (2021). Perkembangan Data UMKM dan Usaha Besar. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM.
Lestari, E. R. (2019). Manajemen Inovasi: Upaya Meraih Keunggulan Kompetitif. Universitas Brawijaya Press.
Nugraha, A. E. P., & Wahyuhastuti, N. (2017). Start-up Digital Business: Sebagai Solusi Penggerak Wirausaha Muda. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 2(1), 1-9.
Rahmiaji, L. R., Sulistyani, H., & Raharjo, T. (2020). Promosi Digital sebagai Upaya Penguatan Manajemen Pemasaran Batik di Kampung Gedong Kota Semarang. Journal of Community Development & Empowerment, 1(1), 41-52.
Rumondang, A., Sudirman, A., Sitorus, S., Kusuma, A. H. P., Manuhutu, M., Sudarso, A., & Arif, N. F. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen. Yayasan Kita Menulis.
Sari, O. H., Halim, F., Tanjung, R., Permadi, L. A., Prasetio, A., Hasnidar, H., & Simarmata, J. (2021). Manajemen Bisnis Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Sidi, A. P., & Yogatama, A. N. (2019). Mediasi Intellectual Capital atas Pengaruh Digital Marketing Terhadap Kinerja Pemasaran. Iqtishoduna, 15(2), 129-152.
Simanjuntak, M., Candra, V., Azulaidin, A., Sitorus, S. A., Sudarso, A., Siregar, P. A., & Purba, B. (2021). Manajemen UMKM dan Koperasi. Yayasan Kita Menulis.
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi Covid-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 19(1), 76-86.
Sunarsi, D. (2020). Implikasi Digitalisasi UMKM. Digitalisasi UMKM, 57.
Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Suatu Strategi dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Deepublish.
Tasnim, T., Sudarso, A., Anggusti, M., Munthe, R. N., Tanjung, R., Mistriani, N., & Dewi, I. K. (2021). Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147-153.
Utami, B. S. A. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Sektor UMKM di Indonesia. Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 1-7.
Wibowo, E. L. (2018). Rencana Bisnis" Melati Wibowo Sekar" dengan Menggunakan Strategi Diferensiasi Produk. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 1(01), 47-51.
Widodo, W. (2014). Upaya Peningkatan Kinerja Inovatif Berbasis Pola Kerja Cerdas dalam Konteks Teknologi Informasi. Journal of Technology Management, 13(2), 154-172.
Wirawan, I. K. A., Sudibia, K., & Purbadharmaja, I. B. P. (2015). Pengaruh Bantuan Dana Bergulir, Modal Kerja, Lokasi Pemasaran dan Kualitas Produk terhadap Pendapatan Pelaku UMKM Sektor Industri di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4(1), 1-21.
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384-388.
Yanti, V. A. (2018). Pengembangan Kompetensi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bandung dan Bogor. Institut Pertanian Bogor. (Doctoral disertation).
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.