PENGARUH INFLUENCER, HARGA DAN KUALITAS PRODUK SKINCARE SCARLETT WHITENING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELI GENERASI Z, DKI JAKARTA
Abstract
Influencer, harga dan kualitas adalah factor-faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang menjelaskan tentang pengaruh influencer, harga dan kualitas terhadap keputusan pembelian produk perawatan kuliat Scarlet Whitening di kalangan Generasi Z di DKI Jakarta. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang merupakan pengikut akun Instagram @scarlett_whitening, dari kalangan Generasi Z dan pernah membeli produk perawatan kulit Scarlett Whitening, yang jumlahnya tidak diketarhui Untuk menarik sampel, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang menentukan kriteria tertentu dalam menarik sampel. Terdapat 100 responden yang berpartisipai pada penelitian ini yaitu berasal dari kalangan Generasi Z dan telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebar secara online menggunakan social media dan secara offline. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linear berganda dengan menggunakan IBM SPSS Statistik 25. Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara partial dan berganda, influencer, harga dan kualitas memilki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51-59.
Andriyani, Y., & Zulkarnaen, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dago Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 1(2), 80-103. https://doi.org/10.31955/mea.vol1.iss2.pp80-103.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86-94.
Arianto, N., & Febrian, F. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT GV. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(3), 457-464.
Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 16(2), 63-76.
Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhilah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(1), 176-188.
Febriana, F. D., & Prabowo, R. E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Tanam Coffeeshop Kaligarang Semarang. Jurnal Mirai Management, 7(1), 298-306.
Hasbi, A. R., Padapi, A., & Dewi, S. R. (2021). Analisis Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian Beras di Kabupaten Luwu. AGROVITAL: Jurnal Ilmu Pertanian, 6(1), 26-29.
Heliany, I. (2019). Wonderful Digital Tourism Indonesia dan Peran Revolusi Industri dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0. Destinesia: Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 1(1), 21-35.
Hidayati, R., Roqim, N., & Wibisono, R. A. (2021). Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Ketertarikan Penumpang terhadap Penggunaan Jasa Kapal Pelni ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus PT PELNI (Persero) Cabang Semarang). Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 3(1), 17-24.
Indahsari, L. N., & Roni, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian di Kedai Kopi BE Kalirejo. Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah, 51-60.
Janssen, L., Schouten, A. P., & Croes, E. A. (2022). Influencer Advertising on Instagram: Product-Influencer Fit and Number of Followers Affect Advertising Outcomes and Influencer Evaluations via Credibility and Identification. International Journal of Advertising, 41(1), 101-127.
Jusuf, D. I. (2021). Perilaku Konsumen di Masa Bisnis Online. Penerbit Andi.
Kotler, P. (2017). Philip Kotler: Some of My Adventures in Marketing. Journal of Historical Research in Marketing.
Laila, E. J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani di Butik Qta Ponorogo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(1).
Lengkawati, A. S., & Saputra, T. Q. (2021). Pengaruh Influencer Marketing terhadap Keputusan Pembelian. Prismakom, 18(1), 33-38.
Murtadho, F. A. (2021). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen 212 Mart Bukit Besar Palembang (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam).
Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (2020). Influencer dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi pada Pengguna Jasa Selebgram sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(2), 135-144.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 4(2).
Pane, D. N. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian Teh Botol Sosro (Studi Kasus Konsumen Alfamart Cabang Ayahanda). Jumant, 9(1), 13-25.
Putri, W. N., Levyda, L., & Hardiyanto, T. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk. Management and Accounting Expose, 4(2).
Riadi, M. (2020). Keputusan Pembelian (Pengertian, Dimensi, Jenis dan Proses Tahapan). Diakses dari https://www. kajianpustaka. com/2020/05/keputusan-pembelian-pengertian-dimensi-jenis-dan-proses-tahapan-pembelian. html pada tanggal, 21.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Sutejo, D., Kusmanto, H., Warjio, W., & Lubis, A. A. (2020). Implementasi Undang-Undang Tentang Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Timur. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 162-167.
Zaki, M. (2018). Pengaruh Influencer Marketing sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 1(2), 14-23.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.