ADOPSI PAYLATTER PADA GENERASI Z: MENGINTEGRASI MODEL PENERIMAAN UTAUT2

  • Kabul Trifiyanto Universitas Putra Bangsa, Kebumen

Abstract

Mengetahui pengaruh adopsi paylatter pada generasi z melalui pendekatan model penerimaan UTAUT2. Konsumen pengguna aplikasi shopee yang berjumlah 100 orang yang menjadi responden dalam penelitian ini. instrument atau alat pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan kuesioner online. Pengolahan data menggunakan teknik pemodelan persamaan struktural dengan outer model, inner model, dan uji nignifikasi menggunakan tool WarpPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, kondisi fasilitas, persepsi harga tidak berpengaruh signifikan tehadap niat perilaku konsumen, sedangkan pengaruh sosial, motivasi hedonis berpengaruh signifikan tehadap niat perilaku konsuen. Kondisi fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhada perilaku penggunaan, sedangkan niat perilaku berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan.  Risiko keamanan dapat memoderas ekspektasi kinerja, pengaruh sosial, persepsi harga terhadap niat perilaku, namun tidak dapat memoderasi ekspektasi usaha, kondisi fasilitas dan motivasi hedonis terhadap niat perilaku.  Risiko privasi dapat memoderasi expektasi kinerja, persepsi harga terhadap niat perilaku konsumen, namun tidak dapat memoderasi ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitas, dan motivasi hedonis terhadap niat perilaku konsumen. Risiko keamanan tidak dapat memoderasi kondisi fasilitas terhadap niat perilaku konsumen dan risiko privasi tidak dapat memoderasi kondisi fasilitas dan niat perilaku konsumen  terhadap perilaku penggunaan.

References

A.A. Alalwan, Y.K. Dwivedi, N.P. Rana, Factors influencing adoption of mobile banking by Jordanian bank customers: extending UTAUT2 with trust, Int. J. Inf. Manag., 37 (3) (2017), pp. 99-110, 10.1016/j.ijinfomgt.2017.01.002J. Enterprise Inf. Manag. (2015), pp. 443-448, 10.1108/JEIM-09-2014-0088
C.S. Yu, Factors affecting individuals to adopt mobile banking: empirical evidence from the utaut model, J. Electron. Commer. Res., 13 (2) (2012), pp. 105-121
C.H. Wong, G.W.H. Tan, S.P. Loke, K.B. Ooi, Adoption of mobile social networking sites for learning? Online Inf. Rev., 39 (6) (2015), pp. 762-778, 10.1108/OIR-05-2015-0152
E.L. Slade, Y.K. Dwivedi, N.C. Piercy, M.D. Williams, Modeling consumers' adoption intentions of remote mobile payments in the United Kingdom: extending UTAUT with innovativeness, risk, and trust, Psychol. Market., 32 (8) (2015), pp. 860-873, 10.1002/mar.20823
Effectiveness of contact tracing apps for SARS-CoV-2: a rapid systematic review BMJ Open (2021) PMID:34253676
G. Fox, T. Clohessy, L. van der Werff, P. Rosati, T. Lynn, Exploring the competing influences of privacy concerns and positive beliefs on citizen acceptance of contact tracing mobile applications, Comput. Hum. Behav., 121 (2021), Article 106806, 10.1016/j.chb.2021.106806
H.H. Chang, C.S. Fu, H.T. Jain, Modifying UTAUT and innovation diffusion theory to reveal online shopping behavior: familiarity and perceived risk as mediators, Inf. Dev., 32 (5) (2016), pp. 1757-1773, 10.1177/0266666915623317
Imam Ghozali, Structural Equation Modeling - Metode Alternatif dengan Partial Least Squares (PLS), Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014, ISBN 979.704.300.2.
J. Nel and C. Boshoff, "Development of application-based mobile-service trust and online trust transfer: An elaboration likelihood model perspective", Behaviour & Information
J.W. Lian, J. Li, The dimensions of trust:An investigation of mobile payment services in Taiwan, Technol. Soc., 67 (2021), Article 101753, 10.1016/j.techsoc.2021.101753
Karl. G. Joreskog and dan D. Sorbom, LISREL 8. Structural Equation Modeling With the SIMPLIS Command Languanges, Chicago:SSI, Inc., 1993.
K.Y. Goh, C.S. Heng and Z. Lin, "Social media brand community and consumerbehavior: quantifying the relative impact of user- and marketer-generatedcontent", Inf. Syst. Res., vol. 24, no. 1, pp. 88-107, 2013.
M.D. Williams, N.P. Rana, Y.K. Dwivedi, The unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT): a literature review
P. Tak, S. Panwar, Using UTAUT 2 model to predict mobile app based shopping: evidences from India, J Indian Bus Res, 9 (3) (2017), pp. 248-264, 10.1108/JIBR-11-2016-0132
T. Zhou, "The Effects of Network Externality and Flow Experience on Mobile SNS Continuance", International Journal of Technology and Human Interaction (IJTHI), vol. 13, no. 2, pp. 57-69, 2017.
V. Venkatesh, M.G. Morris, G.B. Davis, F.D. Davis, User acceptance of information technology: toward a unified view, MIS Q Manag Inf Syst, 27 (3) (2003), pp. 425-478, 10.2307/30036540.
Zulkarnaen, W., Fitriani, I., & Yuningsih, N. (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human Resources Competency Development Di KPU Jawa Barat. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 222-243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243.
Published
2022-12-18
How to Cite
Trifiyanto, K. (2022). ADOPSI PAYLATTER PADA GENERASI Z: MENGINTEGRASI MODEL PENERIMAAN UTAUT2. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 1882-1899. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2561