PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

STUDI KASUS PADA ARTOMORO MOTOR CIMAHI

  • Alfan Fahmi Pangestu Ramadhan Universitas Widyatama, Indonesia
  • Fansuri Munawar Universitas Widyatama, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial instagram dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 konsumen Artomoro Motor di Cimahi dan Bandung Jawa Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Dalam pengukuran variabel penelitian, maka digunakan Skala Likert lima poin, yang akan diisi oleh responden sesuai dengan indikator variabel. Untuk mengelolah data yang terkumpul dalam upaya untuk mendapatkan jawaban dari pokok permasalahan, maka metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan software SPSS for windows 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial Instagram dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Peran media sosial instagram memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian dibandingkan dengan kualitas pelayanan. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi kepada industri otomotif untuk memperhatikan kualitas pelayanan kepada konsumen terutama pada Assurance (Jaminan).

References

Abd Rasyid, R., Moniharapon, S., & Trang, I. (2018). Pengaruh Strategi Promosi melalui Social Media, Kualitas Layanan dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki pada PT. Sinar Galesong Mandiri Malalayang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).
Abdullah, T. (2017). Manajemen Pemasaran. Depok; Raja Grafindo Persada. Depok.
Aprilia, N. (2016). Instagram sebagai Ajang Eksistensi Diri Studi Fenomenologi Mengenai Pengguna Instagram sebagai Ajang Eksistensi Diri pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNPAS (Doctoral dissertation, PERPUSTAKAAN).
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Arianto, N., & Patilaya, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelengkapan Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Salt n Pepper pada PT Mitra Busana Sentosa Bintaro. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 6(2), 143-154.
Augustinah, F. (2019). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Makanan Ringan Kripik Singkong di Kabupaten Sampang. Jurnal Dialektika, 4(2), 5-6.
Cahyani, M., & Qadarwati, L. N. (2018). Pengaruh Media Sosial terhadap Omzet Penjualan Handphone Di Outlet Central IT Gresik.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.
Faqihuddin, F., & Sugiyanto, S. (2021). The Effect of Sales Promotion Costs on Sales Quantity at PT Kamajaya Aneka Lestari Tangerang. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(1).
Gray, N., & Fox, M. (2018). Social Media Marketing: Step by Step Instructions For Advertising Your Business on Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, Pinterest, Linkedin and Various Other Platforms. Noah Gray Publisher.
Hermawan, H. (2017). Pengembangan Destinasi Wisata pada Tingkat Tapak Lahan dengan Pendekatan Analisis SWOT. Jurnal Pariwisata, 4(2), 64-74.
Ichsan, M. N. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Bakso Goreng Baper di Media sosial Instagram dalam Menarik Pelanggan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25-34.
Jatmika, S., Aprilianto, T., & Prasetyo, B. P. T. (2017, September). E-Marketing dengan Media Jejaring Sosial untuk Peningkatan Omset Penjualan. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 1, pp. 646-654).
Kiranasari, B. (2014). Faktor-Faktor yang Menentukan Online Seller Memilih Situs Jejaring Instagram sebagai Media Promosi Online Shop (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Faktor-Faktor yang Menentukan Toko Online di Yogyakarta Memilih Media promosi Instagram) (Doctoral dissertation, UAJY).
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Principles of Marketing, 15th Pearson Education Limited. Priansa, Donni Juni,(2017) Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Kusumanto, I. (2017). Analisis Pengaruh Marketing Mix Berbasis Media Sosial untuk Meningkatkan Omzet pada Bual-Bual Cafe. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri, 3(1), 26-30.
Madni, G. R. (2014). Consumer’s Behavior and Effectiveness of Social Media. Global Journal of Management and Business Research: E Marketing, 14(8), 56-62.
Milhinhos, P. R. V. (2015). The Impact of Content Marketing on Attitudes and Purchase Intentions of Online Shoppers: The Case Videos & Tutorials and User-Generated Content (Doctoral dissertation).
Moekijat, M. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju.
Mulyadi. (2017). Sistem Akuntansi. Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016, 2017.
Nirwana, D. A., & Khuntari, D. (2021). Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online pada @Celyne. Official. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5(2), 36-48.
Pulizzi, J., & Barrett, N. (2009). Get Content Get Customers-Turn Prospects into Buyers with Content Marketing. Saxena NSB Management Review, 2(2), 98-100.
Putra, A. R. P. (2018). Implementasi Strategi Pemasaran Berbasis Social Media dan Komunitas sebagai Upaya Meningkatkan Keunggulan Bersaing Perusahaan (Studi Penggunaan Social Media Facebook dan Komunitas pada PT. Yukbisnis Indonesia, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Saragih, E. C. (2015). Tata Kelola Komunikasi Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 24.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektifitas Komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).
Shovia, C. S. (2021). Analisis Media Promosi Instagram terhadap Omzet Usaha Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Rumah Makan Nasi Jamblang Mama Ocha) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Sriwidodo, U., & Indriastuti, R. T. (2010). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa terhadap kepuasan nasabah. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 10(2).
Stanton, W. J. (2016). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet
Syamsiar, R. G., Darna, N., & Kasman, K. (2022). Pengaruh Brand Trust dan Service Quality terhadap Kepuasan Konsumen (Suatu Studi pada Pelanggan Kopi Biji).
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271-278.
Published
2022-12-31
How to Cite
Ramadhan, A. F. P., & Munawar, F. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2286-2309. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2618