PENGEMBANGAN PEMASARAN DIGITAL DAN PELAPORAN KEUANGAN SENTRA INDUSTRI BREM KALIABU KABUPATEN MADIUN

  • Denty Arista Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Putri Nugrahaningsih Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Labbaika Dwi Ayu Rahmawati Universitas Sebelas Maret, Surakarta
  • Zaim Arif Eko Saputra Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Abstract

Era revolusi industri 4.0 semakin menuntut pelaku usaha UMKM untuk menemukan alternatif baru dalam menawarkan produknya melalui pemanfaatan teknologi berupa website dan e-commerce. Selain itu, pembukuan yang baik sesuai standar akuntansi akan memudahkan pelaku UMKM mengelola keuangan dan mengetahui laba dengan benar. Kajian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan bagi pelaku usaha UMKM mengenai pentingnya penggunaan teknologi digital di era ini. Penting juga dilakukan pencatatan keuangan untuk mengetahui keuntungan atau kerugian yang diperoleh. Perlunya pemahaman lebih dalam terkait pembukuan dan pemanfaatan teknologi sebagai alat pemasaran karena sebagian besar pelaku UMKM membutuhkan pengetahuan akuntansi dan teknologi. Penelitian dilakukan pada 60 UMKM Basis Brem di Kota Kaliabu Madiun dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM di Brem Kaliabu dapat memanfaatkan teknologi sebagai pemasaran digital dan memahami teknik akuntansi yang benar sesuai standar akuntansi UMKM setelah proses sosialisasi dan pendampingan oleh tim peneliti.

References

Amirya, M. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM Bagi Mahasiswa Universitas Terbuka. Jurnal Humaniora Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(2). 56-62
Biduri, S. (2021). Pendampingan Penyusunani Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi pada Bumdes Sumber Rejeki Desa Durung Bedug Kabupaten Sidoarjo. Jurnal PKM: Pengabdian kepada Masyarakat. 4(6). 650-655
Dialysa, F., & Mohamad, H. P. (2021). Optimalisasi Omzet melalui Perencanaan Pemasaran Digital dan Pelatihan Pencatatan Keuangan Cuanki Kang Raffie Bandung. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas. 5(2). 2716-0149
Handajani, L., Akram., Lalu, M. F., & Ahmad, R. (2019). Penggunaan Pemasaran Digital pada Usaha Home Industry Kopi Lombok di Desa Sigerongan Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Abdi Insani LPPM Unram. 6(3). 409-421
Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita. 9(1). 25-43
Hennink, M., Hutter, I. & Bailey, A., (2020). Qualitative Research Methods. London: Sage Publications Ltd.
Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis. Edisi VI. 95-112
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA. 11(2). 46-53
Khoziyah, S., & Evawani, E. L. (2021). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram @Kpopconnection. Jurnal Ilmu Komunikasi.10(1),. 39-50
Mustika, I., & Ferdila. (2022). Pengenalan Standar Keuangan Entitas Mikro Kecil & Menengah (SAK EMKM) dan Bimbingan Teknis penyusunan Laporan Keuangan Berbasis SAK EMKM Pada UMKM di Kota Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ekonomi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora. 2(2). 36-43
Ningtyas, J. D. A. (2017). Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM) (Study Kasus di UMKM Bintang Malam Pekalongan). OWNER Riset dan Jurnal Akuntansi. 2(1). 11-17
Parmono, A., & Zahriyah, A. (2021). Pelaporan Keuangan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Jember. 6(2). 209-241
Rohendi, H. (2019). Analisis Implementasi Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM). Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers. ”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX” 19-20 November 2019.
Suprayogi, B., & Abdur, R. (2019). Implementasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku UMKM Pamokolan Ciamis. Jurnal Produktif. 3(2). 2615-6350
Undang Undang UMKM No 20. (2018). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39653/uu-no-20-tahun-2008. Diakses pada 23 november 2022. (8:55)
Widiastiawati, B., & Denni, H. (2020). Penerapan Penyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil Dan Menengah (Sak EMKM) Pada UMKM Ud Sari Bunga. Journal of Accounting, Finance and Auditing. 2(2). 38-48
Wielicki, T., & Arendt, L. (2010). A knowledge-driven shift in perception of ICT implementation barriers: Comparative study of US and European SMEs. Journal of Information Science, 36(2), 162–174
Yacub, R., & Wahyu, M. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) terhadap Brand Awareness pada E- Commerce. Jurnal Manajerial. 12(2). 198-209
Yusri, M. F. W. (2022). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada BUMDes Al-Barokah Perian Kecamatan Montong Gading. 2022. Valid Jurnal Imliah. 19(2). 162-174.
Zulkarnaen, W., Amin, N. N. (2018). Pengaruh Strategi Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 106-128.
Published
2022-11-27
How to Cite
Arista, D., Nugrahaningsih, P., Rahmawati, L. D. A., & Saputra, Z. A. E. (2022). PENGEMBANGAN PEMASARAN DIGITAL DAN PELAPORAN KEUANGAN SENTRA INDUSTRI BREM KALIABU KABUPATEN MADIUN. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 1498-1510. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2589